Silabus Mata Kuliah Filsafat Ilmu

Silabus Mata Kuliah Filsafat Ilmu
0 2.165

SILABUS MATA KULIAH FILSAFAT ILMU

 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah

Nomor Kode

Bobot SKS

Semester/ Kelas

Kelompok Mata Kuliah

Jurusan

Dosen

:

:

:

:

:

:

:

Filsafat Ilmu

 

2 (dua) sks

1 (satu)/ A-B-C

MKU

Tadris Pendidikan IPS

Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

TUJUAN MATA KULIAH

Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan para mahasiswa mampu memahami dan memperluas wawasan tentang hakikat dan makna ilmu secara filosofis.

DESKRIPSI ISI

Mata kuliah Filsafat Ilmu merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa Tadris Pendidikan IPS. Mata kuliah ini akan mengantarkan para mahasiswa untuk memahami ruang lingkup filsafat ilmu, tantangan dan masa depan ilmu, hakikat pengetahuan, kebenaran ilmiah, ontologi: hakikat ilmu, epistemologi: cara mendapatkan pengetahuan, aksiologi: nilai kegunaan ilmu, struktur ilmu pengetahuan, sarana ilmiah, moralitas ilmu pengetahuan, dan sejarah perkembangan ilmu.

PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Strategi perkuliahan dilakukan dengan menggunakan strategi ekspositori dan Inquiry, dengan menggunakan multi metode, sumber dan media pembelajaran, dalam kegiatan:

  1. Menyimak perkuliahan melalui ceramah
  2. Mengkaji berbagai sumber pembelajaran yang dianjurkan
  3. Diskusi

EVALUASI

Untuk menentukan hasil perkuliahan setiap mahasiswa dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut:

  1. Kehadiran
  2. Partisipasi mahasiswa dalam proses perkuliahan
  3. Laporan tugas kelompok
  4. Hasil UTS dan UAS

FORMAT TUGAS

Tugas Kelompok : Membuat makalah dengan format :

  1. Kertas A4.
  2. Font Times New Roman ukuran 12 spasi 1,5.
  3. Margin top: 3 cm, bottom: 3 cm, left: 4 cm, dan right: 3 cm.
  4. Jumlah minimal 12 halaman.
  5. Sistematika isi makalah:
    1. Pendahuluan
    2. Pembahasan (Topik dan Sub Topik)
    3. Pembahasan (Sub Topik)
    4. Kesimpulan
    5. Daftar Pustaka

RINCIAN MATERI PERKULIAHAN UNTUK SETIAP PERTEMUAN

Pert-

ke

Kemampuan Akhir yang DiharapkanBahan Kajian (Materi Perkuliahan)Bentuk PerkuliahanKriteria Penilaian (Indikator)

1

Mahasiswa memiliki persepsi tentang mata kuliah Filsafat Ilmu, baik secara konsep, prinsip maupun dalam pengaplikasiannya.

Orientasi Perkuliahan

  • Maksud dan tujuan
  • Penjelasan topik-topik
  • Penjelasan sistem perkuliahan
Ceramah dan ResponsiKehadiran dan Partisifasi
2

Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup filsafat ilmu

Ruang Lingkup Filsafat Ilmu

  • Ilmu sebagai objek kajian Filsafat
  • Pengertian, ciri dan objek berpikir  Filsafat Ilmu
  • Tujuan Filsafat Ilmu
  • Landasan Filsafat Ilmu di Perguruan Tinggi
Ceramah, Ekspositori, Inkuiri, dan DiskusiKehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

3

Mahasiswa dapat mendeskripsikan sejarah perkembangan ilmu

Sejarah Perkembangan Ilmu

  • Perkembangan Ilmu pada Zaman Yunani
  • Perkembangan Ilmu dalam Islam
  • Perkembangan Ilmu Zaman Renaisans dan Modern
  • Perkembangan Ilmu Zaman Kontemporer
  • Perkembangan ilmu di Posmodernisme
Ceramah, Ekspositori, Inkuiri, dan DiskusiKehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

4

Mahasiswa dapat memahami hakikat Ilmu dan pengetahuan

Hakikat Pengetahuan

  • Definisi dan Jenis Pengetahuan
  • Hakikat dan Sumber Pengetahuan
  • Perbedaan ilmu dan Pengetahuan
  • Aspek-aspek yang melandasi ilmu dan pengetahuan
Ceramah, Ekspositori, Inkuiri, dan DiskusiKehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

5

Mahasiswa dapat memahami hakikat kebenaran ilmiah

Kebenaran Ilmiah

  • Arti Kebenaran
  • Teori-Teori Kebenaran
  • Sifat Kebenaran Ilmiah
Ceramah, Ekspositori, Inkuiri, dan DiskusiKehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

6Mahasiswa dapat mendekripsikan tentang ontologiOntologi: Hakikat Ilmu

  • Makna Ontologi
  • Ontologi dan Metafisika
  • Landasan Metafisika
  • Cabang Metafisika
  • Sumber kebenaran Metafisika
  • Kegunaan Metafisika
 Kehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

