Inspirasi Tanpa Batas

Rahasia Sukses Finlandia Satu dekade Berada di Puncak Sistem pendidikan Terbaik Dunia

0 14

Konten Sponsor

Sistem Pendidikan Negara Finlandia selalu bearada di puncak peringkat dari sistem pendidikan global dan terkenal karena memiliki ciri khas tersendiri. Negara Finlandia selama Satu dekade ini  berada di top best school systems in the world mengalahkan negara-negara maju sperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Jepang.

Mengapa Negara kecil ini sukses dalam penerapan dan pengembangan system pendidikanya? Berikut ini kami rangkum beberapa fakta dari system pendidikan yang diterapkan oleh negara finlandia hingga negara tersebut menjadi sukses dalam dunia pendidikanya:

1. Sekolah dasar 9 Tahun, Salah satu Rahasia Sukses Finlandia

Berbeda dengan sistem pendidikan dasar di Indonesia, pendidikan dasar di Finlandia diselenggarakan selama 9 tahun. Hal ini terkait erat dengan revolusi sistem pendidikan Finlandia yang dilakukan sejak tahun 1968 ketika dilakukan penghapusan sistem pendidikan berjenjang (parallel school system). Sistem pendidikan Finlandia tidak lagi mengenal sistem pendidikan menengah pertama, atau setara dengan pendidikan di tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Indonesia. Sejak tahun 1968, Finlandia mengadopsi sistem pendidikan wajib dasar nasional 9 tahun.

2. Sebelum Anak  Usia 7 Tahun tidak di Perbolehkan Sekolah

Di Finlandia, tidak ada kewajiban untuk mengenyam pendidikan di institusi formal pendidikan di sekolah. Wajib belajar 9 tahun dapat ditempuh dengan cara belajar di luar institusi pendidikan formal sekolah, misalnya belajar di rumah secara mandiri. Bila demikian halnya, pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk mengawasi perkembangan belajar anak. Orang tua dan wali murid dari anak yang dikenakan wajib belajar wajib memberikan jaminan bahwa anaknya akan menyelesaikan program wajib belajar. Jumlah anak yang mengenyam pendidikan dasar di luar sekolah sangat minim.

3. Pendidikan dasar wajib diawasi oleh pemerintah daerah

Pendidikan dasar wajib diawasi oleh pemerintah daerah dengan cara mendata seluruh nama anak dalam usia wajib belajar. Orang tua dan wali murid akan selalu diingatkan untuk memasukkan anaknya ke sekolah ketika usianya telah memenuhi syarat. Kepala Sekolah mendata seluruh pendaftaran sekolah. Ketika terdapat anak dalam usia wajib belajar tidak terdaftar, orang tua atauwali murid akan diberitahukan. Jika anak masih juga belum dimasukkan sekolah maka orang tua sang anak akan dikenakan denda administratif untuk kelalaiannya menyekolahkan anak.

4. Hanya ada sedikit sekolah Suwasta

Mulai sekolah setingkat TK sampai perguruan tinggi, pelajar-pelajar Finlandia bersekolah di sekolah negeri. Hanya ada sedikit sekolah swasta di Finlandia dan semuanya dibiayai pemerintah. Tidak ada yang diperbolehkan untuk membebankan biaya sekolah.

Setiap anak harus memiliki kesempatan yang sama untuk belajar, tanpa melihat latar belakang keluarga, pendapatan, atau lokasi geografis. Pendidikan utamanya bukanlah cara untuk menghasilkan individu yang cerdas, tetapi sebagai alat untuk meratakan kesenjangan sosial.

5. Tidak ada beban Pekerjaan Rumah (PR) Pada Peserta Didik

Dibandingkan dengan sistem pendidikan negara lain, Guru sangat jarang memberi pekerjaan rumah pada peserta didiknya, sampai peserta didik  ke remaja mereka. dan orang tua di negara finlandia mengerti, jika sudah ke rumah, porsi belajar mandiri waktunya di serahkan sepenuhnya pada anak.

6. Tidak ada Ujian semester atau ujian akhir di negara dengan Sistem pendidikan Terbaik Dunia

Kunci kesuksesan Finlandia dalam memperbaiki sistem pendidikannya adalah mereka tidak mengejar keunggulan akademis (excellence), tapi kesetaraan (equity). Anak-anak tidak diukur sama sekali selama enam tahun pertama pendidikan mereka. Hanya ada satu tes standar wajib di Finlandia, yang diambil ketika anak-anak usia 16 Tahun

7. Semua Anak, Pintar Atau Tidak, Diajarkan di kelas Yang Sama

Setiap anak harus memiliki kesempatan yang sama untuk belajar, tanpa melihat latar belakang keluarga, pendapatan, atau lokasi geografis. Pendidikan utamanya bukanlah cara untuk menghasilkan individu yang cerdas, tetapi sebagai alat untuk meratakan kesenjangan sosial. 30 persen anak-anak menerima bantuan ekstra selama pertama mereka sembilan tahun sekolah. Perbedaan antara terlemah dan terkuat siswa adalah yang terkecil di Dunia.

8. Gaji awal rata-rata untuk seorang guru Finlandia adalah $ 29.000 pada tahun 2008

Di negara Finlandia, gaji seorang guru memang masuk kategori nomor wahid. Negara ini Mampu menggaji seorang guru hingga 50 juta perbulan. Pada Tahun 2008 saja Gaji seorang guru yang pemula mencapai Rp. 400 juta Per-Tahun atau Rp. 35 Juta Per-Bulan.

9. Guru diberi status yang sama seperti dokter dan pengacara efektif

Dalam pengukuran standar internasional pada tahun 2001, anak-anak Finlandia berada di atas rata-rata dan pada  pendidikan ilmu pengetahuan, membaca dan matematika mereka berada di puncak.

10. Sistem Pendidikan Negara Finlandia menuntut Jumlah Jam Istrahat harus 75 menit

Jika di bandingkan dengan negara kita, di Negara finlandia  Jumlah Jam Istrahat  rata-rata lebih dari 75 menit. Sedangkan di Negra kita rata-rata Istrahat hanya 30 Menit. Dengan perbedaan ini tentu kita bisa bandingkan output yang dihasilkannya.

11. Guru hanya menghabiskan 4 jam sehari di kelas, dan mengambil 2 jam seminggu untuk “pengembangan profesional”.

Guru-guru di negara Finlandia tentu memiiki kualifikasi yang mumpuni, seorang guru di negara tersebut hanya menghabiskan waktu 4 jam sehari di kelas untuk mengajar, dan dalam seminggu guru tersebut  di bekali pengembangan profesional oleh para ahli selama 2 Jam.

12. Semua guru di Finlandia harus memiliki gelar master, dan untuk mencapai gelar itu sepenuhnya disubsidi Pemerintah

wajar saja jika Finlandia sukses Satu dekade Berada di Puncak Sistem pendidikan Terbaik Dunia. Pasanya, perekrutan seorang guru sangatlah ketat. Kualifikasi seorang guru haruslah sesuai dengan standar yang di tentukan pemerintah, dan hebatnya Semua guru di Finlandia harus memiliki gelar master, yang sepenuhnya disubsidi pemerintah. [aL]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar