Perasan Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Batuk

0 43

Jeruk nipis dalam bahasa ilmiah disebut dengan Citrus aurantiifolia S. Jenis jeruk ini di setiap daerah selalu memiliki nama yang berbeda. Misalnya, di Indonesia jeruk nipis disebut berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. Aceh  menyebut dengan Kelenges, orang sunda (Jawa Barat) menyebutnya dengan jeruk nipis, orang Jawa Tengah dan Jawa Timur menyebutnya dengan Jeruk Pecel. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman toga yang dimanfaatkan banyak masyarakat untuk bumbu masakan khusus di bagian daun. Sementara itu, jenis tumbuhan ini juga sering digunakan sebagai obat-obatan, khususnya di bagian buahnya .Perasan Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Batuk

Jeruk nipis terdiri atas akar,  batang yang berkayu sekaligus berduri dan memiliki bahan yang keras. Daunnya berwarna hijau. Pohon ini berbunga dan menghasilkan buah yang cukup banyak. Buahnya mempunyai rasa sedikit asam dan relatif pahit. Dalam komposisi rasa yang demikian, jeruk nipis memiliki manfaat yakni dapat memberikan kesegaran ketika digunakan sebagai minuman karena rasanya yang  asam  itu.

Secara bahasa, jeruk nipis sudah tidak asing lagi digunakan masyrakat. Di kampung halaman penulis sendiri, jeruk nipis dianggap berkhasiat bagi kesehatan manusia. Misalnya, ketika ada orang yang batuk, masyrakat menggunakan perasan jeruk nipis yang umumnya ditambahkan dengan kecap. Akan tetapi pengetahuan yang lebih kompleks yang diketahui oleh masyarakat yaitu bagian daun diguanakan sebagai bahan masakan di mana akan memeberikan aroma yang menyegarkan, ketika masakan tersebut ditambah dengan daun jeruk nipis. Maka masakah dimaksud, akan terasa sensasi sedapnya dan menghilangkan bau yang khas yang diakibatkan oleh olahan masak.

Jeruk Nipis Dalam Dunia Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, jeruk nipis sering menggunakan bagian buahnya untuk kesehatan karena ia mengandung minyak terbang limonene dan linalool. Selain itu, ia juga mengandung plaviod seperti poncirin, hesperedine, rhoifolin dan naringin. Selain kandungan tersebut, jeruk nipis yang masak juga mengandung synephrine dan N-methyltyramine, asam sitrat, kalsium, fosfor, zat bes, dan vitamin A, B1, dan vitamin C.

Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, telah banyak mendorong kesadaran masyarakat akan fungsi buah jeruk nipis. Karena itu, belakangan ini,  jeruk nipis tidak hanya digunakan sebagai obat batuk saja, sebagaimana yang diketahui masyarakat awan yang masih jauh akan suatu perkembangan ilmu, tetapi jeruk nipis juga memiliki manfaat yang beraneka ragam. Buah ini dapat diguanakan sebagai obat sakit amandel, peluruh dahak, peluruh kencing dan keringat serta mampu membantu dalam proses pencernaan.

Cara membuat jeruk nipis untuk kepentingan kesehatan, khususnya untuk penyembuhan penyakit batuk. Dilakukan dengan memotong satu buah jeruk nipis lalu diperas untuk diambil airnya. Kemudian dicampur dengan kecap atau bisa pula ditambahkan satu sendok makan, madu asli dan sedikit garam. Setelah itu disaring lalu diminum. Selamat mencoba dan jaga selalu kesehatan!

Penulis: Paridah Jakiyah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.