Pentingnya Membaca Peluang Pasar

0 533

Membaca peluang pasar merupakan hal yang esensial yang wajib hukumnya untuk seorang entrepreneur. Membaca peluang pasar tak hanya dilakukan untuk seorang entrepreneur yang ingin memulai usahanya, namun membaca peluang pasar adalah sebagai pondasi saat kita bergelut dalam dunia bisnis.

Karena kelihaian kita dalam membaca peluang pasar tak hanya dilakukan guna memulai suatu usaha, namun keahlian dalam membaca peluang usaha ini juga harus dimiliki. Jika kita ingin mengembangkan usaha (dalam hal ini barang/jasa yang kita tawarkan terhadap konsumen), segmentasi pasar, maupun pada saat melakukan perluasan usaha (pembukaan cabang).

Cara membaca peluang pasar sangatlah mudah, jika kita dapat memikirkan konsep usaha seperti apa yang akan kita jadikan usaha. Sebelum memulai usaha, anda harus mempertimbangkan beberapa hal penting dalam memulai usaha. Seperti :

1. Jenis usaha

2. Jenis produk

3. Target konsumen

4. Lingkungan

5. Legalitas

6. Resiko kecil

7. Modal

Cara Memanfaatkan Peluang Pasar

“Peluang Adalah EMAS”, istilah itu memang bukanlah mengada-ngada, peluang memang di ibaratkan sebagai emas yang bernilai yang disayangkan jika harus terlewatkan. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha sukses,maka jangan sekali-sekali mengabaikan peluang usaha yang ada yang sebenarnya banyak sekali disekitar kita.

Namun sayangnya peluang itu sering kali terabaikan karena kita serasa bingung untuk memanfaatkannya, serta harus dimulai dari mana padahal peluang itu hanya datang satu kali saja. Bisa saja jika kita untuk melewatkan peluang tersebut yang menurut kita itu peluang usaha yang niche atau bagus lantas keburu diambil oleh orang lain.

Memang tidak lah mudah bagi seseorang untuk dapat memanfaatkan peluang usaha. Melalui cara memanfaatkannya atau mempraktekannya dalam dunia wirausaha yang sesungguhnya. Ini akan terasa berat karena selain membutuhkan ketekunan, tenaga juga modal yang jumlahnya relatif.

Berikut cara memanfaatkan peluang usaha :

1. Melakukan Riset Pasar : Ya, kita perlu akan data data mengenai pasar produk yang akan menjadi unggulan. agar produk kita bisa diterima oleh orang lain, selain itu perlunya data data mengenai tingkat persaingan pasar, kompetisi harga, karakteristik konsumen dan juga lainnya. Hal ini agar kita dapat memprediksikan mengenai usaha kita apakah akan mampu bertahan atau tidak.

2. Mempersiapkan dan menyusun rencana (market plan), mencakup dari target pasar produk, target pendapatan perbulan, biaya operasional dan lainnya.

3. Patuh terhadap aturan, dengan kata lain tidak melanggar aturan dari pemerintah setempat, atau melanggar norma norma yang berlaku dimasyarakat, misalnya membuka usaha minuman keras dll.

4. Strategi Pemasaran tepat sasaran.

5. Jika ke empat poin dasar di atas sudah kita lakukan, maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya. Anda harus berani untuk memulai wirausaha atas macam macam ide anda sehingga anda akan tahu peluang usaha yang sedang dijalankan adalah peluang usaha yang benar-benar bagus.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.