Pesona Sang Proklamator di Bukit Manumbing

0 3

Pesona sang Ploklamator di Bukit Manumbing. Bukit Manumbing yang merupakan tempat persinggahan bapak proklamator. Kala itu ketika mempersiapkan strategi perang melawan penjajah, tepatnya di kepulauan Bangka desa Mentok yang merupakan perbatasan antara pulau Bangka dan Pulau Sumatra. Kini gunung Manumbing di fungsikan sebagai tempat belajar sejarah sambil wisata. Di lihat dari latar belakang gunung ini maka kita akan mengenal jejak perjuangan para pahlawan terutama bung karno dan bung harta serta orang-orang yang ikut mempersiapkan proklamator lainnya. Wisma Manumbing kini menjadi saksi bisu angker dan kekarnya Sang Proklamator.

Bukit Manumbing Dalam Mitos

Namun jika kita keluar sedikit dari sejarah, di bukit Manumbing kini beredar mitos. Sebuah mitos yang di percaya masarakat lokal dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. bagi para pengunjung. Seperti contoh, ada tangga yang di percaya merupakan tangga misterius oleh para pengunjung. Mungkin Karena tangga ini sangat aneh akan jumlah nya beragam bila di hitung.

Pernah terjadi bekali-kali walaupun beberapa orang menghitung dalam waktu bersamaan. Pendapat dari para penduduk sekitar maupun pengunjung lainnya tetap saja akan beragam jumlahnya. maka para penduduk berpendapat fenomena ini merupakan angka hoki atau akan membawa keberuntungan tersendiri tergantung jumlah ketika naik tangga atau turun tangga, namun jika di logikakan dengan teori apapun ini merupakan kekonyolan yang di percaya.

Gua Tawanandan Saksi Abadi

Pesona Sang Proklamator di Bukit Manumbing
Pesona Sang Proklamator di Bukit Manumbing

Selain tangga di bukit manumbing juga terdapat gua tawanandan bebrapa makam para pahlawan lokal, ada juga ular kecil yang berusia ratusan tahun yang sampai saat ini masih ada. Namun bentuk tubuhnya tetap kecil dan sampai sekarang masih ada. Mengenai bebrapa mitos tersebut marilah kita jadikan sebagai bahan pembelajaran goib. Bahwa ada dunia selain dunia kita, jadikan pula hanya sebatas daya tarik agar para pengunjung dapat balajar sejarah dari berbagai sisi.

Memang benar apa kata bapak proklamator “bangsa yang hebat adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah”. Maka kita sebagai penikmat sejarah bersyukurlah akan kesejahtraan yang kita dapat saat ini pada diri kita. Mari kita jaga,kita teladani dan kita banggakan para pahlawan bangsa ini.

Namun jangan terlena juga Bung Karno pun pernah berkata  kurang lebihnya begini “aku berperang melawan penjajah dan kalian nanti berperang dengan bangsa sendiri”. Pesona Sang Proklamator di Bukit Manumbing teaplah kekal, dan ini akan menjadi renungan panjang untuk sebuah refleksi (7 juli 2016 , Apandi Galapagos)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.