Inspirasi Tanpa Batas

Sistem Kemasyarakatan yang menjadi salah satu Kehancuran Manusia

Kelebihan dari teknologi modern tentunya sudah banyak dirasakan oleh ratusan juta manusia. Dilihat dari segi sosial, pendidikan, hiburan, ekonomi dan sumber media informasi. Namun dibalik itupun kekurangan tak bisa dihindari.

0 28

Konten Sponsor

Sistem Kemasyarakatan- Takan ada habisnya jika kita membahas perkembangan zaman. Mulai dari teknologi, ekonomi, dan juga pertumbuhan manusia yang semakin pesat. Bisa dikatakan abad ke-21 ialah abad modern. Dimana teknologi informasi lebih berkembang cepat dan banyak diketahui oleh berbagai kalangan. Sejatinya perkembangan di zaman modern tidak akan terlepas dari baik dan buruk, kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dari teknologi modern tentunya sudah banyak dirasakan oleh ratusan juta manusia. Dilihat dari segi sosial, pendidikan, hiburan, ekonomi dan sumber media informasi. Namun dibalik itupun kekurangan tak bisa dihindari. Kurangnya kebijakan dalam penggunaannya menyebabkan kemerosotan dan kehancuran manusia. Baik dari segi fisik maupun psikis.

Menurut Ali Syari’ati dalam bukunya yang berjudul Humanisme (Antara Islam dan Madzhab Barat) mengatakan bahwa malapetaka modern yang menyebabkan kehancuran manusia dibagi menjadi dua, yaitu : 1. Sistem Kemasyarakatan, 2. Sistem ideologi. Penulis hanya akan menjelaskan satu system saja, yaitu system kemasyarakatan.

Sistem kemasyarakatan

Dalam sistem kemasyarakatan terdapat dua sistem yang bertentangan. Kedua sistem sosial tersebut ialah kapitalisme dan komunisme. Meskipun memiliki makna yang berbeda tetapi sama-sama memandang bawa manusia sebagai homo economicus (manusia ekonomi). Letak perbedaannya ialah mana diantara keduanya yang mampu memenuhi kebutuhan manusia ini.

Kebutuhan materiil yang semakin melonjak, meningkatkan ancaman kehancuran baik secara kualitatif, kuantitatif maupun defersivikasinya. Hal ini membuat keuntungan pemilik industrial semakin meningkat dan mengubah manusia menjadi makhluk penyembah kehancuran. Begitupun dengan teknologi dan peralatan mekanik modern, memiliki tujuan awal untuk memudahkan manusia dalam kesulitan kerja fisik.

Ternyata tidak bisa dimanfaatkan untuk hal itu. Semakin berkembangnya teknologi, manusia dari waktu ke waktu malah terbelenggu dan tenggelam didalamnya. Menyebabkan manusia semakin asing teradap dirinya sendiri. Akibatnya, tidak ada lagi celah untuk meningkatkan nilai spiritual, moral, dan sosial. Sebaliknya terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Masyarakat komunis pun tidak luput dari pergeseran moral dalam bentuk yang serupa. Yang terdapat dalam kata purelisme (murni tanpa perbedaan) dilontarkan ditengah-tengah masyarakat komunis, adalah manusia-manusia borjuis dan liberalis. Derasnya konsumerisme menyebabkan bukan hanya melanda hidup perorangan saja, tapi juga sistem produksi Negara. Kesimpulan yang bisa diambil, faktanya, masyarakat komunis dan kapitalis akan menjelma menjadi manusia yang sejenis dalam panggung sejarah.

Pada akhirnya, semakin banyaknya kebutuhan yang muncul, semakin berkembangnya teknologi modern, tidak akan mampu membendung prinsip masyarakat komunisme. Memaksa mereka untuk ikut serta dalam perjalanan sejarah teknologi  modern.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar