Revolusi Pendidikan Indonesia Untuk Masa Depan Bangsa

1 197

Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh tiga hal, yakni: pendidikan, ekonomi, dan kesehatan. Dewasa ini, sekolah digunakan hanya untuk meneguhkan gaya hidup. Sekolah hanya perlu untuk gengsi agar mudah bergaul dan tentunya banyak relasi, begitu kata Iwan Fals. Sekarang banyak orang bersekolah hanya demi sesuatu yang bersifat materi, uang, dan kedudukan, bukan kearifan. Tujuan yang hendak dicapai adalah bagaimana mereka mampu mendapatkan bongkahan batu untuk membangun rumah megah. Bagaimana cara bergaul untuk menduduki kursi hangat dan basah.

Dalam pandangan penulis, konsep pendidikan yang di tawarkan Ki Hadjar Dewantara sesungguhnya belum terimplementasikan secara optimal. Pendidikan memerdekakan yang meletakkan dasar – dasar pendidikan bangsa untuk bertransformasi dari Negara terjajah menjadi Negara merdeka.

Pendidikan merupakan proses transformasi nilai ilmu pengetahuan. Output proses pendidikan akan menjadikan peserta didik mampu memahami nilai- nilai dimkasud sesuai dengan apa yang di pelajari bersama para pendidiknya. Nilai yang ada dalam ilmu pengetahuan ini akan menjadikan manusia- manusia teratur dalam menjalani hidup. Manusia jenis ini akan lebih bermanfa’at bagi nusa, bangsa, dan agama.

Dalam pengembangannya, peserta didik harus mampu membebaskan diri dari segala belenggu yang membayangi fikirannya. Mengapa? Karena tanpa kebebasan, setiap peserta didik tidak mungkin dapat mengembangkan potensi dan kemampuannya untuk bangsa yang lebih baik.

Tunas Bangsa Berpotensi Menumbuhkan Pendidikan Indonesia

Penulis beranggapan bahwa harapan terbesar bangsa ini berada pada dunia pendidikan. Harapan dimaksud bukan karena banyak terdapat guru-guru yang handal. Bukan pula karena banyak ilmuan-ilmuan masyhur. Bukan juga karena bangunan- bangunan sekolah yang megah. Harapan itu ada karena ternyata masih ada tunas- tunas muda bangsa yang masih berpotensi menumbuhkan nilai- nilai etis bangsa ini. Mereka adalah tunas penerus bangsa yang akan mengguncangkan dunia. Mereka akan tumbuh menjadi manusia- manusia yang dapat mengharumkan nama bangsa.

Hal ini akan terwujud dengan upaya meningkatkan mutu pendidikan. Inisiatif, keuletan, dan disiplin adalah nilai- nilai yang menjadi bagian dari kapasitas seseorang untuk berkarya dalam berbagai dimensi kehidupan. Maka, berikan semua itu pada pendidikan Indonesia. Berikan pula kebebasan kepada tunas bangsa, jangan kebiri pemikiran tunas bangsa kita.

Pendidikan yang membebaskan merupakan sarana bagi peserta didik untuk mengekspresikan pemikiran mereka agar memiliki wawasan yang tak terbatas dan tidak di batasi. Pendidikan yang memerdekakan merupakan bagian penting untuk mengubah budaya bangsa yang terjajah untuk mampu berdiri sendiri dan ikut mendisain globalisasi. Jiwa- jiwa muda yang berani, cinta tanah air, gemar berkarya, cerdas intelektual, dan baik budi pekerti. Jiwa- jiwa yang seperti inilah yang harus di cetak oleh pendidikan kita hari ini.

Semoga semua elemen bangsa segera mengerti dan memahami keadaan. Secepatnya sadar akan pentingnya sebuah nilai yang tertanam dalam proses pendidikan kita. Berfikir dan bertindak demi sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Semoga bermanfaat…!! ** (Iwan Ridwan Maulana)

  1. Muhamad Farhan berkata

    saya sangat setuju dengan 3 hal utama untuk memajukan Bangsa ini, yaitu Pendidikan, Ekonomi, dan Kesehatan. dari ketiga ini sangatlah penting bagi kita penerus Bangsa dalam Revolusi Pendidikan Indonesia Masa Depan, maka dengan begitu kita sebagai Bangsa Indonesia akan siap menghadapi apapun seperti Globalisasi dan MEA.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.