Inspirasi Tanpa Batas

Pshycogame, Permainan yang Tak Buat Jenuh Hidupmu

0 7

Konten Sponsor

Pshycogame merupakan game (permainan) yang berdasarkan ilmu psikologi. Pshycogame seperti test psikologi namun dikemas dengan lebih menarik dan menyenangkan dalam bentuk permainan.

Konsep dasar psychogame adalah menciptakan sebuah permainan dimana orang akan mengimajinasikan diri sendiri dalam situasi yang ada setiap hari dan dalam peristiwa yang tidak lazim serta merespon pertanyaan sederhana. Jawabannya diterjemahkan dari sudut pandang psikologi dan memberitahu cara kerja pikiran seseorang. Pshycogame ini mungkin lebih sering dikenal dengan sebutan ice breking. Tidak semata-mata berbentuk permainan namun mengandung beberapa maksud dan tujuan untuk mengembangkan kreatifitas pada orang yang melakukannya. Terlihat biasa tapi makna dibalik itu sangat luar biasa, melatih otak kanan menjadi seimbang dengan otak kiri. Pikiran akan selalu fresh dan siap menerima berbagai macam materi yang bersifat teori.

Berikut merupakan contoh pshycogame yang bisa dilakukan dalam mengisi kegiatan diwaktu senggang :

BUTA TULI BISU (BTB)

Tujuan :

  1. Strategi perencanaan
  2. Kerja sama
  3. Kepemimpinan
  4. Empati
  5. Pengendalian diri

Prosedur :

Bagilah tim anda menjadi 3 kategori, yaitu 1 orang bisu, 1 orang tuli, dan 1 orang buta.

Si buta akan menyebrang sungai tetapi tidak bisa menyebrang karena tidak bisa melihat sekelilingnya dan perlu pemandu agar dapat menyebrang dengan selamat. Adapun yang dapat memandu si buta hanyalah si tuli. Namun untuk memandunya agar selamat menyebrangi sungai ada tata cara yang harus ditaati. Adapun tata cara tersebut meliputi :

Waktu yang disediakan maksimal 30 menit :

  1. Bagilah tim anda ( 1 buta, 1 tuli, dan 1 bisu)
  2. Si bisu bisa mendengar si buta, si tuli hanya bisa melihat si bisu, sehingga untuk berkomunikasi si bisu menyampaikan pesan kes si tuli dengan bahasa non verbal dan si tuli menyampaikan pesan ke si buta dengan bahasa verbal begitu seterusnya.

Pelanggaran jika :

  • Si buta membuka mata
  • Si tuli melihat si buta
  • Si bisu berbicara
  1. Diberikan 3 kali kesempatan untuk bertanya kepada instruktur
  2. Setiap terjadi pelanggaran, si buta harus kembali ke posisi start dan mulai dari awal lagi tanpa boleh membuka mata.
  3. Pemenang adalah si buta yang pertama kali berhasil menyebrangi sungai

Alat dan Bahan :

  1. Penutup Mata
  2. Tali Rapia
  3. Dibuatkan rel untuk jalnnya si buta, rel dapat dibuat sesuai kebutuhan

Evaluasi :

Evalusasi dapat disesuaikan dengan tujuan kebutuhan pembelajaran atau pelatihan. Tentunya evaluasi ini untuk meningkatkan kualitas diri lebih baik lagi. Dan menumbuhkan motivasi tinggi untuk tetap mau belajar dalam segala hal yang belum tercipta dalam diri.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar