Sejarah GoodYear Yang Berawal Dari Modal Pinjaman

0 29

Sejarah GoodYear Yang Berawal Dari Modal Pinjaman – Jika kita menoleh ke belakang, pendirian The Goodyear Tire & Rubber Company pada tahun 1898 memang luar biasa. Pendirinya, Frank Seiberling, membeli pabrik pertama untuk perusahaan ini dengan uang pembayaran pertama sebesar US$ 3.500. Dia meminjam uang tersebut dari salah seorang iparnya. Karet dan juga kapuk yang menjadi bahan utama di industri ban harus didatangkan dari tempat-tempat yang jaraknya separuh dunia, untuk kemudian dibawa ke kota kecil yang tidak memiliki pelabuhan laut serta hanya mempunyai akses yang terbatas ke transportasi rel.

Penemu Teknik Vulkanisasi

Charles Goodyear
Charles Goodyear

Bahkan pria, yang namanya diabadikan oleh perusahaan ini. Charles Goodyear, telah meninggal 30 tahun sebelumnya dalam keadaan saat bangkrut walaupun dia adalah penemu teknik vulkanisasi melalui pencarian yang panjang dan berani.

Namun demikian, waktunya tepat. Di tahun 1890-an, sepeda menjadi sangatlah populer. Kereta tanpa kuda, yang disebut oleh sebagian orang dengan julukan automobile, mulai merebak. Periode depresi di tahun 1893 mulai berakhir. Jadi, pada tanggal 29 Agustus 1898, Goodyear didirikan dengan modal saham sebesar US$ 100.000.

David Hill, yang membeli saham sebesar US$ 30.000, menjadi direktur yang pertama. Namun, adalah Frank Seiberling, sang pendiri yang visioner dan pekerja keras itulah yang memilih nama serta menetapkan logo kaki yang bersayap yang sampai saat ini tetap menjadi bagian integral dari lambang Goodyear. Logo ini mencerminkan keterikatan Goodyear pada sejarah masa lampaunya.

Ada hal lain yang menarik tentang tahun-tahun awal yang legendaris ini, sesuatu yang sukar digambarkan tetapi nyata. Sesuatu tentang orang-orangnya. Orang-orang seperti Frank Seilberling, yang sebenarnya berusaha melikuidasi properti milik keluarganya di tahun 1898. Ketika dia mendapat kesempatan yang tidak ada duanya untuk membeli dengan harga murah tanah seluas tujuh are yang kemudian menjadi basis Goodyear.

Selain itu ada orang seperti George Stadelman, pria yang selalu menghindari keramaian dan tidak pernah berpidato. Tetapi memiliki integritas dan visi jauh ke depan dan memimpin penjualan Goodyear melalui masa-masa kritis sepanjang 20 tahun. Akhirnya ada Paul Litchfield, yang melalui keyakinannya serta kepemimpinannya membantu mengilhami pengembangan Goodyear selama hampir enam dasawarsa.

Dengan hanya 13 karyawan, produksi Goodyear dimulai pada tanggal 21 Nopember 1898, dengan lini produk ban-ban sepeda dan kereta, tapak kuda dan seolah-olah mencerminkan pertaruhan yang diambil Seiberling, chip-chip untuk bermain poker.

Perusahaan Ban Terbesar di Dunia

Pembayaran gaji pertama yang tercatat berjumlah US$ 217,86 berdasarkan upah waktu itu yang berkisar antara 13 sen hingga 25 sen per jam untuk hari kerja sepanjang 10 jam. Setelah berjalan selama sebulan penuh, penjualan mencapai US$ 8.246. Sejak ban pertama diproduksi di tahun 1898, Goodyear terus mendayung menuju status sebagai perusahaan ban terbesar di dunia. Gelar yang akhirnya diraihnya di tahun 1916 ketika perusahaan ini mengadopsi slogan “Lebih banyak orang yang naik ban-ban Goodyear daripada jenis yang lain.” Perusahaan ini menjadi perusahaan karet terbesar di dunia di tahun 1926.

Kini, penjualan Goodyear melampaui US$ 18 milyar, walaupun perusahaan ini membutuhkan 53 tahun untuk mencapai tonggak satu milyar dolar pertama dalam sejarahnya. Perusahaan saat ini memiliki lebih dari 80.000 karyawan di seluruh dunia. Segalanya dimulai di sebuah pabrik berdinding jerami yang diubah-fungsikan di pinggir sungai Little Cuyahoga di Akron, Ohio. Sepanjang sejarahnya, berbagai prestasi yang menciptakan hal-hal pertama di dunia. Serta berbagai fakta dan angka muncul dan mencerminkan lahirnya sebuah perusahaan besar.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.