Posisi Umat Islam Dalam Sejarah Indonesia Masa Kemerdekaan

0 70

Islam di Indonesia pada masa kemerdekaan mempunyai dua ciri. Pertama, terjadi globalisasi yang dipengaruhi gerakan Islam Internasional. Kedua, terjadi penjajahan yang menimbulkan hambatan perkembangan Islam di Indonesia, karena umat Islam lebih memfokuskan untuk menghadapi dan melawan penjajah itu sendiri.

Globalisasi dan tantangan Umat Islam

Ditengah globalisasi yang melahirkan beberapa gerakan pembaharuan Islam internasional. Islam di Indonesia masih mengalami konflik intern. Konflik intern tersebut bersumber dari persoalanAi??Furuiyah yang tidak mendasar, korupsi, kemiskinan dan keterbelakangan umat Islam lainnya.

Termasuk dalam bidang pendidikannya juga, Indonesia masih menjadi kategori yang memprihatinkan. Dimana masih banyak masyarakat Indonesia yangAi?? buta huruf. Kemudian, anak-anak banyak yang putus sekolah.

Imperialisme Jepang

Jepang merasa bahwa, umat Islam bisa menjadi ancaman bagi kolonialisme dan imperialisme mereka. Sehingga Jepang juga merasa perlu untuk menghancurkan umat Islam. Oleh karena itu, Jepang mulai mengambil sikap dengan cara yang halus, yakni dengan cara menjalin hubungan baik kepada umat Islam.

Umat Islam akhirnya menerima sikap Jepang yang ingin menjalin hubungan baik. Sehingga mereka dengan mudahnya bersepakat untuk saling bekerja sama, menghormati dan mendukung antara satu sama lain, termasuk dalam bidang agama itu sendiri.

Sebenarnya umat Islam sudah mengetahui maksud Jepang yang demikian. Tetapi umat Islam memilih bersikap seolah berada di pihak Jepang, supaya strategi cerdik umat Islam bisa tercapai dengan mulus.

Strategi tersebut bisa dicapai umat Islam tidak lain dengan cara mengambil kesempatan yang bisa menguntungkan dalam hubungan kerjasama yang di prakarsai Jepang. Bisa dilihat ketika Jepang mendukung pembentukan PETA (Pembela Tanah Air) dengan memberikan beberapa bantuan pengajaran dalam bidang kemiliteran yang merupakan kesempatan bagi umat Islam yang dikemudian hari mampu memukul mundur Jepang dari Indonesia. Ternyata benar, ketika umat Islam sudah menguasai bidang kemiliteran melalui PETA, mereka memberontak dan membuat Jera Bangsa Jepang.

Tujuan Jepang mendukung pembentukan PETA

Padahal tujuan Jepang mendukung dan membantu segala bentuk dari pembentukan PETA adalah sebagai berikut ini :

  • Untuk menanamkan semangat Nipon (Jepang) kepada pribumi
  • Melahirkan dan menumbuhkan loyalitas Ulama terhadap Jepang
  • Meyakinkan ulama agar membenci sekutu
  • Melalui PETA Jepang yang terlibat dengan perang Dunia kedua bisa memperoleh kemenangan
  • Memberikan keyakinan kepada Pribumi Indonesia, bahwa Indonesia dan Jepang mempunyai keterikatan dalam nenek moyang mereka masing-masing. Artinya nenek moyang Indonesia dan Jepang adalah sama, satu kesatuan.

Sumber : Berbagai Sumber

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.