Penggunaan Material Batu Pada Rumah Hunian Anda

0 18

Penggunaan Material Batu Pada Rumah Hunian Anda – Batu merupakan material bangunan yang memiliki keindahan natural untuk menghias bagian interior maupun eksterior. Batu dapat dipotong dan juga disesuaikan menjadi ukuran yang kita inginkan. Sebuah bangunan yang diberi ornamen batu, biasanya akan memiliki kesan anggun, alami, dan kuat.

Batu adalah material yang digunakan untuk membangun rumah sejak berabad-abad yang lalu. Di Irlandia misalnya, terdapat bangunan bersejarah berupa dinding bangunan dengan batu yang pernah dihuni sekitar 5.000 tahun yang lalu. Demikian juga di Indonesia, material utama dalam bangunan candi umumnya adalah dengan batu.

Batu memang merupakan bahan konstruksi yang terbilang ramah lingkungan dan memiliki beberapa kelebihan, walaupun juga memang ada kekurangannya. Batu tergolong material yang mahal dan agak merepotkan dalam transportasinya. Jika Anda ingin memanfaatkan batu untuk rumah Anda, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menggunakan batu alam yang sudah ada di sekitar area lokasi yang akan dijadikan bangunan. Dengan cara ini Anda akan terbantu dan tidak perlu mengangkut batu berat dari jarak yang jauh.

Keunggulan Penggunaan Batu

Namun material batu memang memiliki beberapa keunggulan. Sebuah bangunan yang dikonstruksi dengan material batu akan lebih berdampak baik bagi struktur dan juga komposisi tanah bangunan. Selain itu, batu juga memiliki tekstur warna yang unik, khas, dan berkualitas.

Masyarakat zaman sekarang memang perlu lebih banyak tahu tentang manfaat batu untuk konstruksi bangunan. Unsur batu membuat bangunan rumah terasa lebih sejuk. Ini tentu sangat bermanfaat untuk perumahan di negara-negara yang terletak di ekuator, tepatnya seperti Indonesia. Dalam keadaan suhu yang panas, bagian dalam bangunan yang dikonstruksi dengan batu, tetap akan terasa dingin.

Dari berbagai keuntungan penggunaan material batu, Anda juga harus memikirkan dampak lingkungan yang ditimbulkan dari transportasi pengangkutan banyaknya batu tersebut. Selain dampak lingkungan, yang perlu dipikirkan juga harganya. Jika Anda terkendala biaya guna mewujudkan desain dan konstruksi proyek Anda, lebih baik Anda menggunakan bata sebagai pengganti batu. Selain karena lebih mudah digunakan, bata juga terbilang lebih murah.

Atau, jika memungkinkan, Anda dapat menggunakan kombinasi bata dengan material batu. Misalnya, batu digunakan sebagai pondasi utamanya, dan juga bata diaplikasikan sebagai fitur atau aksen pada dinding eksterior. Walaupun dapat dilakukan, namun aplikasi batu tak harus diterapkan pada seluruh bagian bangunan. Unsur batu pada rumah modern umumnya hanya berupa lapisan dinding yang tipis atau bisa dipadukan dengan ornamen kayu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.