Connect with us

Pendidikan

Pemimpin yang Baik adalah Pengikut yang Baik

Avatar

Published

on

Pemimpin yang Baik adalah Pengikut yang Baik. Selalu siap kapanpun dan dimanapun termasuk dalam segala kondisi apapun, menjadi konsekuensi bagi mereka yang

Pemimpin yang Baik adalah Pengikut yang Baik. Selalu siap kapanpun dan dimanapun termasuk dalam segala kondisi apapun, menjadi konsekuensi bagi mereka yang menempatkan diri sebagai seorang follower. Di berbagai organisasi jenis apapun, selalu ada yang disebut sebagai follower.

Pengikut yang baik akan menempatkan diri sebagai pengikut secara professional sekaligus proporsional. Begitupun sebaliknya, pemimpin yang baik akan menempatkan dirinya secara professional dan proporsional pula. Pemimpin yang baik selalu memberikan kesempatan kepada pengikutnya untuk juga memberikan peran secara maksimal, berkaitan dengan wilayah (organisasi) yang sedang dijalankan.

Bagi para aktivis, pemimpin bukanlah sesuatu yang asing, melainkan sudah menjadi “makanan” sehari- hari. Mereka seringkali dibekali dengan berbagai macam pelatihan yang berkaitan dengan kepemimpinan, namun, sangat jarang di berikan pemahaman tentang bagaimana menjadi pengikut yang baik (followership). Padahal keduanya menjadi penting untuk dipahami.

Para ahli sebetulnya telah banyak memberikan definisi berkaitan dengan pemimpin maupun kepemimpinan. Namun dalam tataran implementasi akan sangat jarang kita temui. Kenapa? Hal ini terjadi karena tentu dipengaruhi oleh situasi dan kondisi yang berbeda dari tiap- tiap organisasi yang ada.

Pemimpin dan pengikut akan menjadi penting, sebab keduanya saling membutuhkan. Pemimpin membutuhkan pengikut untuk membantu mereka mengimplementasikan berbagai macam kebijakan yang telah ditetapkan sekaligus juga memberikan kekuatan akan posisinya sebagai pemimpin. Pengikut membutuhkan pemimpin untuk menjadi contoh, pembimbing sekaligus pengarah dalam segalan tindakannya.

Leader dan Follower Sebagai Satu Kesatuan

Menjadi seorang leader ataupun follower keduanya tidak bisa dilihat sebagai sesuatu yang parsial, tetapi harus dilihat sekaligus dijalankan secara integratif. Faktanya, sekalipun dalam kondisi dan jabatan tertentu kita menjadi leader, namun dalam kondisi yang lain kita juga adalah seorang follower. Sebagai sebuah contoh, boleh jadi kita menjadi leader salah satu bidang yang ada dalam organisasi. Dalam posisi lain, kita juga ternyata adalah follower bagi leader kita dalam satu kesatuan organisasi.

Sebuah pepatah mengatakan “a good leader is also a good follower”. Hal ini mengandung makna bahwa sulit bagi kita untuk mengatakan seseorang menjadi pemimpin yang baik, apabila ia tidak mampu bertindak sebagai pengikut yang baik. Jika seorang pemimpin ingin menghasilkan suatu karya yang baik, terlebih dahulu ia harus mampu menciptakan pengikut yang baik. Karena mustahil ia disebut pemimpin yang baik tanpa ditopang oleh pengikut yang baik.

Oleh : Lanlan Muhria

Continue Reading
3 Comments

3 Comments

  1. Avatar

    AFINAH NGIZATIN

    11-10-2016 at 16:51

    seorang pemimpin yang ingin menghasilkan karyanya yang baik terlebih dahulu dia hatrus menjadi pengikut yang baik. Karena pemimpin yang baik akan ada pengikut yang baik pula.
    Seorang pemimpin yang profesional.pemimpin yang baik selalu memberikan kesempatan kepada pengikutnya untuk berperan secara maksimal
    so Jika kita ingin menjadi pemimpin yang baik(organisasi) kita harus menjadi pengikut yang baik terlebih dahulu.

  2. Avatar

    Ade Sidiq

    14-07-2016 at 16:11

    Kerennn

    • Lyceum Indonesia

      Lyceum Indonesia

      20-07-2016 at 23:54

      Terimakasih atas kritik dan saranya…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.