Inspirasi Tanpa Batas

Mengenal Emergency Nursing Intermediate Level (ENIL)

Apa itu Emergency Nursing? Sepenting apakah Emergency Nursing Intermediate Level (ENIL) Bagi Perawat? Berikut ini kita ulas jawabanya.

0 70

Konten Sponsor

Kegawatdaruratan dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan pada siapa saja. Upaya mengatasi kegawatdaruratan pada penyelamatan jiwa (life saving) dengan mempertimbangkan waktu, tantangannya adalah nyawa. Kecepatan pemberian pertolongan akan sangat berpengaruh kepada keselamatan jiwa pasien, atau dengan kata lain. Apabila pertolongan terlambat diberikan akan berakibat kematian.

Pelayanan keperawatan gawat darurat mengharuskan pemberian tindakan life-support baik minimal maupun lanjut, sehingga mengharuskan perawat memiliki pengetahuan mendalam (in-depth knowledge) dan keahlian klinis dalam memberikan asuhan kepada pasien yang mengalami kondisi kegawatdaruratan yang meliputi segala rentang usia, serta kemampuan mengelola situasi-situasi yang melibatkan penggunaan teknologi yang kompleks.

Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan perawat dalam menangani kasus kegawatdaruratan maka diperlukan pelatihan yang tepat yang dapat meningkatkan ilmu dan keterampilan perawat gawat darurat.

Pelatihan Emergency Nursing merupakan pelatihan yang khusus didesain bagi perawat untuk menangani masalah kegawatdaruratan. Pelatihan ini menggunakan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan pelayanan keperawatan pada area kegawatdaruratan. Sehingga diharapkan dengan mengikuti pelatihan Emergency Nursing,  peserta pelatihan dapat melakukan penyelamatan jiwa dan/atau meminimalisir kerusakan organ serta mengurangi angka kematian dan kecacatan penderita dengan landasan keilmuan dan proses keperawatan.

Kurikulum Emergency Nursing

Kurikulum pelatihan Emergency Nursing yang saat ini dikembangkan terdiri dari 3 tingkat kompetensi yaitu Basic, Intermediate dan Advance. Kompetensi Basic merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh semua perawat terutama di sarana kesehatan. Sedangkan Intermediate dan Advance merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh perawat yang bekerja di Unit Gawat Darurat.

Kenapa Harus Emergency Nursing Intermediate Level?

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 856/Menkes/SK/IX/2009 tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) di Rumah Sakit, telah distandarisasi bahwa perawat IGD adalah perawat yang tersertifikasi Pelatihan Emergency Nursing.

Pada tahun 2011, telah dikeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor  706/Menkes/Per/VI/2011 tentang Rekrutmen Petugas Kesehatan Haji Indonesia, telah diatur bahwa Sertifikat pelatihan Emergency Nursing menjadi salah satu persyaratan bagi perawat untuk pendaftaran Tenaga Kerja Haji Indonesia (TKHI).

Sumber : EM_nur Indonesia

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar