Take a fresh look at your lifestyle.

Sejarah Dibalik Penetapan Hari Minggu Libur Di Indonesia

0 34

Sepele memang, jika kita bertanya mengapa hari minggu libur? Jawabanya pun sangat beragam. Tentu dengan alasan tersendiri dan dengan sejarah yang ia tahu. Seperti yang sudah diketahu, tiap negara memiliki hari liburnya masing-masing, sesuai dengan yang di tetapkan pemerintahnya. Contoh kecilnya kawasan Timur Tengah Mayoritas Negar-negaranya menggunakan hari Jumat sebagai hari libur mereka, seperti Negara Arab Saudi, Yaman, Oman dan lain-lain.

Mengapa hari Jumat yang di pilih? Alasannya, hari Jumat dianggap sebagai hari baik, tentu karena mayoritas kawasan timur tengah negara Islam dan bagi umat muslim hari Jumat harinya untuk beribadah. Dengan liburnya aktivitas di hari Jumat, masyarakat Arab Saudi yang mayoritas muslim memiliki banyak waktu untuk melakukan shalat Jumat dan ibadah lainnya secara total. Berbeda lagi dengan bangsa Yahudi di Negara Israel. Negara tersebut menetapkan hari Sabtu sebagai hari libur, alasanya pun sama lantaran hari Sabtu merupakan hari ibadah bagi mereka.

Bangsa Romawi Pencetus Hari Minggu Sebagai Hari Libur

Jika kita telisik lebih dalam mengapa hari Minggu di jadikan hari libur, maka kita harus sedikit ke Eropa, yupz sejarah awalnya yaitu dari bangsa Romawi. Dahulu, bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara di wilayah Eropa. Kekuasaan Bangsa romawi tersebut sampai ke Negara Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan ke Eropa timur bahkan Asia dan Afrika.

Nah sejak masa itu, bangsa Romawi Kuno sudah memiliki keyakinan bahwa hari Minggu merupakan hari yang baik untuk beribadah. Sehingga mereka meliburkan segala aktivitasnya pada hari Minggu. Bangsa romawi yang kuat tersebut, menancapkan pengaruh pada negara-negara jajahanya melalui agama Keristen. Dan lahirnya hari minggu sebagai hari libur tidak lepas dari bangsa romawi dan Agama Kristen yang menyebar luas di mayoritas negara di Dunia.

Bukan hanya itu, Bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan lain, Yaitu selalu menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah. Pengaruh ini kemudian menyebar pula ke wilayah-wilayah kekuasaan bangsa Romawi tesebut. inilah jawaban mengapa kalau libur ditandai dengan warna merah.

Penjajahan Bangsa Eropa Berabad-Abad di Indonesia awal Mula Penetapan Hari Minggu Libur

Pertanyaanya Lalu, mengapa di Negara Indonesia hari Minggu yang dijadikan hari libur? perlu kita tahu, bahwa hari Minggu sebagai hari libur sebenarnya tidak hanya berlaku di Negara Indonesia saja, tetapi mayoritas negara di dunia menggunakan hari terebut sebagai hari libur.

Seperti Bangsa Romawi, Negara-negara yang menjajah indonesia Seperti Portugis (Portugal), Belanda, spayol  dan Inggris memiliki pengaruh yang kuat atas terlahirnya hal ini. Berabad-abad menjajah dan menguasai Indonesia tentu mereka ikut meyebarkan paham tersebut yang notabene mereka pun dahulu dipengaruhi bangsa Romawi. Karena bangsa penjajah tidak kesulitan mengawasi pekerja karena harus ibadah. Maka sejak saat itu, hari Minggu pun ditetapkan sebagai hari libur bagi para pekerja Indonesia. Alhasil, tradisi libur di hari Minggu terus dipertahankan dan berlaku hingga kini. [al/dari berbagai Sumber]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar