Sahur Cerdas dengan Memilih Makanan kaya Energy Yang Bisa Menunda Lapar Saat berpuasa

Sahur Cerdas dengan Memilih Makanan kaya Energy Yang Bisa Menunda Lapar Saat berpuasa
0 17

Meski kita puasa seharian, tapi kita tetap butuh energi untuk menjalankan berbagai aktivitas kita. Itulah bagian dan fungsinya sahur, yang merupakan sumber energi untuk menjalankan aktivitas saat berpuasa. Saat sahur, kadang kita kita tidak sadar, bahwa ada banyak makanan yang mengandung banyak energy yang baik untuk bekal puasa.

Meski sahur hukumnya sunat, tapi sahur merupakan rutinitas ketika menjalankan ibadah puasa, baik puasa sunat ataupun puasa wajib di bulan suci Ramadan.

Nah untuk mengawal aktivitas yang tentu butuh banyak energy, Apa saja menu sahurnya yang mengandung banyak energy? Berikut ini 5 Makanan kaya energy Yang Bisa Menunda Lapar saat berpuasa:

Menu Telur

Menu Ini merupakan makanan yang paling disarankan untuk dikonsumsi saat sahur. Selain bergizi dan tinggi protein, telur juga mudah diolah jadi beragam menu yang sedap.

Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak serat yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Buah ibi juga baik untuk menurunkan berat badan. Bukan cuma itu, alpukat juga bisa mengurangi lonjakan gula darah. Cara penyajiannya yang mudah, bisa langsung di makan, juga bisa dimakan sebagai menu penutup.

Ubi Jalar

Ubi jalar sangat kaya serat dan potassium, ubi ini juga mengandung antioksidan tinggi serta sarat dengan vitamin A dan C, yang membantu melindungi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan, kandungan biotinnya dikenal dapat menguatkan rambut dan kuku. Ubi Jalar juga sangat mudah di olah jadi salah satu menu dalam hidangan berbuka maupun sahur anda.

Kue muffins

Kue terbuat dari bahan yang mengandung gandumtapioka yang  tinggi akan serat. Bukan cuma membuat rasa kenyang lebih tahan lama, kue bisa jadi sumber energi untuk menjalani puasa seharian. Lebih hemat dan bagus kalo kue muffinnya kita buat sendiri jadi bisa kita padu padankan untuk toppingnya.Yoghurt

Yoghurt

yoghurt sangat cocok banget dikonsumsi waktu sahur. Mengapa? karena yoghurt mengandung probiotik dan protein yang ternyata lebih tinggi dari susu. Manfaatnya emang banyak, Selain membuat kenyang lebih lama, juga rendah karbohidrat dan membantu meminimalisir rasa haus saat berpuasa.

Selai kacang

Ternyata selai kacang memiiki banyak manfaat. Yupz selai kacang ini mengandung protein yang tinggi dan bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Apalagi dalam selai kacang memiiki kandungan minyak sehat  yang bisa menurukan berat badan dan diabetes.

Nah, jadi manfaatkan sahur cerdas dengan mengonsumsi yang mengandung banyak energi, jika memang aktivitas kita padat. Dengan begitu, selain tidak cepat lapar, kita juga dapat mencegah penyakit metabolic sindrom, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu keberhasilan diet dan menjadi lebih awet muda dari sahur yang kita lakukan.[aL]

Komentar
Memuat...