Inspirasi Tanpa Batas

Penyebab Utama Alzheimer dan Ciri Penting Penyakit Alzheimer

0 116

Konten Sponsor

Apa sesungguhnya penyakit Alzheimer? Dan mengapa jenis penyakit ini menarik perhatian sosok yang membuat rekomendasi penting atas rekayasa komputer di Amerika Serikat, bernama Bill Gate ini?

Bagi para pegiat komputer, hampir seluruhnya sadar bahwa Micro Instrumentation and Telemetry Systems  [MITS], tidak hidup semewah seperti saat ini, tanpa kehadiran Bill Gate didalamnya. Gate kelihatannya, membawa teorema otak manusia ke dalam sistem jaringan komputer. Karena itu, menjadi dapat dimengerti mengapa ia mengambil bagian penting dari upaya penelitian untuk pengobatan penyakit ini. Itu pula yang menjadi alasan utama, mengapa tulisan ini dihadirkan.

Alzheimer adalah jenis penyakit yang membuat penderita mengalami penurunan fungsi otak. Otak tidak lagi bekerja sebagaimana mestinya. Fungsi kognitif  otak manusia yang meliputi daya ingat, berbahasa, visuospatial dan eksekutif, hilang secara perlahan. Penyakit ini, menurut beberapa ahli, tidak dapat disembuhkan.

Namun demikian, para ahli kesehatan meramalkan bahwa, percepatan kematian yang diakibatkan oleh penyakit ini, akan mampu ditekan dengan memperlambat perkembangannya. Caranya adalah melalui konsumsi obat-obatan dan melakukan perubahan perilaku secara signifikan.

Ciri Penyakit Alzheimer

Ciri penting seseorang disebut mengalami penyakit Alzheimer, akan diperlihatkan dengan tanda-tanda sebagai berikut:

Daya Ingat Menurun

Gejala paling tampak dari penyakit Alzheimer ialah sering lupa. Ciri ini sangat menonjol. Misalnya, anda lupa akan sesuatu yang sangat sederhana. Kalau anda seorang ASN, misalnya lupa apakah sudah ngabsen atau belum? Padahal baru saja anda melakukan kegiatan pengabsenan.

Contoh lain. Anda misalnya lupa menaruh kunci mobil atau kuncu rumah. Padahal pintu mobil atau pintu rumah itu, baru saja anda kunci. Anda juga lupa misalnya, meletakkan di mana kunci yang baru anda gunakan itu. Anda berupaya untuk mencari di mana kunci anda itu diletakkan. Atau misalnya, anda lupa di mana tempat parkir kendaraan yang menyimpan mobil anda.

Dalam kasus lain, ciri ini dapat juga diperlihatkan dengan lupa untuk memenuhi janji. Ciri lain dari penyakit Alzheimer yang paling sederhana adalah ketika anda mengulang-ulang cerita yang sama dalam suatu waktu yang sama. Frekuensi lupanya sangat tinggi dibandingkan dengan manusia normal. Jika anda mengalami hal seperti ini, maka, kemungkinan anda mengalami penyakit ringan dari penyakit ini.

Tidak Mampu Fokus

Gejala lain dari penyakit Alzheimer adalah gagal fokus. Pandangan mata cenderung kosong dan tidak menunjukkan gairah dalam hidup. Karena ia tidak dapat fokus, maka, dapat dipastikan akan kesulitan melakukan aktivitas.

Misalnya, jika anda lupa memasak bagi pasangan dan anak-anaknya, atau misalnya anda sulit melakukan perhitungan, termasuk jika harus menghitung dalam jumlah yang sederhana, kemungkinan anda juga memasuki penyakit Alzheimer. Jika sudah dalam posisi seperti ini, maka, besar kemungkinan anda tidak memiliki kemampuan untuk menyusun suatu rencana.

Gagal fokus, juga dapat mengakibatkan anda memiliki kesulitan untuk mengemudi kendaraan. Anda juga pasti akan mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan anda dan keluarga anda.

Cenderung Disorientasi

Disorientasi adalah ciri lain dari pengidap penyakit Alzheimer. Penyakit ini akan mendorong manusia mengalami disorientasi [kebingungan] khususnya dalam soal pengelolaan waktu tetapi. Seseorang yang mengalami penyakit ini, sulit mendefinisikan di mana dia sedang berada dan mengapa ia berada di tempat dimaksud. Jika anda kesulitan pulang karena tidak tahu jalan, dan cenderung ke sasar, maka, kemungkinan anda terserang penyakit ini.

Jika kondisi anda mulai masuk ke fase yang ketiga ini, maka, akan lebih baik jika anda segera menghubungi dokter. Tidak kalah pentingnya jika anda juga melakukan komunikasi dan bimbingan psikologis pada

Sulit Memahami Visuospasial

Tahap keempat dari mereka yang terkena penyakit alzheimer adalah gagal dalam memahami visuospasial. Visuospasila adalah bentuk ketidakmampuan seseorang dalam membaca, mengukur jarak dan menentukan jarak. Jika anda berada dalam posisi di rate keempat ini, maka, kemungkinan besar penyakit alzheimer anda semakin parah.

Mengapa disebut parah? Sebab mereka yang sudah berada di posisi ini, anda kemungkinan tidak mampu membedakan warna. Dalam kasus tertentu, anda bahkan sangar kemungkinannya untuk tidak mengenali wajah diri anda sendiri jika anda bercermin. Kemungkinan besar, jika di hadapan anda ada cermin, secara tidak disengaja dan dalam keadaan tidak sadar, anda menabrak cermin.

Lebih parah lagi, anda tidak tepat saat menuangkan air ke dalam gelas. Air selalu tidak ngepas ketika dikucurkan ke dalam gelas anda.

Sulit Memilih Kata

Ciri lain dari penderita Alzheimer adalah mereka yang kesulitan mencari kata saat berbicara. Komunikasi menjadi jarang karena kesulitan mencari piluhan kata. Jika anda menghentikan pembicaraan saat anda berkata-kata karena kesulitan mencari kata dimaksud, maka, besar kemungkinan anda memasuki jenis penyakit ini ke tahap yang lebih serius. Berhati-hati untuk dan karenanya.

Penyakit ini kemudian akan bergerak menjadi lupa akan banyak hal. Misalnya anda kesulitan mecari sesuatu akan posisi di mana meletakkan barang. Ini adalah gejala lain dari penderita Alzheimer.

Mereka yang gampang menuduh orang lain, curiga dan cemburu yang berlebihan, sangat mungkin dia terkena serangan penyakit Alzheimer. Mereka yang gampang menuduh orang lain mencuri barang kita atau menuduh orang laian telah menyembunyikan barang yang anda miliki, maka, besar kemungkinan Alzheimer telah akut menyerang otak anda.

Salah Membuat Keputusan

Penderita penyakit alzheimer adalah selalu salah dalam memilih atau membuat keputusan. Ciri ini akan tampak dan mudah dilihat dari mereka yang tidak serasi dalam menggunakan pakaian. Misalnya, jika anda memakai kaus kaki berwarna-warni dalam kaki yang berbeda, kemungkinan penyakit ini telah merasuki sel saraf otak anda dengan cara yang sangat serius.

Mereka yang ODDA cenderung tidak dapat merawat dirinya sendiri dengan baik. Mereka yang terkena penyakit ini, kecenderungannya akan selalu membayar barang atau jasa yang jauh lebih banyak dari jumlah yang seharusnya dibayarkan.

Penyendiri

Menarik diri dari pergaulan yang menyebabkan dia menjadi penyendiri, adalah ciri yang paling serius dan mengkhawatirkan. Mereka yang demikian, akan kehilangan semangat dan kemampuan melakukan inisiasi untuk melakukan suatu aktivitas termasuk terhadap hobi yang biasa dinikmati.

Biasanya kehilangan semangat ini juga diiringi dengan hilangnya semangat untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan teman. Emosi yang berubah secara drastis juga menjadi pertanda dari Alzheimer. Penderita Alzheimer seringkali menjadi bingung, curiga, depresi ataupun menjadi tergantung yang berlebihan pada anggota keluarga. Tak jarang, penderita Alzheimer merasa mudah kecewa dan putus asa baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

Mengapa Bill Gate Tertarik

Mengapa Bill Gate tertarik mengkaji soal ini? Selidik punya selidik, ternyata selain karena penyakit ini telah menghinggapi warga USA, juga karena keluarga laki-lakinya, banyak yang terserang penyakit ini.

Faktor lainnya, saya melihat bahwa ada kemungkinan bahwa logika yang dikembangkan Gate, ada peluang bahwa jenis penyakit ini terjadi karena rusaknya struktur kimia otak yang berjalan secara perlahan. Kerusakan kimiawi otak ini, berjalan dari waktu ke waktu. Menurunnya fungsi kognitif termasuk memori, perhatian, bahasa, kemampuan visual-spasial, dan fungsi eksekutif akan perlahan melanda mereka yang terserang penyakit Orang Dengan Demensia Alzheimer [ODD].

Jika nalar ini yang digunakan, maka, jenis penyakit ini, mirip dengan kerusahakan Central Prosessing Unit [CPU] Komputer anda. Kerusakannya lebih bersipat jaringan dan terjadi secara perlahan. Butuh up grad agar komputer anda tetap baik dan sehat. Sama juga dengan otak manusia.

Penyebab terjadinya penyakit ini memang bersipat kombinatif, mulai dari faktor genetik, gaya hidup dan lingkungan tidak sehat yang dapat memengaruhi otak secara perlahan. Meski harus juga disebutkan bahwa sesungguhnya secara medik belum ada teori khusus apa yang menyebab utama penyakit ini. Yang pasti bahwa mereka yang ODD ia memiliki sel lebih sedikit dan banyak berhubungan di antara sel-sel hidup dari pada otak yang sehat.

Meningkatnya kelupaan atau kebingungan ringan yang merupakan salah satu gejala Alzheimer yang perlu diperhatikan. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, penyakit ini akan merampas memori. Bagi Bill Gates yang meninggalkan Harvard setelah belajar kurang lebih tiga semester itu, danakhirnya bekerja di perusahaan komputer di Boston, adalah karakter komputernya direlevansikan dengan karakter otak. Ia bersama Allen yang bercita-cita mendirikan perusahaan perangkat lunak, sesungguhnya terinspirasi dari otak. Prof. Cecep Sumarna

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar