Take a fresh look at your lifestyle.

Nama Pulau dewata “Bali “ Jendela Wisata Indonesia Dalam Sejarahnya

1 136

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Bali? Pulau yang begitu indah ini bukan hanya terkenal di Indonesia, namun keindahan dan ketenarannya sejak lama telah dikenal di kancah internasional sebagai salah satu tempat destinasi wisata yang sangat di idolakan oleh banyak orang. Ada banyak tempat menarik yang bisa anda temukan di pulau ini. Itulah sebabnya bali tidak pernah sepi pengunjung tiap waktunya. Yuk cari tau Nama Pulau dewata “Bali “ yang kini menjadi Jendela Wisata Indonesia Dalam Sejarahnya.

Nama Bali Dalam Sejarah

Ada banyak pendapat dan opini yang berkaitan mengenai hal menarik yang satu ini. Tapi apakah anda tahu seperti apa sejarah dan asal usul nama Pulau Bali? Banyaknya opini mengatakan mengenai asal muasal nama Pulau Bali membuat daya tarik wisata di pulau yang satu ini kian meningkat dan juga semakin menarik. Banyak yang menanyakan mengapa Pulau ini dinamakan “Bali”? pertanyaan tersebut terlontar bukan hanya dari kalangan wisata domestic, namun wisatawan asing pun bertanya-tanya.

Berawal dari abad ke 7, ada seorang pertapa sakti yang berasal dari Gunung Raung (letaknya di Jawa Timur), mengemban misi dari hasil bertapanya. Awalnya, beliau mendapat sebuah bisikan gaib yang mengatakan “Bahwa ia harus tinggal di sebelah timur Pulau Dawa (Kini Pulau Jawa). Karena saat itu Pulau bali belum menjadi suatu pulau yang berdiri sendiri. Pulau Bali satu daratan yang menyatu dengan Pulau Jawa.

Pertapa tersebut menelusuri berbagai tempat menuju ke arah timur pulau Jawa, Diikuti oleh ratusan pengikutnya. Namun dalam perjalannya para pengikut petapa tersebut tewas dibunuh oleh hewan buas penghuni sekitar hutan yang mereka lalui. Dengan kejadian tersebut, lantas membuat beliau memutuskan kembali ke Gunung Raung dan mencari pengikut baru untuk menyelesaikan misi tersebut.

Dengan pengikut baru yang cukup banyak, sampai akhirnya beliau berhasil mencapai kaki Gunung Agung. Kini daerah tersebut dikenal sebagai kawasan Besakih. Ketika pengikutnya akan merabas hutan, dan menebang pohon,  untuk dibuat menjadi rumah, sawah hingga tempat suci, Petapa tersebut melakukan ritual penolakan bahaya. Ritual tersebut yang dilakukan dengan Panca Dhatu. Dari situlah asal muasal muncul nama Pulau Bali. Petapa tersebut juga mengajarkan agama pada pengikutnya, dengan melakukan ritual penyembahan Surya tiga kali dalam sehari, penyembahan tersebut memakai alat-alat bebali (sesajen) yang mengandung tiga unsur kehidupan yaitu meliputi api, air dan bunga harum.

Penamaan Sesuai Budaya dan Agama

Seiring waktu ajaran agama itu disebut dengan agama Bali. Dan nama Bali dipakai juga untuk menamai daerah tersebut. Dapat dikatakan bahwa asal nama Pulau Bali diartikan sebagai daerah yang melakukan segala sesuatu menggunakan bebali. Hal ini semakin diperkuat dengan bukti bahwa, warga bali sangat identik dan hampir tidak lepas dari sesajen dalam menjalankan kegiatan hidupan sehari-hari.

Opini inilah yang dikenal saat ini tentang sejarah penamaan pulau bali. Jika ingin mencari tau lebih atau bila anda tertarik untuk mengetahui dan mengenal lebih lanjut asal usul, sejarah atau kebudayaan Bali lebih dalam, maka baiknya anda berkunjung kesana dan untuk melakukan perjalanan wisata mengunjungi tempat menarik selama di Bali. Gunakan poter atau pemandu dan tim travel asli orang Bali, hal ini dilakukan agar perjalanan anda semakin berkesan dan juga menarik.***aL


Sumber Bacaan :

Wisata Baliku

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

  1. om tomo berkata

    pengen liburan ke pulau bali lagi hehe