Inspirasi Tanpa Batas

Pentingnya Kesadaran Pemda, Peran Arsitek Dalam Rancang Tata Ruang Kota

0 10

Tata Ruang Kota – Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Ahmad Djuhari menyimpulkan, kepala daerah dinilai perlu punya visi tentang tata ruang kotanya. Di mana hal tersebut adalah suatu upaya pembelaan terhadap ruang publik.

Sebenarnya IAI meminta rasanya juga tidak, lebih baik pemda lebih sadar bahwa mereka harus melibatkan arsitek, ujar Djuhari. Ia mengatakan, meski banyak pemimpin daerah di Indonesia yang mempunyai latar belakang arsitek, namun seharusnya kepala daerah yang bukan dari arsitek juga dapat mendesain kotanya dengan melibatkan sang arsitek.

 

Saya juga harap pemimpin daerah yang tak punya latar belakang arsitek mau mendesain kotanya menggunakan arsitek

Peran Arsitek Serta IAI

Djuhara juga menambahkan, untuk itu ia pun mengatakan menuturkan bahwa IAI dapat bekerjasama untuk dilibatkan sebagai perancang dalam tata ruang. “IAI harus akan terlibat terus, karena salah satu masalah di negeri ini kan masih sulit membedakan mana pilihan yang baik. Karena kita dapat lihat di negara lain yang memikirkan desain tata kota itu arsitek bukanlah kontraktor,” ujarnya.

Untuk bisa diketahui, sejumlah daerah di Indonesia yang memiliki kepala daerah berlatar belakang arsitek di antaranya adalah Ridwan Kamil Walikota Bandung, Tri Risma Maharani Wali Kota Surabaya, serta Wali Kota Makassar. Dan juga Bupati Banyuwangi walaupun beliau bukan seorang arsitek namun sangat terbuka dalam melibatkan arsitek.

Komentar
Memuat...