7

Mahasiswa dapat mendeksripsikan tentang epistemologi

Epistemologi: Cara Mendapatkan Pengetahuan

  • Makna Epistemologi
  • Metafisika Epistemologi
  • Landasan Epistemologi
  • Cabang Epistemologi
  • Kegunaan Epistemologi
Ceramah, Ekspositori, Inkuiri, dan DiskusiKehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

8Ujian Tengah SemesterUjian Tengah SemesterOpen BookKerapihan dan Ketepatan Jawaban
9

Mahasiswa dapat mendeskripsikan tentang aksiologi

Aksiologi: Nilai Kegunaan Ilmu

  • Makna Aksiologi
  • Metafisika Aksiologi
  • Landasan Aksiologi
  • Cabang Aksiologi
  • Kegunaan Aksiologi
Ceramah, Ekspositori, Inkuiri, dan DiskusiKehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

10

Mahasiswa dapat memahami struktur ilmu pengetahuan

Struktur Ilmu Pengetahuan

  • Metode Ilmiah
  • Teori
  • Hipotesis
  • Logika
  • Data- Informasi
  • Pembuktian
  • Evaluasi
  • Paradigma
Ceramah, Ekspositori, Inkuiri, dan DiskusiKehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

11Mahasiswa dapat memahami konsep sarana ilmiahSarana Ilmiah

  • Bahasa
  • Matematika
  • Statistik
  • Logika
Ceramah, Ekspositori, Inkuiri, dan DiskusiKehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

12Mahasiswa dapat mendeskripsikan moralitas ilmu pengetahuanMoralitas Ilmu Pengetahuan

  • Tanggung Jawab Ilmuwan
  • Ilmu: Bebas Nilai atau Tidak?
  • Moralitas Ilmu Pengetahuan
Ceramah, Ekspositori, Inkuiri, dan DiskusiKehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

13

Mahasiswa dapat mendeksripsikan tentang tantangan dan masa depan ilmu

Tantangan Dan Masa Depan Ilmu

  • Kemajuan Ilmu dan Krisis Kemanusiaan
  • Agama, Ilmu, dan Masa Depan Manusia
Ceramah, Ekspositori, Inkuiri, dan DiskusiKehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

14

Mahasiswa dapat menyimpulkan hakikat filsafat ilmu

Review perkuliahanCeramah, Ekspositori, Inkuiri, dan DiskusiKehadiran, Keaktifan

Ketepatan Argumentasi

Kerapihan  Presentasi

15

Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir SemesterClose BookKerapihan dan Ketepatan Jawaban

BAHAN BACAAN:

  1. Bahm, Archi J., “What us Science”. Reprented from Axiologi: The Science of Values. Abuquerqe, New Mexico: World Books, 1980
  2. Berten, K., Filsafat Abad XX. Jakarta: PT. Gramedia, 1995
  3. —————., Jakarta: PT. Gramedia, 1990
  4. Conant, James Bryant, Science and Common Sense. New Haven: Yale University Press, 1996. Cetakan ke enam.
  5. Earle, William James, Introduction to Philosophy. New York: McGraw-Hill Inc., 1992
  6. Frank, Philip, Philosophy of Science: The Link Between Science and Philosophy. Westpor, Connecticut: Greenwood Press, 1974
  7. Hamersma, Harry, Pintu Masuk Ke Dunia Filsafat. Yogyakarta, 1984. Cetakan ketiga.
  8. Kemeney, John G., A Philosopher Look at Science. Princeton, New Jersey: D. Van Nostrand Company, 1959
  9. Keraf, A. Sonny dan Mukhael Dua, Ilmu Pengetahuan: Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2001 Cetakan kelima
  10. Kleiden, Ignas, Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: Penerbit LP3ES, 1987. Cetakan pertama.
  11. Koentowibisono Siswomihardjo dkk., Filsafat Ilmu Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Klaten: Intan Pariwara, 1977. Edisi pertama
  12. Kuhn, Thomas S., Scientific Revolutions, dalam Richard Boyd et al (Eds.), The Philosophy of Science. London: The MIT Press, 1977. Hal. 139-157
  13. Lanur, Alex, Logika: Selayang Pandang. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1994. Cetakan kesepuluh
  14. Luce, A.A., London: The English University Press, 1958
  15. McCall, Raymond J., Basic Logic: The Fundamental Principles of Formal Deductive Reasoning. New York: Barnes & Nobel, Inc., 1952. Edisi kedua
  16. Popper, Karl, The Logic of Scientific Discovery, dalam Richard Boyd et al (Eds.), The Philosophy of Science. London: The MIT Press, 1977. Hal. 99-119.
  17. Sudarminto, J., Epistemologi Dasar: Pengantar Filsafat Pengetahuan. Yogyakarta: Penerbit Kenisius, 2001. Cetakan ketiga
  18. Soekadijo, R.G., Logika Dasar: Tradisional, Simbolik, dan Induktif. Jakarta: PT. Gramedia, 1983
  19. Van Melsen, A.G.M., Ilmu Pengetahuan dan Tanggungjawab Kita. Jakarta: PT. Gramedia, 1992. Cetakan kedua.
  20. Verhak, C. dan Imam R. Haryono, Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: PT. Gramedia, 1989.

 

 

Cirebon, September 2016

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.Ag

NIP. 19711028 199803 1 002

 

Komentar
Memuat...