Silabus Mata Kuliah Filsafat Ilmu dan Metode Berfikir

2 117

SILABUS

MATA KULIAH FILSAFAT ILMU DAN METODE BERFIKIR

PROGRAM MAGISTER INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI

SYEKH NURJATI CIREBON

 IDENTITAS MATA KULIAH

  1. Nama Mata Kuliah             : Filsafat Ilmu dan Metode Berfikir
  2. Jenjang                              : S2 (Pascasarjana)
  3. Bobot SKS                         : 2 (Dua) SKS
  4. Semester                           : 1 (Satu)
  5. Kelompok Mata Kuliah       : MK Pengembangan Kepribadian
  6. Prodi                                  : PAI, PPI, dan Ekos
  7. Dosen                                 : Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

TUJUAN MATA KULIAH

Setelah mempelajari mata kuliah ini, peserta perkuliahan diharapkan mampu memahami dan memperluas wawasan tentang hakikat dan makna ilmu dalam kepentingan pengembangan profesi keilmuan yang digeluti.

DESKRIPSI ISI

Mata kuliah Filsafat Ilmu dan metode berfikir merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh seluruh mahasiswa Prodi PAI, PPI, MPI dan Ekos. Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami ruang lingkup filsafat ilmu, tantangan dan masa depan ilmu, hakikat pengetahuan, kebenaran ilmiah, ontologi: hakikat ilmu, epistemologi: cara mendapatkan pengetahuan, aksiologi: nilai kegunaan ilmu, struktur ilmu pengetahuan, sarana ilmiah, moralitas ilmu pengetahuan, dan sejarah perkembangan ilmu.

Perkuliahan dilakukan dengan menggunakan strategi ekspositori dan Inkuiri dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Evaluasi keberhasilan mahasisiwa ditentukan melalui kehadiran dan partisipasi dalam setiap perkuliahan, ketepatan pengumpulan dan kualitas tugas, dan hasil UTS dan UAS.

PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Strategi perkuliahan dilakukan dengan menggunakan strategi ekspositori dan Inquiry, dengan menggunakan multi metode, sumber dan media pembelajaran, dalam kegiatan:

  1. Menyimak perkuliahan melalui ceramah
  2. Mengkaji berbagai sumber pembelajaran yang dianjurkan
  3. Diskusi

EVALUASI

Untuk menentukan hasil perkuliahan setiap mahasiswa dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut:

  1. Kehadiran
  2. Partisipasi mahasiswa dalam proses perkuliahan
  3. Laporan tugas kelompok
  4. Hasil UTS dan UAS

FORMAT TUGAS

Tugas Kelompok : Membuat makalah dengan format :

  1. Kertas A4.
  2. Font Times New Roman ukuran 12 spasi 1,5.
  3. Margin top: 3 cm, bottom: 3 cm, left: 4 cm, dan right: 3 cm.
  4. Jumlah minimal 12 halaman.
  5. Sistematika isi makalah:
    1. Pendahuluan
    2. Pembahasan (Topik dan Sub Topik)
    3. Pembahasan (Sub Topik)
    4. Kesimpulan
    5. Daftar Pustaka

RINCIAN MATERI PERKULIAHAN UNTUK SETIAP PERTEMUAN

BAHAN BACAAN:

  1. Bahm, Archi J., “What us Science”. Reprented from Axiologi: The Science of Values. Abuquerqe, New Mexico: World Books, 1980
  2. Berten, K., Filsafat Abad XX. Jakarta: PT. Gramedia, 1995
  3. —————., Jakarta: PT. Gramedia, 1990
  4. Conant, James Bryant, Science and Common Sense. New Haven: Yale University Press, 1996. Cetakan ke enam.
  5. Earle, William James, Introduction to Philosophy. New York: McGraw-Hill Inc., 1992
  6. Frank, Philip, Philosophy of Science: The Link Between Science and Philosophy. Westpor, Connecticut: Greenwood Press, 1974
  7. Hamersma, Harry, Pintu Masuk Ke Dunia Filsafat. Yogyakarta, 1984. Cetakan ketiga.
  8. Kemeney, John G., A Philosopher Look at Science. Princeton, New Jersey: D. Van Nostrand Company, 1959
  9. Keraf, A. Sonny dan Mukhael Dua, Ilmu Pengetahuan: Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2001 Cetakan kelima
  10. Kleiden, Ignas, Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: Penerbit LP3ES, 1987. Cetakan pertama.
  11. Koentowibisono Siswomihardjo dkk., Filsafat Ilmu Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Klaten: Intan Pariwara, 1977. Edisi pertama
  12. Kuhn, Thomas S., Scientific Revolutions, dalam Richard Boyd et al (Eds.), The Philosophy of Science. London: The MIT Press, 1977. Hal. 139-157
  13. Lanur, Alex, Logika: Selayang Pandang. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1994. Cetakan kesepuluh
  14. Luce, A.A., London: The English University Press, 1958
  15. McCall, Raymond J., Basic Logic: The Fundamental Principles of Formal Deductive Reasoning. New York: Barnes & Nobel, Inc., 1952. Edisi kedua
  16. Popper, Karl, The Logic of Scientific Discovery, dalam Richard Boyd et al (Eds.), The Philosophy of Science. London: The MIT Press, 1977. Hal. 99-119.
  17. Sudarminto, J., Epistemologi Dasar: Pengantar Filsafat Pengetahuan. Yogyakarta: Penerbit Kenisius, 2001. Cetakan ketiga
  18. Soekadijo, R.G., Logika Dasar: Tradisional, Simbolik, dan Induktif. Jakarta: PT. Gramedia, 1983
  19. Van Melsen, A.G.M., Ilmu Pengetahuan dan Tanggungjawab Kita. Jakarta: PT. Gramedia, 1992. Cetakan kedua.
  20. Verhak, C. dan Imam R. Haryono, Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: PT. Gramedia, 1989.

Cirebon, Agustus 2017

Dosen Pengampu

TTD

Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.Ag

NIP. 19711028 199803 1 002

Silabus Filsafat Ilmu dan Metode Berfikir

  1. FAJAR BAETI berkata

    I AM COMMING TO LEARN FILSAFAT

  2. Fatimatul fidyan berkata

    Fatimatul fidyan.
    Setelah saya baca dan pelajari dari uraian materi mengenai ilmu pengetahuan,ilmu itu di dapatkan dari kumpulan” suatu pengetahuan.Jadi pegetahuan itu menjadi dasar atau landasan ditemukanya ilmu,tanpa adanya pengetahuan ,suatu ilmu tidak dapat ditemukan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.