Sasaran, Program dan Desain Rumah Pintar

0 128

Rumah pintar yang merupakan salah satu implementasi pengembangan program besar pemerintah yakni Indonesia Pintar yang menyertai program sebelumnya yaitu “Mobil Pintar” adalah termasuk pada pendidikan nonformal. Sebagaimana pendidikan nonformal lainya tidak terlalu terikat oleh peraturan-peraturan formal. Karenanya model pendidikan ini dalam pengembangannya tetap mengacu pada prinsip- prinsip dasar pendidikan. Lalu, bagaimana sasaran, program dan desain rumah pintar? Tulisan ini akan berupaya mengelaborasi beberapa aspek pada program dimaksud, yaitu:

Sasaran Program

Sasaran program Rumah Pintar adalah pada warga masyarakat yang bermukim di wilayah padat penduduk dan prasejahtera, daerah perbatasan, daerah high migration, daerah konflik, daerah bencana, daerah buta aksara tinggi dan di lokasi yang pernah mendapat pelayanan Mobil Pintar, dan Motor Pintar yang sasarannya terdiri dari:

  1. Anak usia dini ( 4 – 9 tahun)
  2. Remaja (10 – 17 tahun)
  3. Ibu dari peserta anak usia dini
  4. Anggota masyarakat secara keseluruhan

Program Layanan

Program layanan, program pembelajaran, pengembangan program dan recruitment, training, administrasi dan manajemen konsen pada pengurusan aspek:

  1. Layanan pembelajaran  bagi anak 4 – 9 tahun
  2. Layanan pengembangan life skill bagi remaja dan ibu produktif
  3. Layanan perpustakaan bagi warga masyarakat
  4. Layanan edukasi pengasuhan dan kesehatan bagi kaum ibu.

Mekanisme Pelayanan

  1. Dibuat dalam 2 kategori yaitu: Anak dan orang dewasa (Ibu-ibu, remaja dll):
  2. Peserta datang, di daftar oleh tutor.
  3. Memberikan peserta kesempatan untuk bereksplorasi sejenak, sambil menunggu teman-temannya.
  4. Tutor memberikan arahan dan bimbingan
  5. Peserta memilih sentra sesuai dengan minatnya.

Ketenagaan

Dalam pengelolaan Rumah Pintar, personal yang dibutuhkan adalah Pengelola, Staf administrasi dan Tutor. Tutor memegang peranan yang sangat penting untuk progresivitas layanan terhadap masyarakat terutama dalam aspek pembelajaran. Karenanya, akan ideal jika mereka memiliki kualifikasi pendidikan yang memadai dan relevan (Sarjana Pendidikan), memiliki kemampuan mengoperasikan program komputer,  bersedia bekerja full time, mampu bekerja sama dalam tim, menyenangi dunia anak, dan memiliki kepribadian menarik.

Kriteria tersebut dirasa penting dalam upaya menjalankan tugasnya yang tidak ringan yaitu:

  1. Merencanakan proses pembelajaran
  2. Mengelola kegiatan pembelajaran
  3. Melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran
  4. Bertanggungjawab terhadap kondisi rumah dan peralatan.
  5. Memeriksa dan memelihara koleksi buku, CD  dan peralatan pendukung seperti: komputer, TV, CD Player.
  6. Mengawasi dan merawat rumah dan peralatannya selama kegiatan berlangsung.

Sarana

Sarana yang harus tersedia berupa buku-buku, program VCD, program CD Interaktif, alat permainan edukatif APE, peralatan elektronik, lokasi dan pengoperasian, penyimpanan, perawatan dan perbaikan peralatan. Secara lebih rinci pengembangan sarana bisa disiapkan seperti berikut:

  1. Sarana dalam Rumah Pintar berorientasi pada program pembelajaran untuk mengoptimalkan potensi Multiple Intelligence dan
  2. Kegiatan anak yang dapat difasilitasi menggunakan Rumah Pintar meliputi : Membaca buku, membaca dan menonton secara interaktif melalui layar komputer, menonton VCD secara pasif melalui layar monitor, bermain dengan berbagai alat permainan, bermain
  3. Sarana dikelompokkan menjadi 4 berdasarkan  jenis: 1). Buku (literasi), 2) CD Interaktif menggunakan program komputer, 3) Alat Permainan Edukatif, 4) Panggung Mini bersama dengan program VCD
  4. Interior rumah dibagi menjadi beberapa ruangan seperti, ruang utama, ruang untuk sentra dan  ruang untuk administrasi

Desain Ruangan Rumah Pintar

Desain ruangan disesuaikan dengan kebutuhan program masing-masing dan kondisi ruangan yang tersedia. Dalam ruang belajar, bisa didesain dalam bentuk sentra-sentra seperti:

  • Sentra Buku

Sentra ini merupakan fasilitas utama dimana anak bisa membaca buku-buku yang bermanfaat. Buku-buku yang disediakan bisa berupa buku pelajaran, buku pengetahuan umum, buku cerita dan sebagaainya. Dengan tersedianya buku-buku yang lengkap sesuai keperluan pembaca, diharapkan bisa tumbuh kegemaran membaca dan kesadaran untuk mencari pengetahuan. Dari sini juga,  anak-anak dapat menemukan dan mengembangkan konsep diri serta mengasah kemampuan bahasa lisan ataupun tulisan.

  • Sentra Komputer

Sentra komputer ini untuk mengenalkan teknologi informasi. Program belajar computer bisa dirancang dengan program yang mudah dan menyenangkan. Hal ini akan menjadi solusi  dan media alternatif untuk meningkat SDM dalam penguasaan teknologi komputer sehingga bisa mempersiapkan SDM yang mengenal teknologi di tengah kompetisi global.

  • Sentra Alat Permainan (APE)

Dalam menyediakan ruang dan tempat bermain perlu memperhatikan tempat bermain yang dapat membantu pengembangan dimensi perkembangan anak secara seimbang. Tempat bermain anak memerlukan ruang  untuk kegiatan kesenian, pengembangan kemampuan ilmu pengetahuan alam, pengembangan bahasa, bermain music, bermain drama, membangun atau menyusun balok-balok, bermain dengan alat-alat permainan dan game, puzzle, bermain pertukangan, pasir dan lain-lain.

Bahan dan peralatan yang disediakan hendaknya merupakan sumber belajar yang dapat membantu mengembangkan seluruh dimensi perkembangan anak, yaitu bagi perkembangan motorik, kognitif, kreativitas, bahasa, sosial dan perkembangan emosional anak.

  • Sentra Audio Visual (Panggung) & VCD

Sentra ini merupakan penguatan terhadap kemampuan anak untuk mengenal teknologi.  Di sentra ini disediakan perangkat computer dengan program  Design Grafis, Ms. Office (Ms. Word, Ms. Excel, Paint, Access), Power Point dan Internet (untuk menjelajah pengetahuan dalam dunia maya).

  • Sentra karya nyata: Sentra pemberdayaan content lokal/ life skill

Sentra ini memungkinkan setiap siswa bisa membuat kreasi-kreasi sederhana sesuai dengan kemampuan dan lingkungan dimana anak berasal dan lokasi Rumah Pintar berada. Kreasi anak bisa dibuat dalam kerangka memperkenalkan budaya dan produk lokal (daerahnya). *** Wawan Ahmad Ridwan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.