Pertolongan Pertama Setelah Terkena Sengatan Lebah

0 196

Pernahkah kamu disengat lebah? Jika iya maka kamu pasti paham dengan rasa sakit yang ditimbulkan. Seekor lebah sejatinya hanya menyengat saat ia merasa terancam. Sengatan lebah sangatlah sakit dan menyebabkan tubuh jadi kemerahan, gatal, dan bengkak.

Dalam beberapa kasus, sengatan lebah bisa berakibat fatal dan menyebabkan kesulitan bernapas, meningkatkan denyut nadi dan menyebabkan reaksi alergi yang parah, yang bahkan dapat menyebabkan kematian. Sengatan lebah dapat diobati dengan pertolongan pertama. Berikut ini bisa menjadi langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1. Cabut Bekas Sengatan

Bila tersengat lebah atau tawon yang perlu diperhatikan adalah bekas sengatan pada tubuh. Lebah selalu meninggalkan bekas sengatannya pada bagian yang dilukai. Langkah pertama anda bisa mencabut bekas sengatan tersebut. Lakukan tanpa ragu dengan menggunakan alat seperti pinset atau cabut sengatan itu dengan menggunakan benda-benda yang permukaannya pipih dan keras, misalnya dengan menjepit menggunakan dua kartu yang tipis. Hindari menekan-nekan bekas sengatan, dan mengambil bekas sengatan memakai jari karena bisa menimbulkan racun lebah semakin menyebar ke tubuh.

2. Cuci Bekas Sengatan

Setelah bekas sengatan tercabut sempurna, segera cuci bagian tubuh yang tersengat menggunakan sabun atau antiseptik. Setelah selesai dicuci, gunakan salep antibiotik atau minum antibiotik atau obat pereda nyeri seperti; paracetamol, ibuprofen atau aspirin. Dengan catatan bahwa obat tersebut hanya diberikan pada pasien diatas usia 16 tahun.

Untuk pasien yang masih dibawah umur penggunaan salep antibiotik bisa digunakan, bisa juga diatasi dengan memberikan minyak kelapa atau sejenisnya yang dapat mengurangi rasa sakit bengkak sengatan. Atau bisa juga dengan menambahkan bubuk soda kue pada luka sengatan sambil memberinya angin (ditiup). Kemungkinan pasien akan merasakan perih, sebagai reaksi soda dengan racun yang sudah sedikit tertinggal.

3. Gunakan es batu

Kompres bagian yang tersengat menggunakan handuk lembut yang dicelupkan pada batu es atau mengoleskan air es di area yang tersengat dan biarkan selama 20 menit. Ini akan menghilangkan rasa sakit dan bengkak dalam beberapa jam.

Sambil mengompres perhatikan dan amati adanya perubahan pada pasien. Hal ini untuk mengantisispasi terjadinya alergi akibat sengatan lebah.

4. Gunakan Pasta dan Baking Soda

Pasta dari baking soda pun akan membantu menetralkan racun lebah dan mengurangi rasa sakit, gatal dan bengkak. Oleskan lapisan pasta baking soda ini pada daerah yang disengat dan tutupi dengan perban. Diamkan selama 15 menit

5. Bawa ke Dokter Terdekat

Periksakan diri ke rumah sakit Bila tanda-tanda alergi tergolong berat, Anda disarankan segera ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. *Siti Khotimah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.