Sukses Tak Lagi IdentiK Dengan Kematangan Usia

0 10

Sebagian orang berpikir bahwa kesuksesan identik dengan kematangan usia. Namun, hal itu terbantahkan dengan banyaknya generasi muda yang sukses di berbagai bidang. Seperti yang dikatakan dalam sebuah ungkapan;

“Tak perlu menunggu antrean hingga puluhan tahun untuk sampai di puncak. Ini adalah masa di mana posisi lebih banyak ditentukan prestasi ketimbang jam terbang yang tinggi”

Ini seperti wabah positif bagi generasi muda masa kini. Persaingan yang ketat memaksa generasi muda mengeluarkan segenap kemampuanya untuk ikut dalam persaingan global besama dengan yang usianya jauh lebih matang dan berpengalaman.

Namun perlu di perhatikan mengapa generasi muda sekarang banyak yang sukses di bidang usaha maupun di posisi yang menetukan di berbagai perusahaan? inilah penyebanya :

Hubungan Mencair

Generasi milenial atau dikenal dengan Gen Y ( Lahir antara 1980-2000) umumnya tidak terlalu mementingkan hirarki. Bagi mereka jabatan bukan sesuatu yang didewakan. Dalam bekomunikasi mereka bersikap terbuka dan tidak kaku, bahkan tak segan bersikap sebagai teman ketimbang atasan. Suka berdiskusi dengan bawahan dan menampung ide-ide segar sekalipun itu dari staf atau kariawan yang notabenya bawahan dibandingkan dengannya.

Fleksibel

Mereka sangaat mengandalkan teknoogi untuk mempermudah pekerjaanya. Jarak dan ruang tak menjadi kendala berarti. Mereka bisa bekerja dari mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Bila bisa mendiskusikan pekerjaan via e-mail, face taime atau skype mengapa harus menggelar rapat tatap muka yang seringkali memboroskan waktu.

Bersikap Resposif

Umumnya generasi milenial tidak suka menunda pekerjaan dan selalu update pengetahua. Mereka suka berbagi informasi dan menjadi problem solver. namun jangan datang padanya dengan satu masalah sebelum anda menayakan pada Mr gogle.

Suka Kolaborasi

Generasi muda banyak melahirkan generasi yang unggul degan skill tinggi dan bisa bekerja sendirian. Namun mereka juga menyukai gagasan dan kolaborasi dala tim. Mereka cendrung peduli pada anggota tim dan ingin tumbuh bersama dan memajukan usaha bersama-sama.

Orientasi Hasil

Generasi muda suka dikenal suka hal yang serba instan, hingga kadang dianggap lebih mementingkan hasil tidak perduli pada proses. Sesungguhnya mereka tergila-gila efisiensi dan kecepatan. Prinsipnya bila ada shortcut atau jalan pintas yang lebih mudah untuk sampai ke satu tujuan mengapa harus kesana kemari atau berputar-putar?

Setiap generasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, banyaknya yang sukses di usia muda karena mereka cerdas dan menunjukan prestasi mereka. Dengan segala kelebihan yang dimilik generasi muda saat ini, pantas dan wajarlah jika sukses tak lagi identik dengan kematangan usia dan pengalaman .***Ali Alamsyah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.