Pegal Saat di Kantor ? Hilangkan Dengan Cara-cara Ini

0 9

Saat kita bekerja di kantor tak jarang rasa pegal datang menyerang tiba tiba atau setelah duduk seharian di depan layar komputer. Situasi seperti keram leher, bahu pegal, atau juga kaki kesemutan, misalnya, akan kerap hinggap. Memang, beberapa jenis pekerjaan menuntut orang untuk berlama-lama duduk di kursi kantor.

Kurang gerak adalah salah satu penyebab osteoporosis atau penurunan massa tulang. Karena sebab itulah, sepadat apapun pekerjaan dan kegiatan Anda, kegiatan olahraga jangan pernah dilupakan. Beberapa gerakan latihan otot ringan juga bisa dengan mudah dilakukan tanpa meninggalkan area kerja, dilansir dari healthkompas.

Peregangan

Sebelum memulai gerakan-gerakan latihan otot, Anda sebaiknya melakukan peregangan terlebih dulu guna menghindari cedera otot. Ingat, sebuah gerakan sederhana jika dilakukan tanpa pertimbangan pun akan dapat berakibat fatal bagi tubuh.

Sambil duduk, peregangan dapat diawali dari jemari tangan serta pergelangan kaki Anda. Buat gerakan melingkar yang terpusat pada pergelangan tangan dan juga mata kaki, secara terpisah. Setelah itu lanjutkan dengan peregangan otot leher melalui cara berurutan menarik leher ke arah dada, ke atas, kiri, serta kanan, secara perlahan.

Kemudian, kaitkan jemari kedua tangan dan tarik lurus ke atas selama waktu 30 detik. Dengan tangan masih berkaitan, arahkan tangan ke sisi kiri Anda dan kanan selama masing-masing 10 detik. Lakukan hal sama untuk posisi tangan berkaitan ke depan, kemudian ke belakang.

Untuk melemaskan otot pundak, putar pundak dan angkat ke arah telinga sambil menarik napas yang panjang. Buang napaslah secara perlahan sambil menurunkan pundak ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga putaran.

Latihan otot

Dalam posisi Anda duduk tegak, luruskan kedua tangan ke depan hingga telapak tangan bertumpu pada meja kerja Anda. Setelah itu, angkat kedua kaki dari lantai.

Kemudian, putar tubuh secara bergantian ke kanan dan kiri sebanyak 10 kali. Latihan ini akan sangat baik untuk membakar lemak dan juga mengencangkan otot perut.

Sekarang, waktunya beranjak dari atas kursi Anda. Berdirilah tegak sembari salah satu tangan bertumpu pada meja kerja. Jika tangan kiri Anda yang bertumpu di meja, maka ayunkan kaki kanan ke samping setinggi sekitar 45 derajat.

Lakukan dengan kebalikannya masing-masing sebanyak 20 kali. Latihan ini bertujuan untuk membentuk daerah otot paha.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah untuk latihan membentuk otot tangan. Khusus untuk gerakan ini membutuhkan alat bantu beban atau dumbbell.

Tidak perlu memilih beban terlalu berat, 1-2 kilogram saja sudah cukup untuk mengencangkan otot lengan. Karena ukurannya yang mini, alat ini tidak perlu ruang khusus sehingga Anda dapat menyimpannya di laci kantor.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.