Take a fresh look at your lifestyle.

Punya Karyawan Yang Malas, Ini Cara Motivasinya

0 25

Punya Karyawan Yang Malas, Ini Cara Motivasinya – Pegawai adalah bagian dari bisnis yang tentunya penting untuk menjalankan bisnis dengan baik. Akan tetapi, jika pegawai malas? Tentu saja bisnis menjadi tidak lagi lancar. Apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini? Apa yang seharusnya dilakukan untuk pegawai yang malas? Berikut ini terdapat beberapa cara untuk memotivasi pegawai yang malas.

Jelaskan tujuan serta misi perusahaan dengan jelas

Pegawai mungkin tak terlalu mengerti mengenai visi, misi, maupun tujuan perusahaan atau bisnis. Barangkali pula, tujuan dan misi perusahaan tersebut tak menjadi penting bagi para pegawai. Hal tersebuttentu saja sebaiknya tidak terjadi. Semua orang yang bekerja bersama dalam perusahaan atau bisnis yang dikelola, termasuk untuk pegawai, haruslah mengetahui bahkan paham tujuan dan misi perusahaan atau bisnis tersebut.

Oleh karena nya, yang harus dilakukan adalah menjelaskan, atau menjelaskan kembali, tujuan dan misi perusahaan atau bisnis yang dikelola kepada pegawai yang malas tersebut. Tujuannya adalah agar pegawai tersebut dapat lebih memahami tujuan serta misi sehingga ia dapat lebih bersemangat dalam bekerja. Buatlah pegawai tersebut memiliki pandangan, tujuan, dan juga harapan yang sama dalam membangun dan menjalankan bisnis atau perusahaan tersebut.

Sering muncul di tempat kerja karyawan

Bos pasti adalah seseorang yang begitu disegani serta bahkan ditakuti oleh para pegawainya. Oleh karenanya, sebagai seorang bos, anda pastinya begitu disegani, atau malah ditakuti, oleh para pegawai, tak terkecuali oleh pegawai yang malas itu. Anda pun bisa memanfaatkan hal itu untuk membuat pegawai tidak lagi malas bekerja.

Yang harus dilakukan adalah sering muncul di tempat para pagawai bekerja. Anda dapat mengunjungi dan menengok sambil mengecek pekerjaan mereka. Dengan datangnya seorang bos, para pegawai pun pastilah akan bekerja dengan rajin serta sungkan atau akan merasa tidak enak hati untuk bermalas-malasan. Jika sering datang, para pegawai Anda, terlebih yang malas, pun pasti akan selalu bekerja dengan rajin dan berusaha tak terlihat malas di depan Anda.

Pastikan memberi insentif dengan adil

Insentif merupakan tambahan penghasilan, dapat berupa uang atau juga barang, yang diberikan kepada pegawai untuk meningkatkan gairah kerja mereka. Insentif tentunya merupakan suatu hal yang menyenangkan untuk para pegawai. Oleh karenanya, untuk memotivasi pegawai yang malas, Anda dapat memberi insentif kepada mereka, juga kepada pegawai lainnya.

Akan tetapi, pastikan bahwa Anda memberi insentif dengan adil dan rata kepada semua pegawai. Dengan menerima insentif, terlebih dengan adil, para pegawai pastilah termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi, meskipun barangkali mereka akan berharap untuk menerima insentif yang lebih besar.

Bangun kepercayaan

Beberapa pegawai mungkin memang memiliki semangat yang rendah dan tak percaya diri. Hal itu menyebabkan mereka menjadi tidak optimal dalam bekerja dan terkesan malas. Oleh karena itu, yang harus dilakukan adalah membangun kepercayaan dalam diri mereka. Anda tentunya harus pandai-pandai dalam memotivasi para pegawai sekaligus membangun kepercayaan dalam diri para pegawai tersebut agak dapat bekerja dengan baik.

Pastikanlah pegawai memiliki kepercayaan diri yang cukup. Selain hal tersebut, pastikan pula para pegawai memahami bahwa Anda menaruh kepercayaan yang amat besar dalam diri mereka untuk bekerja sebaik mungkin. Buatlah pegawai mengetahui bahwa mereka harus bekerja dan juga melakukan segala sesuatunya dengan sangat baik agar tak mengecewakan dan meruntuhkan kepercayaan yang telah diberikan.

Tegur pegawai dengan cara yang menyenangkan

Jika pegawai adalah seseorang yang betul-betul malas, menegurnya adalah salah satu cara yang barangkali akan baik dan ampuh untuk mengatasinya. Janganlah takut untuk menegur pegawai sendiri. Biar bagaimana pun juga, para pegawai adalah bagian dari bisnis Anda. Pegawai tentunya harus mengetahui dan menyadari bahwa kemalasan yang ia terapkan dalam bekerja dapat menghambat perjalanan dan kelancaran bisnis atau perusahaan yang dikelola. Tetapi, perlu diingat pula bahwa Anda harus menegur pegawai yang malas tersebut dengan tidak menyebalkan.

Cobalah untuk menegur pegawai tersebut dengan hati-hati. Lebih dari itu, Anda barangkali dapat menegurnya dengan cara yang menyenangkan, seperti mengajaknya makan siang bersama dan mengutarakan teguran dalam obrolan yang santai dan menggembirakan. Janganlah menegur pegawai dengan keras dan menjengkelkan. Teguran yang seperti itu bisa berakibat buruk. Selain barangkali dapat membuat pegawai semakin jengkel dan malas, hubungan dengan pegawai tersebut juga dapat menjadi semakin renggang dan buruk.

Karyawan juga manusia

Hal yang satu ini tentu harus diingat pula. Mereka tentunya juga merupakan manusia biasa yang memiliki banyak kekurangan. Anda pun merupakan manusia yang mempunyai banyak kekurangan, bukan? Oleh karenanya, cobalah memahami bahwa pegawai memiliki kekurangan, seperti misalnya malas. Setiap manusia pasti pernah dilanda kemalasan. Anda pun, dalam beberapa waktu, pasti sempat merasa malas dalam bekerja tentunya.

Dengan memahami bahwa pegawai juga merupakan manusia biasa, Anda pun hendaknya memahami pula bahwa kemalasan para pegawai tersebut merupakan suatu hal yang lumrah. Suatu hal yang lumrah memang belum tentu baik adanya. Namun, akan lebih baik jika tak melebih-lebihkannya. Biarlah kemalasan sekali-kali datang menghampiri para pegawai. Akan tetapi, meskipun demikian, tetaplah selipkan kata-kata atau pebuatan yang dapat memotivasi mereka di balik sikap yang membiarkan mereka tersebut.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar