Refleksi Tahun Baru Islam “Maraknya Stratifikasi Sosial Dalam Dakwah”

2 22

Refleksi Tahun Baru Islam. Indonesia adalah salah satu negara terbesar di dunia yang penduduknya mayoritas beragama islam. Maka tak heran bila dalam kegiatan keagamaan Indonesia memiliki ragam budaya dan cara tersendiri dalam meramaikan hari-hari besar islam. Seperti pengajian, pawai, dan lomba-lomba mengaji. Seperti pada hari ini 1 oktober yang merupakan hari kesaktian pancasila dan juga bertepatan dengan hari tahun baru islam (1 Hijriah 1438). Banyak sekali masyrakat yang berbondong-bondong memperingati hari besar ini . Seperti Indonesia mengaji atau tema-tema yang lainnya yang menjurus kepada dakwah.

Tapi sebelum membahas tgl 1 oktober ini penulis ingin sedikit memngingatkan pembaca untuk melawan lupa. Bahwa beberapa hari yang lalu 30 september adalah hari kebiadaban PKI yang merupakan hari pelanggaran HAM.  Para kiyai, masyrakat dan para pahlawan dibantai oleh antek-antek PKI. Tapi entah mengapa, pemerintah sekarang melarang penayangan film documenter kebiadaban PKI Tersebut. Bahkan isu yang tersebar bahwa pemerintah ingin meminta maaf kepada keluarga PKI, semoga ini hanya isu belaka.

Sedikit pembahasan untuk melawan lupa, kita kembali pada pembahasan awal mengenai fenomena perayaan hari besar islam hari ini yang sering di adakannya pengajian yang mengundang pendakwah ternama. Pada hakekatnya dakwah, secara etimologi dakwah berarti Seruan, Ajakan, atau Panggilan. Seruan yang digunakan dalam Dakwah bertujuan untuk mengajak seseorang baik dalam melakukan sesuatu kegiatan atau dalam merubah pola serta kebiasaan hidup.

Seperti yang di tulis pada harian eurekapendidikan.com. Dakwah dari kata Seruan, Dakwah memiliki banyak arti yang bisa digunakan secara luas. Tidak hanya dalam Agama, dimana kata Dakwah sering digunakan namun Seruan yang diberikan bisa dimaknai dalam hal positif maupun negatif. Penggunaan kata Dakwah merujuk ajakan, atau seruan yang disampaikan kepada seseorang untuk berubah kearah yang lebih lebih baik. Asal kata Dakwah yang berasal dari bahasa Arab dan juga dibawa oleh orang arab membuat kata Dakwah sendiri telah mengalami pergeseran makna. Pergeseran makna Dakwah menjadi meruncing hanya pada Seruan yang dilaksanakan oleh seseorang dalam Ajaran Islam. Dalam kehidupan sehari-hari, kata Dakwah memiliki dua arti kata yakni negatif dan juga positif yang secara sederhana dapat diartikan.

Maraknya Stratifikasi Sosial Dalam Dakwah

Jika dibandingan cara dakwah pendakwah dahulu pasti sangat berbeda dengan era sekarang. Di era sekarang banyak sekali pendakwah bertarif bahkan ketika berdakwah terimplementasikan praktek stratifikasi sosial. Jika begini dimanakah makna ia berdakwah?. Apakah hanya menggugurkan undangan saja dan yang penting ia ceramah tentang kebaikan-kebaikan?. Jadi orang yang awam atau yang seharusnya mendapat binaan dalam islam bisa jadi salah tafsir tentang makna dakwah. Contoh, ustad-ustad televisi ia ceramah tentang keikhlasan, tentang zaman para nabi dlam berdakwah. Tapi ia sendiri ketika di undang berdakwah untuk menyerukan kebenaran menggunakan tarif yang sudah diatas minimal, jadi apa makna ia ceramah selama ini?.

Penulis ingin sedikit bercerita tentang stratifikasi sosial yang terjadi dalam kegiatan pengajian yang di isi oleh penceramah yang sudah ternama. Ternyata di ruangan terdapat kelas vip, biasa bhkan kelasa orang biasa yang hanya dapat menyaksikan dari luar dan melihat lewat layar saja. Ini yang membuat penulis merenung panjang tentang tanggal yang terjadi hari itu,  yaitu 30 september hari G30SPKI, lalu sebentar lagi 1 oktober hari kesaktian pancasila yang bertepatan dengan tahun baru islam.

Oleh : Apandi Galapagos

  1. Nama : Anan Abdul Hanan berkata

    Apapun makna dakwah nya , yang terpenting penyampaian mengajak kepada kebaikan kebaikan itu dapat di terapkan oleh si penikmat dakwah tersebut .

    1. Dea Misqiyatul Masluhah berkata

      Dea Misqiyatul masluhah
      T.ipsA/3
      Iain syekhnurjati cirebon
      Tahun baru islam disini sangat baik karena disini kita bisa intropeksi diri kita sendiri. Dakwah diartikan sebagai mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah . Dengan mengajak ke arah yang positif.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.