Inspirasi Tanpa Batas

“Romantisme Berorganisasi” Pentingnya Sikap Masa Bodoh

0 158

Dunia organisasi sudah tak asing lagi didengar oleh telinga kita. Apalagi di tataran perguruan tinggi di seluruh penjuru negri ibu pertiwi ini. Hakikatnya organisasi secara langsung maupun tidak langsung, sudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja di aktivitas sehari-hari, kita tidak secara langsung mengaplikasikannya.  Makna organisasi dalam sudut pandang dan pengertiannya yaitu wadah atau perkumpulan sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama. Atau juga dapat diartikan organisasi sebagai pola hubungan beberapa orang yang memiliki pengarah management untuk suatu tujuan yang sama.

Perkembangan pola pikir setiap individu manusia, sangatlah pesat dalam memanfaatkan organisasi. Ini sangat terlihat khusunya di Indonesia. banyak sekali organisasi-organisasi yang berkembang di tataran masyrakat, mulai dari LSM, ormas-ormas dan juga ormawa. Seiring perkembangan zaman, organisasi mulai terlihat dalam setiap pergerakan di moment-momentum tertentu. Nah, penulis sendiri ingin mendedikasikan satu trik jitu untuk kita tetap exsis dalam pergerakan organisasi. Trik ini tidak serta merta di dedikasikan tanpa maksud tertentu,  atau hanya sebuah analisis peristiwa sebelumnya.

Ada sebuah kejanggalan terjadi di salah satu daerah yang terdapat banyak sekali nama organisasi yang berkembang pesat, Namun kebanyakan pergerakan dan culture organisasi tersebut identik dengan yang terjadi hari ini. Yaitu sebuah organisasi yang di bangun hanya bermuatan politik saja. Minim Sumber daya manusianya, sebut saja mereka sebagai anggota atau yang lebih trennya disebut aktivis. Sangat terlihat mana saja anggota aktif dan anggota yang kurang aktif. Fenomena tersebut memicu penulis untuk mulai melakukan penelitian sederhana.

Penelitiaan yang di gunakan hanya menggunakan metode wawancara ke stiap anggota atau aktivis tersebut, wawancara fokus pada satu pembahasan panjang tentang ‘’kenapa aktivis hari ini terlalu apatis di internalnya sendiri?. Jawaban dari bebrapa anggota hampir seragam yaitu cenderung malas karena terlalu dicurigai oleh sesama anggotanya . Hakikatnya yang dilakukan aktivis adalah sebuah perjuangan dan pengabdian. Namun lain cerita ketika sesama anggota sendiri selalu mencurigai gerak langkah dengan dalih bahwa bermodus kepentingan atau berpolitis yang menjurus pada ’’ menjual ‘’ organisasi untuk kepentingan pribadi, ya itu lah faktanya dalam sebuah prasangka.

Cara Ampuh Berperan Aktif Dalam Pergerakan

Isu inilah yang berkembang diinternal organisasi pada umumnya. Ternyata dalam satu wadah pun kita sudah mengalami krisis kepercayaan. Krisis kepercayaan dalam organisasi. Meliahat fenomena dalam organisasi tersebut, penulis akhirnya menarik satu benang merah dari segelumit permasalahan pelik organisasi masa kini. Sebuah solusi dalam bersikap agar kita sebagai anggota tetap eksis dan berperan aktif membesarkan organisasinya, yaitu sikap “masa bodoh”.

Konteks dalam pengertian “masa bodoh” bukanlah acuh tak acuh yang memiliki makna malas atau condong pada  sikap apatis. Namun masa bodo disini ialah,  sikap tidak peduli dengan segala prasangka dari tuduhan apapun yang muncul dari semua pihak atau bahkan kawan seperjuangan yang beda irisan yang mengeluarkan statmen setiap langkah gerak kita.

Memang tidak mudah menanamkan sikap ini pada diri kita, karena tidak dipungkiri bahwa kita pun terkadang muak dan kesal bila ada yang selalu mencemooh dengan statement-statement negative, padahal kita tidak pernah melakukan hal tersebut. Pondasi yang tepat untuk menanamkan sikap masa bodo ialah kembali pada tujuan organisasi, perjuangan untuk sebuah pengabdian dengan bekal ketulusan untuk mencapai tujuan organisasi dan ibadah kepada ilahi. Bangkitkan kembali jiwa organisatoris, bergerak bukan untuk menjilat, tetapi untuk sebuah keyakinan dan usaha agar sampai pada tujuan yang mulia. sederhananya, memupuk jiwa sosoial dengan berorganisasi. Tanamkan sikap masa bodo ketika menghadapi situasi negative dari teman. Tetaplah pada tujuan organisasi yang sedang didalami.***Apamdi Galapagos


apandi-galapagos

Tentang Penulis Puisi

Anak muda yang satu ini bernama lengkap Ade Aspandi, Yang akrab disapa Apandi Galapagos. Lahir di wonosobo pada tanggal 20 juni 1993, ia menjalankan masa kanak-kanaknya di lampung. Beranjak dewasa ia merantau ke tanah sebrang di Cirebon jawa barat. Hinga gelar sarjana ia dapat bahkan jodohpun ia dapatkan di negri rantau nya, dalam hidup nya ia hanya tau tentang perjuangan karena hidup adalah sebuah perjuangan, pada prinsipnya setiap orang memiliki potensi hanya saja mampukah orang tersebut membuka cakrawala berfikirnya untuk mengembangkan potensinya, namun ingat, ‘’,hidup itu tak semudah kata motivator bayaran , maka teruslah bergerak, sebentar saja kau berhenti berarti kau mati’’

Komentar
Memuat...