Take a fresh look at your lifestyle.

Sejarah Awal Masuknya Islam ke Benua Afrika

0 2.390

Masuknya islam ke benua Afrika melalui jalur peperangan yang dilakukan oleh pasukan Amr bin Ash pada tahun 640 M. Pasukan Amr bin Ash masuk ke Afrika menggunakan jalur Mesir yang pada saat itu mesir dan Afrika tengah dikuasai Kerajaan Byzantium, Romawi.

Tempat pertama yang dilewati pasukan Amr bin Ash adalah Al-Arisy. Di tempat tersebut pasukan Amr bin Ash masih belum mendapatkan perlawanan.

Kemudian Pasukan Amr bin Ash masuk ke daerah al-Farma, yang merupakan pintu masuk menuju Mesir. Dari sini mulai timbul beberapa perlawanan. Sampai satu bulan kemudian, al-Farma baru bisa ditaklukan pasukan Amr bin Ash.

Penaklukan kota al-Farma ternyata mempermudah pasukan Amr bin Ash dalam menaklukan daerah-daerah lainnya, seperti Kota Blibis, Tendosius, Ainu Syam. Tak hanya beberapa tempat strategis menuju Afrika yang bisa ditaklukan pasukan Amr bin Ash, ternyata Benteng Babil yang dipertahankan pasukan Muqauqis mampu diterjangnya dengan baik.

Di benteng Babil pasukan Amr bin Ash menyerang pasukan Muqauqis dengan bantuan Zubair bin Awwan, Mekkad bin Aswad, bersama 4000 pasukan Muqauqis. Sehingga kemenanganpun diperoleh umat Islam.

Sebelum kekuasaan kerajaan Muqauqis berakhir dan beralih ketangan Islam. Pada tahun 642 M pasukan Muqauqis mengadakan perdamaian dengan Amr bin Ash.

Kemenangan-kemenangan Islam tersebut, menandakan zaman kebebasan beragama dimulai. Meningat sebelumnya, Masyarakat Afrika yang tidak sama keyakinan dengan penguasa Romawi pasti akan di perlakukan dengan semena-mena. Seperti disiksa dan dibunuh.

Periode Agama Islam di Afrika

  1. Periode pertama Islam datang ke Afrika disambut baik masyarakat setempat. Sehingga tidak sedikit masyarakat Afrika yang rela berpindah keyakinan menjadi seorang muslim.
  2. Pada masa kekuasaan Islam di Afrika, masyarakat Afrika memperoleh keadilan yang telah sekian lama mereka nantikan.
  3. Periode perlawanan dari Kristen terhadap Islam. Pada periode ini, Umat Kristen banyak melakukan perlawanan terutama dari Bangsa Berber. Tetapi Umat Islam mampu melewatinya dengan sempurna. Bisa dilihat ketika, 300.000 Bangsa Berber dijadikan tawanan umat Islam. Selain dari Bangsa Berber, umat Islam juga mendapatkan perlawanan dari Bangsa Abysinia dan lagi lagi, Umat Islam memperoleh kemenangan. Kemenangan Umat Islam atas perlawanan Bangsa Abysinia tersebut, terjadi tidak lain karena bantuan dari Kerajaan Murobitun dan Muwahidun.

Sumber : Berbagai Sumber

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar