Inspirasi Tanpa Batas

Punya Website Usaha Kecil? Hal-hal ini Wajib Ada di Situsmu

Punya Website Usaha Kecil? Hal-hal ini Wajib Ada di Situsmu
0 7

Website telah menjadi sarana promosi dan marketing yang pas untuk perkembangan industri berskala mikro dan juga kecil. Praktis, efektif dan komunikatif merupakan beberapa aspek positif yang mendorong pelaku usaha untuk membuat website di bidang usahanya. Walau demikian, banyak juga usaha kecil yang malah gulung tikar dari jagat maya dikarenakan berbagai macam hal, antara lainnya website-nya tidak memberi feedback­ serta sisi penjualan yang tidak sesuai harapan atau dinilai tak mampu memberi informasi yang benar-benar dibutuhkan untuk customer. Mengapa hal tersebut terjadi?

Menurut Lisa Barone, Co-Founder and Chief Branding Officer Outspoken Media, Inc. Perusahaan yang fokus dalam menangani manajemen online dan jasa internet, , seperti yang dikutip Small Business Trends, permasalahan di atas terjadi karena banyak pelaku bisnis yang tidak mencantumkan informasi atau fitur yang dapat dijadikan sumber informasi bagi konsumen. Untuk mencegah hal ini, Barone mengungkapkan 6 hal yang harus ada dalam website usaha skala kecil :

Intuitif Navigasi

Kegagalan sering terjadi pada website dengan navigasi yang terbilang sulit diakses oleh user. Oleh karenanya buat navigasi yang intuitif atau mudah dipahami user baru. Navigasi yang intuitif menurut Barone adalah navigasi yang :

  • Tidak harus semuanya dalam format Flash.
  • Memposisikan search box pada posisi yang mudah dicari dan tak tersembunyi.
  • Memakai nama fitur-fitur yang lazim diingat seperti “shopping cart” alih-alih “product receptacle”, dll.

Konten Berbobot

Cara untuk membedakan website Anda dengan para pesaing yang berusaha menjadi plagiator adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Tunjukkan bahwa website Anda berkelas dengan menayangkan sejumlah informasi yang dikemas dan juga disusun semenarik mungkin, misalnya :

  • Dirancang menyerupai e-book.
  • Berisi bussiness checklist yang dapat diunduh atau di-download oleh user.
  • Berisi sejumlah artikel atau karya tulis yang berasal dari blog Anda, dll.

Blog

Menampilkan link blog di website usaha memang bukan hal baru di dunia maya. Tetapi hal tersebut ampuh untuk menarik perhatian user. Untuk usaha kecil, blog bisa dijadikan jati diri perusahaan atau company voice. Blog juga dapat dijadikan media untuk berkomunikasi dengan user serta wadah berbagi pengalaman, kisah serta informasi secara lebih mendetail. Anda tak perlu meng-update blog setiap hari namun buatlah jadwal yang tetap untuk menjaga jalinan interaksi serta komunikasi dengan sang user dan visitor.

Alamat, Telepon dan Kontak Lain

Salah satu cara efektif untuk usaha kecil untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata user adalah dengan menampilkan alamat, telepon, e-mail address juga kontak lain seperti Twitter, Facebook, dll. Aneka macam informasi itu merupakan bukti bahwa usaha yang sedang Anda kelola benar-benar nyata sehingga memberi kemudahan bagi user untuk membuat kontak dengan Anda.

Ulasan

Ulasan yang berisi rekomendasi dari pihak-pihak berpengaruh sangat penting untuk ditampilkan di website Anda. Tujuannya untuk menambah kredibilitas perusahaan Anda serta meningkatkan jumlah user yang berkunjung ke website Anda.

Cara Berbelanja

Ketika user puas mengakses website Anda dan cocok dengan produk yang Anda tawarkan, hal yang akan dilakukan selanjutnya adalah dengan membeli produk Anda. Agar proses transaksi berjalan lancar, buatlah fitur cara berbelanja yang mudah dipahami oleh user. Pandu user untuk menuju ke fitur pembelian itu dengan menggunakan kata-kata yang bisa langsung dicerna seperti misalnya “buy now”, dll. (dhirga)

(website usaha)

Komentar
Memuat...