Take a fresh look at your lifestyle.

Recharge Kemesraan Rumah Tangga Anda dan Rasakan Hasilnya

0 40

Perjalanan lurus terus dan bergelombang terus dipastikan akan mengalami kebosanan dan kejenuhan. Kejenuhan dan kebosanan itu muncul jika perjalanan tidak mengalami perbedaan jalur atau kondisi jalan. Analogi perjalanan itu sama halnya dalam rumah tangga. Suami istri yang memulai, membangun, dan mempertahankan rumah tangga akan mengalami kebosanan atau kejenuhan dalam titik tertentu jika keduanya kurang mampu menciptakan modifikasi kemesraan dan harmonisasi dalam rumah tangga. Modifikasi kemesraan itu harus diciptakan sebagai sebuah kebutuhan dalam upaya pemertahanan rumah tangga yang hakiki.

Recharge atau pembaruan cinta dan kasih sayang antara suami istri harus dilakukan oleh keduanya. Jika usia pernikahan yang baru menginjak dua atau tiga tahun tentu masih bisa merasakan barunya cinta dan kasih sayang. Begitu juga dalam hal saling merindu dan berbagi kemesraan. Namun bagaimana ketika rumah tangga yang sudah lebih dari lima tahun, sepuluh tahun bahkan lima belas tahun. Dengan bertambahnya kesibukan antara suami istri, bertambahnya anak dan bertambahnya kebutuhan akan turut memberikan dampak terhadap pasang surutnya kasih sayang.

Cinta dan kasih sayang bukanlah milik pasangan muda dan baru menikah saja, akan tetapi milik semua pasangan tanpa mengenal usia dan kondisi ekonomi apapun. Strategi jitu untuk memperbarui cinta dan kasih sayang dalam rumah tangga dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut :

Membuka Memori Indah

Memori indah pada masa usia muda dan lajang atau masa perkenalan adalah sejarah yang sangat menarik dan tak terlupakan. Seorang suami atau istri harus bisa mengingat dan menceritakan kembali tentang keluguan, kepolosan dan kesederhanaan sikap pada masa lalu mereka. Suami istri dapat saling berbagi cerita tentang masa lalu yang lucu dan penuh ketidakpercayaan bahwa perjalanan hidup dapat dilalui bersama pasangannya. Larangan dalam obrolan masa lalu ini adalah saling membuka aib dan menceritakan mantan masing-masing. Jangan sampai terjadi bahwa cerita masa lalu akan membuka kejelekan masing-masing yang pada akhirnya saling memojokkan satu sama lain. Urgensi menceritakan memori indah adalah mengingat begitu bahagianya masa lalu dan harus dipertahankan hingga kini karena sudah memiliki pasangan yang saling mencintai dan saling menjaga kasih sayang.

Tentukan Agenda Santai

Kesibukan di kantor atau di tempat kerja akan mengakibatkan kepenatan hidup. Puncak dari kepenatan kerja dengan seabreg masalah didalamnya adalah berkurangnya kehangatan dalam komunikasi keluarga. Hegemoni berlebihan dari situasi tempat kerja ke dalam rumah tangga akan menimbulakan ketidaknyamanan dan terganggunya harmonisasi bersama pasangan. Solusi dari semua itu adalah tentukan agenda santai. Santai atau rileks itu tidak melulu jalan-jalan dan menghabiskan uang. Hal terpenting yang harus dilakukan pasangan suami istri dalam merecharge kemesraan adalah kebersamaan. Sekedar minum teh hangat di teras rumah saat malam hari ketika anak-anak telah tidur, makan coklat bersama, atau jalan-jalan ke sawah/kebun untuk rileks sambil menikmati suasana alam, berhenti sejenak dari gadget yang sering mengganggu waktu privasi, dan melepaskan segala tema pekerjaan dalam obrolan bersama pasangan anda. Relaksasi akan bermakna jika fisik dan fikiran dapat merasakan ketenangan. Body and soul harus berada dalam suasana rileks itu, jangan terpisah. Indah dan hangat bersama pasangan hidup anda.

Menontot Film Romantis

Film romantis tidaklah diasosiasikan dengan blu film. Film romantis yang dimaksud adalah film yang dapat membawa pikiran dan perasaan suami istri untuk kembali ke masa-masa muda atau masa lajang dulu. Film-film yang direkomendasikan adalah film yang berkisah tentang persahabatan, jatuh cinta dan menjaga kepercayaan. Tema-tema itu akan membuat perasaan muda kembali. Drama korea yang lebay, film india yang penuh cinta, drama turki yang penuh teka teki dan sinetron indonesia yang lucu akan membuat hari dan perasaan muda dan remaja kembali. Efek positif dari tontonan itu adalah bagaimana cinta dan kasih sayang harus senantiasa terjaga dalam kesetiaan, saling percaya dan menghindari penghianatan.

Berikan Kejutan

Langkah keempat yang bisa dilakukan untuk menjaga romantisme dalam rumah tangga adalah memberikan kejutan. Kejutan atau surprise itu bisa dalam bentuk hadiah kecil atau prestasi kerja suami atau istri. Seorang suami dapat merencanakan untuk membeli gaun yang disukai istrinya tanpa cerita terlebih dahulu, atau seorang istri memberikan jam tangan saat suami berulang tahun. Harga surprise tidaklah menjadi tujuan utama. Namun, makna kasih sayang yang terkandung dalam surprise itu yang mampu menjaga romantisme hidup suami istri. Tentang sebuah perhatian adalah nomor utama dalam hubungan suami istri. Perhatian adalah penopang utama untuk membangun kehangatan rumah tangga. Mulailah dari sesuatu yang sederhana namun penuh makna.

Menyapa Tentang Keadaan

Suami istri yang memiliki intensitas cukup dalam pertemuan di rumah tidak secara otomatis mengabaikan bahasa sederhana yang harus selalu terucap. Meskipun setiap hari seorang suami bertemu dengan istri, tidak ada salahnya untuk menyapa dan menanyakan keadaan istri pada masa-masa tidak bersama dengan suami. Ungkapan sederhana ini nampaknya kurang mendapatkan perhatian oleh sebagian besar orang padahal sesuatu sederhana yang dapat dibahasakan akan menjadi sebuah makna besar dan mengkristal. Cinta dan kasih sayang adalah berawal dari ungkapan lalu dilanjutkan dengan tindakan. Maka pertahankanlah ungkapan-ungkapan sederhana itu sebagai bentuk perhatian dan apresiasi untuk memperkuat makna cinta dan kasih sayang suami kepada istri dan istri kepada suami.

Lima kunci di atas adalah bagian kecil dari langkah-langkah pemertahanan keharmonisan rumah tangga. Sejauh apapun perjalanan rumah tangga dapat dilalui oleh pasangan suami istri akan tidak terasa nyaman dan hangat tanpa sebuah usaha untuk melakukan pembaruan cinta dan kasih sayang setiap saat. Mulailah untuk belajar mengapresiasi hal-hal terkecil agar cinta itu menguat menuju agenda besar rumah tangga, yakni kasih sayang abadi.***Nanan Abdul Manan, M.Pd.


foto-nanan-abdul-mannan

Tentang Penulis

Nanan Abdul Manan, lahir di Kuningan tanggal 11 Februari 1982. Penulis adalah Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan. Untuk mengetahui lebih lengkap Lihat Biografi Lengkapnya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar