Inggris dan Francis Sebagai Pelopor Serjarah Koperasi Dunia

0 186

Berbicara sejarah berarti pikiran kita diingatkan kembali tentang kejadian masa lampau. Menjadikan cermin agar kita bisa mengambil pelajaran baik atau buruk agar masa depan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Seperti tulisan sederhana ini mrupakan  bagian dari mengingat memori masa dulu atas dasar apa yang pernah saya baca dalam salah satu buku Kopersi Membangun dan Membangun Koperasi karya Muhammad Hatta.

Koperasi merupakan kumpulan orang yang mempunyai kepentingan yang sama dan tujuan yang sama. Khususnya demi tercapainya kesejahteraan bersama. Pada mulanya gerakan koperasi dunia dimulai dari revolusi industri di inggris dan di prancis pada abad 18 sampai dengan 19. Kisaran antara tahun 1770 sampai 1789.

Revolusi industri di inggris bermula dari perubahan tenaga pekerja yang perannya di gantikan oleh tenaga mesin, saat itu juga langsung dirasakan dampaknya pada masyarakat dengan banyaknya pengangguran. Sehingga ekonomi rakyat di inggris sangat terpuruk, ekonomi rakyat pun melemah.

Berbeda dengan revolusi industri yang terjadi di prancis. Walaupun sama pada akhirnya berdampak pada kesetabilan ekonomi rakyat. Hanya saja motivnya di prancis atas dasar penguasaan kaum kapital dan ingin menumbangkan raja yang feodalistik. Walau sebenarnya masih tetap sama keadaan masyarakat prancis tidak bisa merasakan dampak yang positif dalam kesejahteraan rakyat.

Negara di eropa mencoba mengembangkan koperasi demi tercapainya kesetabilan perekonomian rakyat. Beberapa negara tersebut adalah Inggris, Prancis, Jerman, dan Swedia. Ke empat negara di eropa ini menjadi pelopor koperasi dunia yang berkembang ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

sejarahtekstil

Inggris Sebagai Pelopor Koprasi Dunia

Pada tahun 1844 di Inggris tepatnya di kota Rochdale berdiri satu lembaga koperasi. Koperasi yang masih sederhana namun pada saat itu koperasi ini dipandang sukses. Dan menjadi tolak ukur berdirinya koperasi-koperasi yang ada di seluruh dunia. Kopersi tersebut selalu menjalankan prinsip-prinsip tentang perkoperasian. Walaupun menurut sebagian sejarah, koperasi ini haya didirikan oleh kurang lebih 28 anggota. 28 orang ini dapat dikatakan pelopor karena jiwa semangat yang mampu di tularkan ke seluruh lapisan masyarakat dunia. Bahwa pada prinsipnya ini semua demi kesejahteraan rakyat.

Beberapa tokoh yang menjadi pelopor atau pendiri koperasi di perancis diantaranya Charles Forier, Louis Blanc dan perdinand Lasalle. Tokoh ini yang peduli terhadap kaum kalangan bawah atas penindasan kaum kapitalis yang menjadi penguasa industri di Francis. Kebanyakan kalangan bawah, itu bekerja sebagai buruh. Ketiga tokoh tersebut mendirikan koperasi dengan Fokus pada wilayah koperasi produksi.

Sedangkan tokoh koperasi yang menjadi pelopor di jerman adalah pejabat pemerintahan se tingkat walikota, beliau adalah F. W. Raieffeisen. Pelopor lainnya adalah seorang hakim di jerman, beliau adalah H. Schulze. Kepedulian walikota terhadap petani menjadikan alsan untuk membuat koperasi tani. Berbeda dengan H. Szchulze, beliau mendirikan kopersi di daerah perkotaan. Koperasi itu bergerak dalam persoalan simpan pinjam.

Kehebatan pelopor koperasi yang ada di swedia bisa membentuk 674 Koperasi. Tokoh yang menjadi pelopor koperasi di swedia adalah Albin Johansen. Dengan jumlah 674 koperasi ini mampu bersaing dengan perusahaan besar yang ada di swedia saat itu. Dan swedia mampu membuktikan kepada Dunia bahwa koperasi mampu mensejahterakan rakyat. Hal itu dapat terjadi Asal tidak keluar dari prinsip-prinsip koperasi.


karim-pamela-3
Karim Pamela

 Karim Pamela lahir pada 14 Juni 1992. Pria keturunan Sunda Jawa ini dilahirkan dari sepasang suami istri Ara Sukmara dan Darti Sugiarti. Semasa aktif di Kampus, dipercaya untuk jadi ketua umum Unit Kegiatan Mahasiswa (Koperasi Mahasiswa IAIN Syeikh Nurjati Cirebon). selain aktif di organisasi internal kampus, Karim Pamela Juga berkiprah di Organisasi eksternal kampus, seperti; Ketua Umum Paguyuban Mahasiswa Priangan Timur periode 2014-2015,  Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cirebon.

Komentar
Memuat...