Penemu Solusi Adalah Sang Entrepreneur

0 8

Penemu Solusi Adalah Sang Entrepreneur – Saat orang lain melihat permasalahan, para entrepreneur justru menemukan adanya peluang untuk menciptakan bisnis yang baru. Bisnis dalam jumlah yang tak terhitung banyaknya, dengan ukuran dan juga skala usaha yang bervariasi, telah didirikan karena sekelompok entrepreneur merasa terpanggil dalam memberikan sebuah solusi atas permasalahan yang ada di sekitar mereka.

Anita Roddick, misalnya, memulai bisnisnya yang telah mendunia -The Body Shop, Inc.-. Karena ia merasa lelah untuk membayar wewangian dan kemasan-kemasan mewah saat ia sedang membeli produk-produk make up. Sebelum Roddick, Georgette Klinger membangun bisnis perawatan kulitnya sendiri karena ia merasa kesulitan untuk menemukan produk yang cocok untuk merawat kulit wajahnya yang bermasalah dengan jerawat.

Permasalahan Menjadi Ide Bisnis

Menurut Steve Mariotti (pendiri dan juga pimpinan National Foundation for Teaching Entrepreneurship). Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan permasalahan yang dapat dijadikan sebagai ide bisnis yang menguntungkan:

  1. Temukan beberapa permasalahan yang sering menjengkelkan Anda serta berbagai orang di sekitar Anda. Kemudian berikan sebuah solusi bisnis untuk setiap permasalahan tersebut.
  2. Setelah itu, pikirkan mengenai lingkungan yang menjadi tempat tinggal Anda. Temukan permasalahan yang bisa Anda atasi. Buatlah sebuah daftar yang berisi setidaknya 3-5 peluang bisnis dalam masyarakat di mana Anda tinggal. Dan juga kebutuhan yang bisa dipenuhi dengan adanya setiap peluang bisnis tersebut.
  3. Sebagai sebuah latihan awal untuk mengasah insting dan juga kepekaan entrepreneurial Anda. Cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan yang mencerminkan tantangan informasi mengenai konsumen atau peluang yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya sebuah situasi “pembangunan bandara baru di sekitar tempat tinggal Anda” dapat direspon dengan peluang bisnis “memulai bisnis angkutan penumpang bandara”.

Dengan melakukan 3 langkah di atas, Anda dapat menemukan peluang bisnis dalam jumlah yang tak terbatas. Dan meskipun masih pada tahap ide, langkah-langkah di atas bisa menjadi awalan yang bagus untuk menuju tahapan selanjutnya, yaitu dengan realisasi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.