Take a fresh look at your lifestyle.

Revitalisasi Visi Misi Sekolah

0 64

Konten Sponsor

Revitalisasi Visi Misi Sekolah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia visi dimaknai sebagai pandangan atau wawasan kedepan. Sedangkan misi adalah tugas yang dirasakan seseorang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya. Sederhananya, visi adalah pandangan (Eng. Vision) dan missi (Eng. Mission) adalah pelaksanaan dari suatu visi.

Kaitannya dengan sekolah, visi dimaknai sebagai wawasan atau pandangan (sebutlah agenda terstruktur) suatu sekolah ke depan. Visi bisa dipandang sebagai warna sekolah yang terlihat oleh masyarakat ke depan. Sedang misi biasanya tindakan- tindakan yang menjadi prinsip sekolah dalam mewujudkan suatu visi.

Sebagai contoh, suatu sekolah memiliki visi menciptakan lingkungan yang agamis maka misi yang bisa diwujudkan adalah melaksanakan shalat berjamaah, membaca doa setiap awal belajar dan membiasakan salam setiap bertemu antar siswa, sesama guru atau guru dengan siswa.

Di sisi lain, para guru, siswa, bahkan kepala sekolah bisa saja tidak hafal atau bahkan tidak mengetahui visi dan misi sekolah. Padahal warna dan gambaran sekolah yang bisa dipandang oleh para siswa atau orang tua siswa selaku masyarakat yang ingin memasukkan anaknya di suatu sekolah bisa jadi atas dasar visi dan misi sekolah yang menarik dan relative mampu membina anaknya menjadi lebih baik. Bagaimana jadinya bila di lain pihak sekolah malah tidak benar- benar mampu mewujudkan atau menjalankan organisiasi sekolah yang searah dengan visi misi sekolah.

Dampak buruk dari tidak memasyarakatnya visi dan misi sekolah, dalam pandangan penulis akan mengakibatkan pada: pertama, kepala sekolah akan gagap dalam melaksanakan tugasnya sebagai pimpinan sekolah. Hal ini berkaitan dengan kemana sekolah akan diarahkan. Kedua, guru akan kurang serius mengarahkan anak- anaknya dalam proses pembelajaran. Mereka akan cenderung monoton pada mata pelajaran yang mereka ampu. Ketiga, siswa pun demikian. Mereka (khususnya di tingkat SLTA) tidak akan menyadari bahwa sekolah mempunyai rencana besar terhadap pengembangan diri mereka. Oleh sebab itu, penting sekali untuk merevitalisasi visi misi sekolah.

Cara Revitalisasi Visi Misi Sekolah

Beberapa hal yang barangkali bisa dilakukan dalam rangka revitalisasi visi misi sekolah dimaksud, diantaranya melalui sosialisasi di awal masa orientasi siswa dan mengingatkan kembali kepada setiap warga sekolah, baik guru, staff, dan karyawan. yang dilakukan di awal atau tengah tahun pelajaran. Seiring dengan perkembangan dan realita sosial kekinian maka, visi dan misi sekolah bukanlah hal yang sakral yang tidak bisa diubah. Ia bisa direvisi demi kemajuan pendidikan di sekolah tersebut dimasa yang akan datang.

Lebih jauh, misi yang menjadi indikator pelaksanaan visi harus searah dengan program- program sekolah yang diramu dalam program kerja tahunan. Sehingga, masyarakat mampu mengontrol sekaligus memberi masukan jika program- program sekolah tidak searah dengan visi mis yang hendak dikembangkan. Semoga semua ini menjadi jalan terbaik atau golden bridge, jika mengambil istilah Prof. Dedi Djubaedi dalam memulai atau merevisi kembali langkah kita para guru dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Oleh: Moch. Iim Muhaimin, S.Pd.I

(Guru MAN Cigugur Kuningan)