Inspirasi Tanpa Batas

Profile dan Biografi Asima Chatterjee Ahli Kimia Kelas dunia Yang jadi Google Doodle

0 10

Konten Sponsor

Asima Chatterjee adalah seorang ahli kimia India yang mencatat karyanya di bidang kimia organik dan phytomedicine. Banyak prestasi yang diukirnya dalam dunia sains dan kimia. Wanita kelahiran 23 September 1917 selama hidupnya terus berkontribusi untuk dunia pendidikan dan perkembangan ilmu kimia. Dan Hari ini, Google memperingati 100 tahun kelahiran Asima Chatterjee dengan Google doodle special Asima Chatterjee.

Profile Asima Chatterjee

Asima Chatterjee Lahir pada tanggal 23 September 1917 di Kolkata , Bengal , Inggris India. Beliau wafat Kolkata , Benggala Barat , India pada tanggal 22 November 2006  di usiannya yang Ke-89. Wanita kebangsaan India ini lulusan Universitas Calcutta Bidang Kimia organik, phytomedicine. Asima Chatterjee adalah Ilmuan dan peneliti tentang alkaloid vinca ,  pengembangan obat anti-epilepsi dan anti-malaria. Beliau juga menulis banyak tentang tanaman obat dari.

Karir dan kehidupan Asima Chatterjee

Asima Chatterjee kecil ialah Seorang siswa yang sangat baik.Asima Chatterjee dibesarkan di daerah Calcutta dan bersekolah disanan. Kemudian setelah lulus sekolah dasar ia mendaftarkan diri di Scottish Church College dan University of Calcutta. Hebatnya Asima Chatterjee lulus dengan gelar kehormatan di bidang kimia pada tahun 1936.

Tidak cukup dengan gelar master di bidang kimia organik, Asima Chatterjee kemudian menyelesaikan gelar doktor di kampus yang sama pada tahun 1944. Penelitian doktornya berfokus pada kimia produk tanaman dan kimia organik sintetis. Di antara instrukturnya yang terkenal saat itu adalah Prafulla Chandra Roy dan Prof SN Bose . Selain itu ia juga memiliki pengalaman penelitian dari University of Wisconsin, Madison dan Caltech .

Dengan beberpa prestasinya, kemudian memudahkan ia bergabung dengan Lady Brabourne College , dari Universitas Calcutta pada tahun 1940 sebagai kepala pendiri departemen kimia. Kemudian Pada tahun 1944, Chatterjee menjadi wanita pertama yang mendapatkan gelar Doktor Ilmu Pengetahuan dari sebuah Universitas India.

prestasi mentereng dan penelitiannya seputar produk kimia alami, obat anti-kejang, anti malaria dan kemoterapi mampu membawa beliau bergabung dengan University College of Science di University of Calcutta, sebagai pembaca kimia murni. Dan Pada tahun 1962, Asima Chatterjee diangkat sebagai guru besar Khaira yang bergengsi di bidang Kimia di Universitas Calcutta.

Daftar Penghargaan Asima Chatterjee

  1. Dia adalah seorang Premchand Roychand Scholar dari Universitas Calcutta.
  2. Dia adalah wanita kedua setelah Janaki Ammal diberi gelar Doktor Ilmu Pengetahuan oleh Universitas India, Universitas Kalkuta pada tahun 1944.
  3. Dari tahun 1962 sampai 1982, dia adalah Profesor Kimia Khaira, salah satu kursi paling bergengsi dan didambakan di Universitas Kalkuta.
  4. Pada tahun 1972, dia ditunjuk sebagai Koordinator Kehormatan Program Bantuan Khusus untuk mengintensifkan pengajaran dan penelitian kimia produk alami, yang disetujui oleh University Grants Commission.
  5. Pada tahun 1960, dia terpilih sebagai anggota National Science Academy India, New Delhi.
  6. Pada tahun 1961, dia menerima Shanti Swarup Bhatnagar Award dalam ilmu kimia, dalam prosesnya menjadi penerima penghargaan wanita pertama dari penghargaan ini .
  7. Pada tahun 1975, dia dianugerahi Padma Bhushan yang prestisius dan menjadi ilmuwan wanita pertama yang terpilih sebagai Presiden Umum Asosiasi Persatuan Ilmu Pengetahuan India .
  8. Dia dianugerahi gelar D Sc (Honoris causa) oleh sejumlah universitas.
  9. Dia dinominasikan oleh Presiden India sebagai Anggota Rajya Sabha dari bulan Februari 1982 sampai Mei 1990.

Peran serta dalam dunia pengetahuan karier,  prestasi dan sederet penghargaan, maka wajar jika google membuatkan doole special Edisi Asima Chatterjee. [Ali Alamsyah/ Dari Berbagai Sumber]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar