Recep Tayyip Erdogan dalam Karier Politik Islam Turki

4 492

TURKI sejak dipimpin Recep Tayyip Erdogan yang di Indonesia dikenal dengan Erdogan adalah politisi Muslim genuine berkelas dunia. Ia mencairkan kebekuan pemikiran masyarakat dan pemikir dunia yang selalu menyimpulkan Islam sebagai ajaran yang membawa prinsip-prinsip kekerasan, makar, terorisme dan terbelakang dari sisi kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tentu didalamnya aspek ekonomi.

Turki sejak 91 tahun yang lalu adalah Negeri secular. Karena itu, pemimpin tertinggi Turki seringkali muncul dari kaum secular juga. Diketahui bersama bahwa setelah Mustafa Kemal Attaturk, membubarkan prinsip khilafah Islamiyah di tahun 1923 Masehi, Turki selalu kukuh dalam pendiriannya sebagai negeri secular dan harus dipimpin oleh kaum secular juga.

Hari ini, khususnya setelah Pemilu tahun 2014, Turki kembali dipimpin tokoh Muslim dengan partai yang mengusung nilai-nilai Islam. Partai Muslim yang bernama AKP (Adalet ve Kalkınma Partisi) yang dalam terjemahan Indonesia disebut dengan Partai Keadilan dan Pembangunan. Melalui partai inilah, Erdogan melabuhkan diri menjadi pemimpin Turki.

Partai Islam Sebelumnya

Sebelum AKP, di Turki pernah juga berdiri dan berkuasa partai Islam, di era tahun 1980-an.  Partai ini bernama Partai Keselamatan Nasional yang dipimpin Necmettin Erbakan dan pernah Berjaya di Turki. Hanya saja, semua gerakan yang anti sekularisme, selalu dibubarkan melalui sebuah gerakan yang disebut dengan Revolusi. Partai inipun akhirnya bubar setelah kudeta militer pada 12 September 1980. Jadi, meskipun sebentar, Turki dengan politik Muslimnya, sebenarnya pernah juga Berjaya yang juga pernah dipimpin kaum Muslim, meski hanya sebentar

Karir Politik Erdogan

Karier Politik Erdogan dimulai dengan jabatan sebagai Walikota Istanbul atas hasil pemilu local di tahun 1994. Kemenagannya di Pemilu local itu, justru setelah dia berhasil menulis sebuah puisi “bermasalah” yang membuat dirinya dijebloskan ke Penjara selama 4 bulan. Setelah ke luar dari penjara, ia kemudian mendirikan Partai Politik AKP tepatnya pada tanggal 14 Agustus 2001. Partai ini merupakan reinkarnasi dari Partai Keselamatan Nasional yang dipimpin Erbakan.

Setelah Pemilu tahun 1994 itu, AKP selalu memenangkan Pemilu Turki hingga mencapai 2 per tiga kursi parlemen. Karena itu, selama sebelas tahun, Partai ini kemudian membentuk pemerintahan tunggal tanpa koalisi dari partai lain.

Siapa Erdogan

Recep Tayyip Erdogan kecil menghabiskan waktu kecilnya di Rize. Sebuah tempat di pesisir Laut Hitam Turki,  meskipun sesungguhnya ia dilahirkan di Istanbul. Hanya karena Bapaknya seorang pelaut yang ditugasi untuk menjadi penjaga pantai di angkatan laut Turki, maka besar kemungkinan itulah yang menyebabkan mengapa ia harus tinggal di Rize.

Ia baru pulang ke Istanbul –sebagai tempat kelahirannya– setelah usianya menginjak  13 tahun. Diketahui ia belajar agama kepada Hatif dan kuliah di Universitas Marmara, pada program Studi ekonomi dan bisnis.

Semaca remaja dan dewasa, ia masuk ke dunia politik melalui Partai Islam bernama Keselamatan Nasional yang dipimpin Necmettin Erbakan. Partai ini bubar setelah kudeta militer pada 12 September 1980, dan kemudian ia mendirikan partai baru beberapa tahun kemudian dalam apa yang disebut dengan AKP. Partai inilah yang membuat dia terpilih menjadi Presiden Turki. Team Liceum dari berbagai Sumber

  1. awe berkata

    Masya Allah, sungguh indah kehidupan di bawah naungan khilafah. semoga
    para mujahidin mampu mewujudkan kembali khilafah islamiyah. http://transparan.id
    Sehingga umat islam bisa hidup damai d bawah naungan syariat islam

  2. Dian Eka Yunita. (Nim : 1414141118 / T.IPS C Semester VI) berkata

    Recep Tayyib Erdogan merupakan presiden turki yang pertama kali yang sangat peduli dengan rakyatnya, erdogan ini bukan hanya peduli dengan diri sendiri, tetaspi juga dengas masyarakatnya, dengan fasilitas umum, seperti sekolah, jalan, rumah sakit, taman bermain, bahkan erdogan ini presiden pertama yang mengizinkan warga muslim memakai jilbab keluar rumah, setelah sebelumnya aturan memakai jilbab ini benar-benar sangat dilarang dan apabila wearga nya ketahbuan memakai jilbab keluar rumah maka akan di hukum. Rakyat Turki mengalami era kemakmuran di bawah Partai AKP dan Erdogan. Selama dibawah rezim-rezim sekuler sebelumnya, Turki carut-marut, sejak Kemal Ataturk menjatuhkan Khilafah Turki Otsmani.
    Dibawah kepemimpinan Receb Tayyib Erdogan, Turki mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam berbagai bidang. Pertumbuhan ekonomi Turki sangat luar biasa, melebihi negara-negara Eropa. Angka pengangguran berkurang drastis dan lapangan pekerjaan terbuka lebar.
    Dian Eka Yunita
    T.IPS C Semester VI

  3. NUR MUHAMAD FADILLAH berkata

    Recep Tayyib Erdogan merupakan presiden Turki pertama dipilih secara langsung dan mendapakan dukungan luas rakyat, dan memilih Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu, menggantikan posisinya sebagai perdana menteri, dan membentuk pemerintahan baru, Jum’at, 29/8/2014.
    Kemenangan dan populeritas Erdogan, kaena keberhasilan mengubah Turki, dan meletakan fondasi ekonomi negeri itu, dan sekarang menempatkan posisi Turki sebagai negara ke empat terbesar ekonomi di Eropa.
    Rakyat Turki mengalami era kemakmuran di bawah Partai AKP dan Erdogan. Selama dibawah rezim-rezim sekuler sebelumnya, Turki carut-marut, sejak Kemal Ataturk menjatuhkan Khilafah Turki Otsmani.
    Dibawah kepemimpinan Receb Tayyib Erdogan, Turki mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam berbagai bidang. Pertumbuhan ekonomi Turki sangat luar biasa, melebihi negara-negara Eropa. Angka pengangguran berkurang drastis dan lapangan pekerjaan terbuka lebar.

    NAMA : NUR MUHAMAD FADILLAH
    KELAS : TADRIS IPS C SEMESTER 6

  4. Nunung Nurlaela berkata

    Presiden Erdogan memulainya dari wali kota Istambul. Jokowi dari gubernur jd presiden, jangan2 ahok pun kedepan bisa jadi presiden. Waduuh…

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.