Pentingnya Peran Istri Saat Bulan Ramadhan

0 79

Istri merupakan bagian terpenting dalam sebuah keluarga. Peranannya yang dominan dalam laju kerukunan dan keutuhan rumah tangga nampaknya tidak bisa dipandang sebelah  mata.

Sosok ini pula yang sangat jelas perannya bagi sukses dan tercapainya keluarga positif. Harus di akui dalam hal ini seorang isteri pada sebuah rumah tangga hampir mengimbangi suami.

Karena sosoknya begitu sentral, baik pencapaian positif anak, Positif keuarga dalam masalah keduniaan, dan juga pencapaian positif dalam pelaksanaan perintah ibadah suaminya.

Saat bulan Ramadan tiba, kenyamanan dan kekhusuan ibadah dalam sebuah keluarga sangat ditentukan oleh peran seorang istri yang menjadi ibu rumah tangga dalam mengelola keperluan yang terkait dengan pelaksanaan ibadah puasa.

Karena seberapa besar pun pendapatan dan hasil kerja seorang suami saat puang kerumahnya, tidak akan menjamin kenyamanan anggota keluarga menjalankan ibadahnya, tanpa kepiawaian sang isteri dalam mengelola kebetuhan keluarganya.

Bayangkan saja, ketika suami datang, seorang istri siap melayani sepenuh hati meringankan beban suami sepulang dari mencari nafkah. Tambah lagi ketika sang buah hati datang dari sekolah, dia siap membantu keperluan anaknya untuk beristirahat, mengevaluasi pelajaran di sekolah, dan lain-lain. Ini belum termasuk bertapa sibuknya pagi saat shaur.

Inilah peran wanita, ratu yang harus menerima kodratnya dengan sepenuh hati. Di sisi lain, ada kepuasan tersendiri ketika para wanita ini merasa pintar dan berguna.

Wanita karir dalam menghadapi Ramadhan

Di masa lampau, wanita masih sangat terikat dengan nilai-nilai tradisional yang mengakar di tengah-tengah masyarakat. Sehingga jika ada wanita yang berkarir untuk mengembangkan keahliannya di luar rumah, maka mereka dianggap telah melanggar tradisi sehingga mereka dikucilkan dari pergaulan masyarakat dan lingkungannya.

Dengan dogma demikian, wanita kurang mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri di tengah-tengah masyarakat. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kaum wanita dewasa ini khususnya mereka yang tinggal di kota-kota besar cenderung untuk berperan ganda. Bahkan ada yang multi fungsional karena mereka telah mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengembangkan diri.

Sehingga jabatan dan pekerjaan penting di dalam masyarakat tidak lagi di monopoli oleh kaum laki-laki. Sudah tentu hal itu akan berdampak terhadap sendi-sendi kehidupan sosial, baik positif maupun negatif.

Setumpuk kebutuhan psikis anggota keluarga yang hanya ada dalam peran istri tentu tidak akan bisa terpenuhi, jika peran istri lebih condong pada kebutuhan materi keluarga. Nah dengan hadirnya Ramadhan, tentu ini menjadi refeksi, dan ditekankan lagi Pentingnya Peran Istri Saat Bulan Ramadhan. Karena Ramadhan bukan momok menakutkan bagi wanita karir, waaupun ia nampaknya harus lebih ekstra lagi dalam perannya. [aL]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.