Inspirasi Tanpa Batas

Beberapa Keluhan Dan Solusi Untuk Kenyamanan Saat Bekerja

0 145

Anda pernah merasa tidak nyaman saat bekerja? Tak hanya dikarenakan tugas maupun rutinitas kantor, ketidaknyamanan itu dapat diakibatkan posisi ketika bekerja. Misalnya kesalahan memilih kursi, posisi layar komputer yang terlalu tinggi, sampai kurangnya penerangan. Sehingga menyebabkan tubuh kaku, pegal, pusing, dan pandangan buram ketika bekerja.

Peneliti yang dilakukan Thursday Morning oleh Staples. Inc mengatakan, bahwa 86% pegawai mengaku sering merasakan tubuh yang tak nyaman ketika bekerja. Itu diakibatkan tata ruang kantor serta peralatan kerja.

Sebanyak 70 persen di antara mereka mengatakan kantor terlalu ‘hemat’ dalam hal tentang tata ruang, perlengkapan, dan juga peralatan kantor. Kesemua itu jarang menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan pegawai ketika bekerja.

Anda cinta pekerjaan Anda, namun jangan sampai luput memerhatikan berbagai hal kecil yang bisa membuat tubuh Anda tak nyaman dan sakit karena pekerjaan yang Anda lakukan sendiri. Anda tak perlu manja kepada perusahaan. Namun Anda dapat mengatur ulang kenyamanan tubuh saat bekerja, terutama mata, leher, punggung, bahu, dan pinggang.

Carla M Jaspers, seorang terapis bersertifikat di Amerika Serikat, menyarankan 5 tips sebagai berikut:

Mata lelah, pandangan berkunang-kunang dan tidak nyaman, sakit kepala.

Solusi: Kurangi cahaya yang menyilaukan mata. Posisi layar komputer yang paling tepat adalah tegak 90 derajat dari sumber cahaya seperti jendela ataupun lampu. Pastikan cahaya yang Anda dapatkan tak menyilaukan mata. Anda dapat memasang filter pada layar komputer jika masih tetap silau sekalipun telah mengatur tingkat cahaya dan ketajaman pada warna layar komputer.

Sakit pada leher dan punggung

Solusi: Atur kembali posisi pada layar komputer Anda. Jarak terbaik dalam pemakaian komputer berjam-jam dan dilakukan setiap hari adalah lebih dari 60 cm jarak kepala Anda, dengan titik tengah layar yang harus lebih rendah 10 hingga 20 derajat dari pandangan mata Anda. Posisi layar komputer haruslah tepat di depan mata Anda.

Carpal Tunnel Syndrome

(Nyeri pada pergelangan tangan akibat syaraf tangan yang menyatu pada bagian pergelangan).
Sebanyak 86% pegawai tak memakai keyboard yang nyaman dan 69% mengeluhkan sering terjadi nyeri pada pergelangan tangan.

Solusi: Sesuaikan posisi keyboard dan mouse dengan posisi duduk serta layar komputer Anda. Pada saat digunakan, keyboard atau mouse harus membuat Anda nyaman. Bahu Anda tak boleh membungkuk, siku nyaman tertekuk, lengan sejajar dengan lantai, dan juga pergelangan tangan dalam posisi netral.
Kedua benda tersebut haruslah berada dekat dengan tubuh Anda. Jika letak keyboard yang terlalu tinggi, pasang nampan khusus keyboard.

Postur tubuh yang tidak baik dan sering pegal

Sebanyak 82% pegawai kantor mennyatakan bahwa mereka membungkuk saat bekerja dan itu adalah salah kursi mereka. Dan 54% di antara mereka mengatakan ingin memakai kursi yang lebih nyaman serta efisien.

Solusi: Ganti kursi yang lama, gunakan kursi yang sempurna. Menurut Jaspers, kursi kerja haruslah yang baik harus memiliki penyangga punggung yang dapat  menyangga seluruh bagian punggung, terutama punggung bagian bawah. Tinggi kursi dan lengan yang dapat disesuaikan dengan penyangga punggung yang sedikit piring sehingga mampu menyangga pinggul serta panggul secara optimal.

Tubuh nyeri, sakit dan lelah

Solusi: Istirahatlah sejenak. Jaspers memberi saran agar Anda mengunduh video latihan untuk memandu Anda bergerak dan juga melakukan senam ringan yang dapat dilakukan di depan meja kerja Anda. Sekalipun dengan gerakan ringan, sirkulasi darah Anda akan dapat lebih lancar, sendi-sendi Anda juga bisa bergerak dan mengurangi pegal.

“Cara ini bagus untuk memulihkan tubuh dan menghindari posisi tubuh yang tetap pada jangka waktu yang lama.” tutup Jaspers.

Sekarang Anda sudah punya solusi untuk berbagai masalah ketidaknyamanan ketika bekerja. Untuk menambah/mengganti berbagai peralatan kantor, tentu akan lebih baik jika Anda tanyakan dulu pada pihak kantor. Dan jangan sayang untuk membeli barang (kursi yang lebih nyaman misalnya) dengan uang Anda sendiri.

Kesehatan adalah investasi dalam jangka waktu yang lama, sehingga Anda sendiri yang akan mendapatkan manfaatnya.

Komentar
Memuat...