Connect with us

Inspirasi

Sandiaga Uno dan Politik Indonesia

Cecep Sumarna

Published

on

Sandiaga Uno dan Politik Indonesia. Sandiaga Salahuddin Uno, umum dipanggil Sandi, boleh bangga dan tampaknya, semakin perkasa dalam kancah politik. Ia tampil dalam deretan politisi, yang sebelumnya mungkin tidak pernah diduga banyak orang.

Saat Prabowo tampaknya bingung memilih pendampingnya, tiba-tiba publik dikejutkan dengan hadirnya Sandi sebagai wakil Prabowo. Tokoh muda besutan Partai Gerindra, saat ini masuk dalam kancah politik nasional, dan menjadi sorotan media pada kelas dunia.  Siapa menduga, kalau Sandi malah menjadi magnet dan menjadi perhatian serius banyak kalangan.

Pria kelahiran Pekanbaru 28 Juni 1969 (49 tahun) ini, adalah pengusaha yang sering menjadi motivator bisnis bagi kalangan muda Indonesia. Ia dikenal sebagai salah satu tokoh kaya Indonesia, setidaknya berada dalam urutan ke 37 berdasarkan hasil kajian majalah Forbes tahun 2011. Total kekayaan yang dia miliki diperkirakan sebesar USS 660 Amerika Serikat.

Sandi, kini mewakili genri kaum milenial Indonesia. Sukses dirinya ketika menjadi pelajar, terlihat dari predikat kesarjanaannya yang memperoleh summa cum laude di Wichita State University, Amerika Serikat. Tidak tanggung-tanggung, IPK yang dia gondol 4,0. Suatu prestasi yang sangat langka.

Kejeniusannya, ia gunakan untuk mengembangkan dunia usaha. Melalui PT. Saratoga Investama Sedaya, berdiritahun 1997, ia menaungi dan melindungi seluruh kehidupannya. Rupanya, bendera perusahaan ini, cukup membuat dirinya sukses, meski dalam perjalanannya pasti berliku.

Dengan bekal jejaring (network) yang baik dengan perusahaan serta lembaga keuangan di dalam dan luar negeri, Sandi akhirnya sukses menjalankan bisnisnya. Inilah bekal penting dirinya, membawa gagasannya ke ranah kaum milineal sekarang.

Mantan ketua umum Himpunan pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), tahun 2005-2008, rupanya pernah juga didaulat menjadi Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sejak 2004 sampai sekarang.

Sandiaga Uno Berprespektif

Apa yang menarik dari Sandi Uno dalam konstalasi politik Jakarta dan Indonesia hari ini? Saya melihatnya, Uno cukup cerdas menampilkan dan mencitrakan dirinya sebagai sosok yang lembut.

Ia menampilkan suatu gejala baru yang tampaknya mengambil sikap versus dengan model dan kepemimpinan yang ditunjukkan atau ditampilkan Ahok di satu sisi, dan Ma’ruf Amin atau bahkan Jokowie.  Karena itu, menjadi dapat dimengerti kalau kemudian ia menjadi idola baru, meski belum pasti ia memenangkan pertarungan di pentas politik nasional. Tetapi fakta, bahwa arah angin perubahan itu, justru tersembul dari dirinya.

Aspek lain yang menarik dari Sandi Uno adalah, ia mampu melingkar dalam partai politik yang cenderung bersebrangan dengan partai pengusungnya. Bayangkan, jika pertemuan kemarin antara Uno dengan pimpinan daerah Jakarta PDIP, melambangkan pertemuan itu sebagai sikap DPP PDIP, hal itu tentu menunjukkan bahwa Uno diterima di partai ini.

Jika itu benar-benar terjadi, maka, berarti dia secara bersama mampu mendudukan tiga kekuatan partai politik yang tampak bersebrangan, yakni Gerindra, PKS dan PDIP dalam satu kutub yang sama, yakni versus Ahok. Jika ini, benar-benar mampu ditampilkan Uno, maka, tokoh ini layak disandingkan sebagai figure berspersfektif masa depan. **lyceumid