Inspirasi Tanpa Batas

Berpikir Positif Bisa Membuat Kita Awet Muda.

0 12

Konten Sponsor

Banyak yang bertanya tentang rahasia hidup awet muda, padahal salah datu caranya adalah dengan memiliki pikiran positif. Menjadi tua akan dialami oleh semua orang, tetapi jika kita berpikir menjadi tua terlalu cepat, maka tubuh akan mengikuti pikiran itu. Apa lagi jika kita sering melakukan kegiatan-kegiatan berat dan suka memikirkan sesuatu dengan keras.

Menurut para pakar kesehatan, menjadi sehat secara fisis merupakan dasar terbentuknya tubuh yang indah. Hal itu bisa dicapai dengan istirahat yang cukup, olah raga teratur, dan tidak terlalu banyak memikirkan sesuatu secara berlebihan yang dapat mengakibatkan stress. Stress dapat menyebabkan gairah hidup menurun, sakit kepala, letih, depresi dan sulit tidur. Selain itu, stress juga dapat berpengaruh terhadap kecantikan karena akan membuat kita terlihat kusut.

Ada banyak cara untuk mengurangi stress. Misalnya dengan relaksasi, latihan pernapasan, atau olah raga santai, menata pikiran, bersantai, mengembangkan kreativitas, melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti jalan-jalan atau berbelalnja, melakukan hobby dan merawat tubuh. Sementara untuk menjaga kebugaran tubuh, lakukakn olah raga rutin 3-5 kali selama seminggu, selama 20-60 menit. Lari, berepeda, senam, renang, dansa, naik turun tangga.

Diantara semua solusi tersebut, memulai melatih pikiran kita agar bisa selalu berpikir positif adalah cara paling sederhana, walau tidak mudah. Kita dituntuk untuk berkomitmen dalam melatih pikiran yang berhubungan langsung dengan perasaan tersebut. Tentu saja pikiran positif bisa bikin kita lebih awet muda, karena sebagian besar masalah yang rumit akan menjadi sangat sederhana dengan berpikir positif. Sebalikya, masalah yang sederhana dapat menjadi rumit jika kita terus-terusan memikirkannya.

Perhatikan orang-orang di sekitar kita. Mereka yang membebaskan pikirannya akan terlihat santai dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Mereka kan terlihat selalu bahagia bahkan kita akan menganggap bahwa mereka seperti tidak memiliki masalah karena hidupnya santai-santai saja. Sebenarnya mereka itu bukan tidak memiliki masalah. Semua orang pasti memiliki masalah. Masalah tidak harus selalu dikategorikan dengan adanya konflik atau problem besar. Tetapi hal-hal kecil seperti kebutuhan hidup, pekerjaan di kantor, biaya sekolah dan kebutuhan keluaga yang harus selalu terpenuhi juga bisa dikatakan sebuah masalah yang harus dicari jalan keluarnya.

Mereka yang membebasakan pikirannya tidak akan menghabiskan waktunya untuk berpikir keras memikirkan masalah tersebut. Misal ketika tiba saatnya anak bayar sekolah atau ada kebutuhan keluarga yang belum tercukupi, mungkin ada sebagian orang yang akan setress memikirkan hal tersebut dan sibuk memikirkan ketakutan-ketakutan yang mungkin terjadi jika kebutuhannya itu tidak tercukupi. Tetapi orang yang membebaskan pikirannya, mereka tidak akan terlau mengambil pusing. Mereka akan santai dan akan berpikir bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Apalagi jika masalahnya tentang keuangan, mereka akan berpikir bahwa Tuhan pasti akan memberi rizki. Mereka akan lebih menyibukkan dirinya dengan melakukan tindakan yang dapat mengeluarkannya dari masalah tersebut. Bukan mengambil pusing yang hanya akan membuat mereka stress.

Selain berpikir positif, para pakar menyarankan pula untuk berolah raga. Manfaat olah raga cukup banyak. Diantaranya meningkatkan kemampuan jantung dan paru, meningkatkan kekuatan otot, menurunkan lemak, menurunkan berat badan dan tekanan gula darah, serta menurunkan resiko jantung koroner.

Intinya, semua hal yang terjadi pada diri kita, mudah atau sukar, semua itu dapat teratasi tergantung bagaimana cara kita menyikapi masalah tersebut. Jika kita berpikir positif, masalah sebesar apapun tidak akan terasa berat dan akan mudah tepecahkan, tetapi secekil apapun masalah, jika kita menganggapnya itu masalah besar, maka masalah kecil itu akan terasa besar dan akan sulit menemukan jalan keluarnya.

Ingat bahwa pikiran sangat mempengaruhi kondisi fisik kita. Orang muda akan terlihat kusut dan cepat tua jika ia sering berpikir secara keras. Lalu perhatikan orang tua selalu berpikiran positif, walaupun kondisi fisiknya sudah tidak muda lagi, mereka akan terlihat selalu muda. Oleh karena itu, berpikir positif lah jika ingin terlihat awet muda.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar