Mereka Adalah Partner Dalam Mencapai Kesuksesan Anda

0 9

Kewirausahaan adalah tentang bagaimana mencapai kemerdekaan. Dalam artian, anda tak lagi punya atasan yang mengatur apa yang harus anda kerjakan saat ini. Anda tak lagi bekerja dibawah pengawasan, dimonitor, terikat dengan waktu, penuh dengan jadwal dan tugas yang mau tidak mau harus segera diselesaikan. Wirausaha adalah pilihan tepat untuk diri kita menjadi boss, setidaknya untuk diri sendiri. Anda harus bertanggung jawab kepada diri sendiri untuk setiap yang anda kerjakan, istilahnya independen.

Menjadi seorang yang independen dapat juga berakhir dengan tidak happy ending. Karena pada kenyataannya, meskipun kewirausahaan adalah jalan yang paling ideal untuk meraih kesuksesan. namun nyatanya orang-orang yang telah sukses di dunia ini, mereka dapat mencapainya karena adanya bantuan dari orang-orang disekitarnya. Mereka tak mencapainya sendirian. Mungkin anda berpikir telah siap dan telah memiliki semua syarat untuk meraih sukses. Tapi anda tetap akan membutuhkan orang lain agar semua yang anda upayakan akan berjalan efektif. Siapa saja orang tersebut yang akan membantu anda mencapai kesuksesan dalam berwirausaha?

Dibawah ini adalah daftar orang-orang yang akan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam berwirausaha:

Penasehat yang anda kagumi

Penasehat atau mentor adalah orang yang sangat diperlukan untuk para wirausahawan, terutama jika Anda memulai bisnis untuk pertama kalinya. Kebanyakan pengusaha yang berpengalaman memiliki beberapa bisnis di masa lalu yang telah membuat lebih banyak kesalahan dan juga belajar lebih banyak pelajaran dari yang anda miliki saat ini. Mereka akan membantu Anda dengan memberi berbagai saran, pandangan dan bimbingan yang anda membutuhkannya. Mereka juga biasanya memiliki jaringan yang sangat luas dan anda dapat mengambil keuntungan relasi dalam membangun infrastruktur bisnis Anda.

Pastikan anda menemukan mentor bisnis yang bisa anda percayai dan berpengalaman dalam bidang yang relatif sama juga. Mentor bisnis dapat ditemukan dari kalangan keluarga sendiri, orang tua, saudara, dosen kuliah, ikatan alumni, teman atau dalam komunitas-komunitas bisnis yang dapat anda ikuti. Jika anda bisa menemukan penasehat yang pas dan tepat, ia akan membimbing anda guna meraih kemajuan usaha secara efektif dalam jangka waktu lama.

Rekan kerja dan relasi yang anda hormati

Apakah anda sedang membangun suatu usaha yang dikelola secara bersama atau dalam rangka mencari relasi berbisnis, menemukan rekan kerja sebagai partner atau juga relasi usaha sebagai mitra bisnis yang tepat dan saling menghormati adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan peluang anda menjadi wirausahawan yang sukses. Dengan dasar untuk saling menghormati maka akan meminimalisir adanya gejolak dalam bisnis anda, misalnya pertengkaran, manipulasi serta keegoisan pribadi.

Menemukan rekan kerja atau relasi bisnis bukanlah hal sulit, namun menemukan yang benar-benar tepat dan cocok kadang tidak mudah. Oleh karena itu, janganlah terburu-buru, jika perlu tunggulah sampai menemukan yang tepat.

Karyawan yang anda andalkan

Sebuah bisnis tak bisa berhasil hanya dengan kepemimpinan saja. Anda harus memiliki tim yang berdedikasi tinggi dan handal untuk membantu anda menjalankan fungsi serta tanggung jawab operasional usaha dalam sehari-hari. Anda harus menemukan orang yang bisa dipercaya dan dapat menyelesaikan berbagai tugas dengan sistem kerja yang telah anda ciptakan. Carilah calon yang memiliki kepribadian yang baik dan ketulusan ketimbang calon dengan sejarah prestasi panjang atau yang memiliki catatan latar belakang dengan pendidikan yang luar biasa.

Teman-teman yang anda rindukan

Teman-teman yang anda rindukan
Teman-teman yang anda rindukan

Teman-teman adalah orang yang dapat membantu melalui perjalanan kewirausahaan anda lebih dari yang anda sadari. Setelah menjadi pengusaha, seseorang akan dengan mudah mengorbankan hubungan pertemanannya karena alasan pekerjaan. Anda jadi sulit untuk ditemui, sibuk terus bahkan tidak ada waktu untuk kongkow atau ngumpul di akhir pekan. Itu adalah cara menjalani hidup yang tidak tepat!

Kerja keras itu boleh, namun keseimbangan hidup itu lebih penting. Dengan mempertahankan keseimbangan antara kerja dan berlibur maka kehidupan anda akan menjadi lebih sehat, Anda akan lebih menikmati waktu sebagai pengusaha dan anda akan membuat keputusan yang lebih baik jika anda punya waktu luang yang cukup untuk berlibur dan beristirahat baik. Teman-teman andalah yang akan membantu anda melupakan sejenak kesibukan. Berganti dengan tawa dan keceriaan sehingga nanti anda kembali bekerja dengan lebih fresh dan bersemangat.

Keluarga yang anda cintai

Keluarga yang anda cintai
Keluarga yang anda cintai

Akhirnya, jangan pernah mengabaikan kekuatan dan pentingnya sebuah keluarga untuk anda. Mereka ada untuk anda saat anda ketika belum memulai bisnis, saat ini mereka ada untuk anda sekarang, dan mereka akan selalu ada untuk anda, terlepas dari apakah bisnis yang anda usahakan bisa sukses atau gagal. Jangan takut untuk berbagi masalah, kecemasan dan hambatan yang anda hadapi. Menutup diri pada keluarga saat mengalami masalah pekerjaan justru akan membuat anda makin stres dan membuat anda makin terasing dalam keluarga sendiri. Luangkan waktu yang rutin berkumpul bersama keluarga dan biarkan mereka jadi bagian aktif dari kisah perjalanan kewirausahaan anda.

Bersama dengan orang-orang yang dicintai disamping anda dan dapat mendukung anda sepenuhnya akan membuat anda menjadi lebih nyaman, lebih percaya diri saat mengambil keputusan. Dunia bisnis adalah sebuah dunia yang penuh dengan ketidakpastian, saat segala sesuatunya tak berjalan seperti yang anda inginkan. Memiliki orang-orang yang anda cintai berada disekitar anda, akan membuat anda terhibur, punya semangat lagi untuk segera melupakan kegagalan dan dapat bangkit kembali.

Maksimalkan peran orang-orang tersebut diatas untuk membantu anda. Bagaimana cara mengelola mereka? Semua tergantung dari anda sendiri, terbukalah dan perlakukan mereka dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kedudukannya masing-masing dalam perjalanan bisnis anda. Niscaya anda akan menemukan banyak kemudahan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.