Inspirasi Tanpa Batas

Pesona Puncak Jayawijaya Gunung Bersalju Abadi di Papua

0 33

Konten Sponsor

Puncak Jayawijaya ialah puncak yang diselimuti salju abadi yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya menjadi bagian dari Barisan Sudirman. Ketinggiannya yang mencapai 4.884 m di atas permukaan laut, menjadikan Puncak Jaya sebagai puncak tertinggi di Asia Tenggara. Bahkan termasuk ke dalam tujuh puncak tertinggi sedunia setelah Mount Everest di Pegunungan Himalaya dan Aconcagua di Pegunungan Andes. Puncak Jaya menjadi salah satu tujuan wisata pegunungan utama para pendaki gunung dari seluruh belahan dunia. Di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia. Puncak Jayawijaya lebih dikenal para pendaki sebagai Piramida Carstenz karena puncaknya berbentuk piramida. Carstenz diambil dari nama penemu pegunungan ini, Jan Carstenz yang melihat adanya puncak gunung bersalju di daerah tropis melalui sebuah kapal laut di tahun 1623.

Jika kita beranggapan bahwa di daerah tropis sejatinya Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa dan memiliki iklim tropis sepanjang masa, tidak mungkin akan turun salju di wilayahnya. Maka anggapan tersebut salah, dan akan terpatahkan dengan keberadaan Puncak Jaya. Memang sih, pada awalnya mungkin kita menganggap bahwa di Indonesia yang beriklim tropis ini tidak mungkin ada salju apalagi salju abadi, namun keajaiban alam sering muncul di Indonesia. Salah satunya yaitu salju abadi di puncak Gunung Jayawijaya.

Jalur pendakian yang sangat ekstrim dengan ketinggian yang sangat fantastis menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki di seluruh dunia untuk bisa menaklukan Puncak Jaya ini. Selain itu, Puncak Jaya juga terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Disana juga para pendaki akan menemukan salju abadi yang menyelimuti pucak ini di sepanjang tahun. Itulah beberpa daya tarik yang membuat para pendaki sangat antusias untuk bisa sampai di Puncak Jaya.

Namun, salju abadi tersebut diperkirakan bakal menyusut, mencair, bahkan mengering. Dalam sejumlah penelitian disimpulkan bahwa endapan es di pegunungan ini dari tahun ke tahun mengalami penyusutan yang serius. Penyusutan salju di Puncak Jaya ini diakibatkan oleh pemanasan global. Sehingga, bukan tidak mungkin kelak pegunungan ini akan kehilangan salju seperti yang terjadi pada Gunung Kilimanjaro di Tanzania. Nah, sebelum perkiraan itu betul-betul menjadi nyata, maka tak ada salahnya kamu yang suka mendaki mencoba menaklukkan puncak tertinggi di Indonesia ini, dan jagalah lingkungan alam sekitar. Jangan melakukan hal-hal merugikan yang dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global. Kalau tingkat pemanasan global semakin tinggi, maka salju yang ada di Puncak Jaya bisa benar-benar mencair dan kering. Itu berarti keajaiban alam yang ada di Indonesia ini kemungkinan akan kehilangan daya tarik di mata dunia, khususnya para pendaki.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar