Close

Rekomendasi Bahan Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan yang mengandung protein tinggi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup setiap harinya baik dari protein hewani maupun protein yang berasal dari nabati.

Kandungan protein sendiri dalam suatu makanan memiliki peran sebagai salah satu zat gizi makro. Beberapa unsur pembentuk protein terdiri dari Hidrogen (H), Karbon (C), Oksigen (O) dan juga Nitrogen (N).

Hal tersebut yang membuat protein memiliki peran penting dalam pembentukan dan juga perbaikan berbagai jaringan di tubuh. Selain itu, protein juga berfungsi untuk sumber energi yang berguna saat Anda melakukan aktivitas fisik.

Tidak hanya itu, manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi yaitu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena protein tinggi yang dikonsumsi dapat membantu pertumbuhan sel-sel yang membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Bahan Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Ada beberapa bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan bisa Anda konsumsi setiap harinya sesuai kebutuhan. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja bahan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi.

1. Tahu

Rekomendasi bahan makanan yang mengandung protein tinggi pertama yaitu tahu. Tahu merupakan sumber protein yang tergolong cukup terjangkau untuk semua kalangan bahkan para pelajar dan mahasiswa.

Sumber protein yang satu ini memiliki kandungan protein nabati karena terbuat dari kedelai. Satu buah tahu memiliki kandungan protein sekitar 8 gram dengan kalori sebesar 76 kcal. Sumber protein nabati tidak hanya bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi tahu saja, tetapi juga bisa didapatkan dari tempe, brokoli dan bayam.

2. Kacang Tanah

Selanjutnya, bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan banyak disukai oleh masyarakat yaitu kacang tanah. Kacang tanah adalah salah satu sumber protein yang berasal dari kacang-kacangan dan banyak dijadikan sebagai cemilan.

Selain dijadikan sebagai cemilan, kacang tanah juga bisa dengan mudah Anda temukan dalam bentuk saos maupun bumbu pada makanan berat. Seperti halnya bumbu pada gado-gado, pecel dan juga ketoprak.

Tidak hanya memiliki kandungan protein yang tinggi, kacang tanah juga memiliki kandungan magnesium dan juga serat. Sehingga baik untuk kesehatan terutama perannya dalam mencegah penyakit seperti penyakit stroke dan jantung.

Bahan makanan jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi tidak hanya bisa Anda temukan di kacang tanah saja. Tetapi juga bisa ditemukan pada jenis kacang-kacangan yang lain seperti kacang polong, edamame dan kacang almond.

3. Ikan Tuna

Kemudian, Anda juga bisa mendapatkan makanan yang mengandung protein tinggi dengan mengonsumsi ikan tuna. Bahkan, ikan tuna tidak hanya memiliki kandungan protein saja tetapi juga dilengkapi dengan asam amino dan omega-3 yang bagus untuk kesehatan.

Pada 150 gram ikan tuna, Anda bisa mendapatkan protein hingga 40 gram. Tidak hanya itu, ikan tuna juga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet karena rendah lemak dan kalori. Kalori dalam 150 gram ikan tuna hanya sebesar 157 kcal.

4. Daging Sapi

Bahan makanan dengan kandungan protein yang tinggi juga bisa Anda dapatkan dari daging sapi. Daging sapi merupakan sumber protein yang mudah Anda temukan di mana saja bahkan tersedia dalam beberapa jenis hidangan yang menarik.

Seberat 85 ons daging sapi, Anda bisa mendapatkan protein sekitar 22 gram dan juga 184 kcal. Tidak hanya itu, daging sapi juga dipercaya dapat mencegah anemia dan meningkatkan imunitas tubuh karena memiliki kandungan zat besi dan vitamin B12.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan cara pengolahan daging sapi agar kandungan didalamnya tidak banyak berkurang. Hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi bahan makanan daging sapi untuk membuat steak seperti di hotel dari produk Holycow.

Anda juga bisa mendapatkan daging steak dari Holycow lebih mudah dengan mengunjungi website resmi di URL https://www.holycowsteak.com/blogs/story/12-makanan-yang-mengandung-protein-tinggi. Demikian ulasan singkat mengenai makanan yang mengandung protein tinggi, semoga bermanfaat.