Home » Bisnis » Keuangan » Sikapi 3 Tahap Pelayanan Untuk Mendambakan EXCELLENT SERVICE

Share This Post

Bisnis / Keuangan

Sikapi 3 Tahap Pelayanan Untuk Mendambakan EXCELLENT SERVICE

Pelayanan prima memiliki tahapan yang pasti. Tahapan pelayanan ini menunjukan masa pelayanan dari awal sampai akhir. Secara umum, pelayanan yang  dilakunan di sebuah perusahaan atau lembaga terdiri dari tiga tahap; pra transaksi, transaksi dan pasca transaksi.

Pelayanan Pra Transaksi

Pelayanan pra transaksi ini merupakan layanan yang diberikan oleh perusahaan atau lembaga sebelum pelanggan melakukan transaksi. Pelayanan pra transaksi ini adalah pelayanan yang dilakukan untuk bagaimana pelanggan dapat hadir dan tertarik dengan prosuk atau jasa yang kita tawarkan. Dalam hal pra transaksi ini sama halnya dengan promosi. Kemampuan sebuah lembaga atau perusahaan untuk mempertahankan keberlangsungannya adalah bagaimana menghadirkan para pelanggan sebanyak mungkin sebagai aset yang akan memberikan kekuatan pada perusahaan atau lembaga.

Hal yang mustahil dalam sebuah perusahaan untuk bisa tiba-tiba mendapatkan pelanggan karena melihat produk yang kita jual. Produk atau jasa yang kita miliki dalam perusahaan atau lembaga tidak akan berarti apa-apa jika tidak kita pasarkan. Oleh karena itu fungsi marketing dalam hal ini sangat penting. Calon pelanggan akan merasa bahwa produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan atau lembaga memiliki aspek manfaat bagi dirinya. Fokus pelayanan pra transaksi ini adalah pada bagaimana membangun kepercayaan kepada calon pelanggan.

Pelayanan pada Masa Transaksi

Pelayanan dalam tahap ini adalah besifat pemertahanan. Bagaimana pelanggan yang berubah dari calon pelanggan tadi dapat dipertahankan untuk tetap menjadi pengguna produk atau jasa yang kita tawarkan. Jangan pernah abaikan kepada pelanggan yang telah dengan sukarela datang ke perusahaan atau ke lembaga kita. Terkadang kita merasa sudah aman ketika pelanggan sudah hadir ke perusahaan atau ke lembaga kita, baik dalam pertemuan langsung ataupun komunikasi via telepon, surat elektronik atau media sosial lainnya. Pelanggan yang sudah muncul harus terus diberikan layanan yang baik, dipahami kebutuhannya, diarahkan untuk memahami produk dan jasa yang kita tawarkan. Jelaskan tentang perusahaan atau lembaga sesuai dengan kebutuhan informasi.

Rekomendasi untuk anda !!   4 Cara Pelayanan sepenuh hati - Excellent Service

Dalam konteks ini, pola komunikasi pertama tentang produk atau jasa yang kita tawarkan harus betul-betul menunjukkan pelayanan spesial bagi pelanggan. Pelanggan pertama yang dengan senang hati datang kepada kita harus disambut dengan layanan yang memuaskan sesuai dengan kebutuhannya. Tidak berlebihan namun tidak pula terkesan menutup-nutupi kekurangan.

 Pasca Transaksi

Layanan pasca transaksi merupakan layanan yang diberikan kepada pelanggan setelah mereka menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan. Dalam hal ini, kita sangat membutuhkan testimoni mereka. Testimoni yang mereka berikan akan menjadi parameter kemajuan perusahaan atau lembaga kita. Kekuatan testimoni pelanggan terhadap masayarakat luas akan memberikan daya promosi luar biasa. Jika dalam masa promosi awal kita sedang membangun persepsi perusahaan atau lembaga kepada publik, maka pada masa ini adalah bagaimana publik menciptakan persepsi yang baik untuk perusahaan atau lembaga kita.

Rekomendasi untuk anda !!   Mungkin Anda Adalah Seorang Mitra Franchise Yang Sukses

Baca Juga : Memahami Karakteristik Pelanggan

Persepsi baik yang dibangun oleh pelanggan harus kita ketahui melalui komentar terhadap pelayanan kita. Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan melalui testimoni itu harus dilakukan secara valid. Hal ini bertujuan agar produk dan jasa yang telah digunakan atau dirasakan oleh pelanggan benar-benar puas adanya. Dengan demikian, jika kepuasan itu sudah perlahan muncul dari pelanggan, maka promosi lembaga atau perusahaan secara perlahan terbantu pula. Kita tidak lagi sendirian dalam melakukan promosi, namun testimoni baik tentang perusahaan dan lembaga kita sudah mulai diperkuat kepada publik oleh penggan. Berprinsip dan bertindak yang selaras antara pelayanan pra transaksi, transaksi dan pasca transaksi akan menghasilkan satu parameter kemajuan lembaga atau perusahaan yang kita perjuangkan.

 Oleh : Nanan Abdul Manan

Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan


Semua Tentang EXCELLENT SERVICE

Part -1 : 3 Prinsip Dasar Pelayanan Agar Menjadi Exellent Service

Part -2 : Memahami Karakteristik Pelanggan | Kunci Dasar Exellent Service

Part -3 : 4 Cara Pelayanan sepenuh hati – Excellent Service

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>