Perbedaan Perbedaan Pengusaha Dengan Wirausaha

0 17.611

Selama ini masih sering terdengar ternyata pengusaha dan wirausaha memiliki pengertian yang sama, padahal berdasarkan sikap dan perilaku terhadap kegiatan usaha pengertian pengusaha berbeda dengan wirausaha. Sekarang Anda bisa perhatikan perbedaan tersebut.

Pengusaha adalah orang yang menjalankan kegiatan usaha baik itu usaha jual-beli, ataupun usaha produksi yang tujuan utamanya adalah tidak lain mendapatkan keuntungan dan menanggung resiko yang mungkin akan terjadi dalam kegiatan usahanya. Contohnya seperti Pengusaha Tahu Tempe.

Wirausaha adalah orang yang mampu dalam mencari dan memanfaatkan peluang usaha serta mendapatkan sumber dana dan sumber daya yang diperlukannya untuk kegiatan usaha, serta berani menanggung resiko yang akan terjadi dalam kegiatan usahanya. Contoh: Manajer dari Perusahaan Sepatu.

Jadi dari 2 pengertian tersebut di atas, jelas bahwa kewirausahaan mempunyai definisi yang lebih luas dibanding dengan pengertian dari pengusaha. Dengan kata lain seorang pengusaha belum tentu merupakan seorang kewirausahawan, sedangkan seorang wirausahawan sudah pasti itulah merupakan pengusaha.

Wirausahawan

Pada pengelolaan perusahaan, kemampuan wirausahawan sangat menentukan, sehingga keberhasilan dan juga maju-mundurnya kegiatan usaha sangat bergantung pada kecakapan sang wirausahawan. Wirausahawan yang berhasil meningkatkan kemajuan usahanya, tercermin dengan semakin meningkat keuntungan perusahaan tersebut. Oleh karenanya, laba perusahaan merupakan bentuk imbalan yang juga harus diterima oleh seorang wirausahawan.

Keahlian (skill) yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan yaitu:

  1. Managerial skill, yaitu kemampuan dalam mengorganisasikan semua faktor produksi guna mencapai tujuan;
  2. Technical skill, yaitu keahlian yang bersifat teknis pada pelaksanaan proses produksi sehingga berjalan dengan baik;
  3. Organizational skill, yaitu keahlian dalam memimpin berbagai usaha yang ada, tidak hanya intern perusahaan yang bersifat bisnis, tetapi juga organisasi dalam bentuk lain.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki, yaitu

  1. Kesempatan demi mewujudkan cita-cita.
  2. Kesempatan demi menciptakan perubahan.
  3. Untuk mencapai potensi penuh yang ada pada diri Anda.
  4. Untuk menuai keuntungan yang begitu mengesankan.
  5. Memberikan kontribusi kepada masyarakat dan mendapatkan pengakuan pada usaha Anda.
  6. Dapat melakukan apa yang disukai serta bersenang-senang.

Kekurangan yang dimiliki, yakni

  1. Ketidakpastian pada pendapatan, mendirikan dan menjalankan bisnis tak memberikan jaminan akan mendapatkan cukup uang bertahan hidup.
  2. Risiko kehilangan seluruh investasi, tingkat kegagalan bisnis kecil juga relatif tinggi.
  3. Jam kerja yang panjang serta bekerja keras, dun & Survei bradsheet melakukan survei, 65% dari wirausahawan mencurahkan waktunya 40 jam atau bahkan lebih setiap minggu nya untuk perusahaan mereka.
  4. Kualitas hidup lebih rendah sampai dengan bisnis didirikan.
  5. Tanggung jawab yang kompleks, banyak pengusaha diharuskan untuk membuat keputusan mengenai berbagai isu di luar bidang ilmu.
  6. Putus asa, sangat membutuhkan dedikasi, disiplin, serta keuletan untuk mengatasinya. (wikipedia)
Komentar
Memuat...