Falsafah Silih Asah Silih Asih Silih Asuh Solusi Membebaskan Manusia

0 7.348

Silih asah silih asih silih asuh merupakan satu istilah yang lahir dari kearifan masyarakat sunda. Tentunya istilah ini tidak asing bagi masyarkat sunda karena telah menjadi falsafah hidupnya. Silih asah silih asih silih asuh bukanlah bahasa kuno peninggalan sejarah. Tetapi merupakan falsafah bagi kehidupan orang sunda yang harus terus dibumikan dimanapun dan kapanpun. Keutamaan dari falsafah silih asah silih asih silih asuh merupakan satu kesatuan sikap, nilai dan rukun hidup yang harus dijiwai oleh masyarakat dalam menjalakan kehidupannya demi terwujudnya masyarakat yang kuat, cerdas, egaliter dan saling menebar cinta kasih sesamanya.

Silih asah yang berarti saling memberi pengetahuan. Daik dengan cara saling mengingatkan saling membangun kesadaran akan ilmu pengetahuan dan saling mendukung dalam pengembangan diri sesamanya. Ini demi terbentuknya satu kesatuan masyarakat yang cerdas. Sebuah masyarakat yang cerdas merupakan satu syarat terbentuknya masyarakat yang kuat, tanpa kecedasan dan kesadaran akan ilmu pengetahuan masyarakat akan kehilangan hakikat dan kemerdekaannya sebagai manusia sehingga tanpa ilmu pengetahuan masyarakat akan mudah untuk dibodohi,didiskriminasi dan dieksploitasi.semangat silih asah merupakan semangat membangun dan menumbuhkembangkan khazanah keilmuan. Dalam masyarat yang menjiwai rukun hidup silih asah, ilmu pengetahuan akan berdampingan dengan dimensi etis sehingga ilmu pengetahuan tidak lagi menjadi alat penindasan yang angkuh tetapi ilmu pengetahuan akan menjelma menjadi anggun yang akan membebaskan dan mengangkat derajat masyarakat dari keterbelakangan.

Silih Asah Silih Asih Silih Asuh Prinsip ke-Tuhanan dan Kemanusiaan

Silih asih yang berarti saling menebar cinta kasih atau rasa saling menyayangi. Tentulah harus menjadi falsafah yang mendarah daging bagi masyarakat sunda. Silih asih merupakan salah satu bentuk ikhtiar interaksi manusia dengan Tuhan demi mendapat cinta kasih-Nya dengan cara menyayangi dan menebar cinta terhadap sesamanya. Semangat silih asih merupakan semangat membumikan nilai-nilai ketauhidan. Karena dalam budaya silih asih tertancap kuat prinsip keTuhanan dan kemanusiaan. Yang nantinya akan membentuk mental masyarakat yang menjungjung tinggi nilai-nilai persamaan. Masyarakat silih asih dalam prakteknya akan saling menghormati satu sama lain serta akan menjungjung tinggi nilai persamaan dengan tidak menganggap adanya kelas sosial, semua manusia sama tidak ada yang dipandang sempurna dan tidak ada manusia yang seluruhnya cela. Dari semngat silih asih inilah maka akan melahirkan kehidupan masyarakat yang adil, harmonis serta jauh dari tindakan-tindakan yang anarkis.

Setelah masyarakat menyadari akan persamaan, maka akan terbentuklah satu bangunan rasa saling menjaga yaitu silih asuh. Silih asuh (sikap saling memelihara) masyarakat, silih asuh pastilah akan membebaskan manusia dari batas-batas yang mampu membentuk masyarakat yang terkotak-kotak. Dengan semangat ini masyarakat akan saling menjaga tanpa memandang siapa. Dalam bermasyarakat seseorang yang telah menjalankan dan menjiwai falsafah silih asah tidak akan berbicara “ saya”, “ dia” dan “mereka” tetapi dia akan berbicara “kita”, oleh karena itu silih asah dapat membentuk rasa tanggung jawab serta membangun satu kesatuan masyarakat yang utuh.

Dengan demikian falsafah “silih asah silih asih silih asuh” masih sangat relevan dalam kehidupan yang serba modern ini. Bahkan falsafah ini bisa menjadi solusi dalam membebaskan manusia dari belenggu penindasan, keterbelakangan serta keterasingan.


Tentang Penulis

fajar-rahmawan-2Fajar Rahmawan, lahir pada tanggal 22 Februari 1995. Mahasiswa Fakultas ADADIN IAIN Syeh Nurjati Cirebon ini lebih dikenal sebagai seorang pendiam dan dingin, namun dibalik semua itu ia sosok petualang hebat, baik di akademik maupun di non akademik. Tercatat banyak sekali organisasi yang ia ikuti saat ini. Dari hoby membacanya membawa ia pada hoby baru yaitu menulis, Lyceum Indonesia sendiri telah menerbitkan beberapa artikel karyanya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.