Inspirasi Tanpa Batas

Setiap Pekerjaan Membutuhkan Seorang Entrepreneur

0 38

Dijelaskan oleh Charles R. Schwabb pada tulisannya di Wallstreetjournal.com, ternyata setiap pekerjaan membutuhkan peran entrepreneur (“every job requires an entrepreneur”). Betapa pentingnya peran entrepreneur juga telah ditekankan oleh pemerintahan AS berkuasa melalui Obama sebelum masa gabungan Kongres tanggal 8 September yang silam, “Akhirnya pemulihan kita akan didorong tidak hanya oleh Washington namun oleh berbagai perusahaan dan juga para pekerja kita.”

Dan begitulah ternyata kenyataannya. Di Indonesia sendiri, usaha kecil menengah dan mikro tidak dapat diremehkan kontribusinya dalam perekonomian nasional. Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia kini mencapai 5,8 persen dan masa datang tumbuh menjadi 6 persen.

Motor Penggerak Perekonomian Suatu Bangsa

Pernyataan Obama terbukti benar. Kita dapat mendorong pemulihan ekonomi dengan memperkokoh kekuatan penciptaan lapangan kerja terutama dari usaha kecil menengah yang menjadi motor penggerak perekonomian suatu bangsa dan pertumbuhan pekerjaan dengan cepat dan juga efisien. Sungguh, inilah cara yang efektif untuk membangkitkan kita dari keterpurukan ekonomi ini.

Tapi dengan melaksanakannya, kita membutuhkan suara yang konsisten tentang kepercayaan diri dalam dunia bisnis. Seluruh usaha , baik dari skala mikro hingga besar, perlu meyakini hal ini. Menaikkan pajak untuk individu yang memiliki kekayaan besar mungkin bukanlah jalan terbaik dalam jangka panjang. Yang lebih baik adalah menemukan akar permasalahan dan cara untuk menyingkirkannya. Kemampuan untuk berpikir dalam kerangka jangka panjang diperlukan di sini, yaitu dengan menyingkirkan disinsentif bagi upaya investasi dalam dunia bisnis.

Sebagian usaha yang bertahan lama didirikan bukanlah pada saat ekonomi sedang dalam masa cerah tetapi justru di masa redup seperti sekarang ini. Namun macam entrepreneur tersebut tidak gentar karena memiliki keyakinan bahwa ekonomi akan membaik pada waktunya nanti. Visinya jelas: Investor pantas mendapatkan lebih dari apa yang sudah ada dari sekarang ini.

Lalu apakah kekuatan potensial dari keyakinan penuh dalam benak entrepreneur seperti ini? Keberhasilan sebuah usaha memiliki efek positif tersendiri bagi perekonomian.

Fakta sederhananya ialah bahwa setiap bisnis di dunia dimulai dari seorang entrepreneur. Entah ia adalah pendiri Ford Motor Co., Google atau pendiri usaha laundry di dekat rumah Anda. Setiap pekerjaan yang diciptakan oleh entrepreneur membutuhkan investasi. Dan pada intinya, investasi membutuhkan kepercayaan yang bisa mengalahkan risiko, membutuhkan kerja keras dan kejelasan aturan main. (dhirga)

Komentar
Memuat...