3 Sumber Modal Jika Anda Memulai Usaha Dari Nol

1 465

Ketika berpikir untuk memulai sebuah usaha, harus dipertimbangkan ide usaha, skala usaha, kompetisi, kebutuhan pasar, tenaga kerja. Dan yang paling penting untuk dipikirkan adalah adanya ketersediaan modal usaha beserta sumbernya. Modal itu bagaikan fondasi awal sebuah usaha yang akan dibangun.

Namun perlu diingat modal usaha bukan hanya sekedar uang atau juga aset. Namun juga didapat dalam wujud pengetahuan terhadap usaha tersebut, pengalaman, keberanian, dan networking. Namun dari beberapa modal yang disebutkan di atas, kebanyakan calon pengusaha menemui kendala besar dalam mendapatkan modal berupa uang dan aset.

Oleh karenanya, pertanyaan yang paling sering diajukan ke saya adalah bagaimana cara memperoleh modal usaha untuk Anda yang hendak memulai bisnis skala mikro, kecil dan menengah.

Banyak orang yang langsung berfikiran untuk meminjam modal usaha ke Bank. Sayangnya, justru kebanyakan bank tidak akan memberikan pinjaman modal usaha, apabila usaha Anda baru mulai alias dimulai dari nol.

Yang mungkin bisa Anda lakukan adalah meminjam ke bank, namun atas nama pribadi. Sehingga jatuhnya adalah pinjaman pribadi dengan bunga yang tinggi apabila dibandingkan untuk pinjaman usaha.

Berikut ini adalah beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mendapatkan dana usaha, ada 6 jenis sumber yang dapat anda bergunakan dan untuk tulisan kali ini. Namun kita akan bahas 3 di antaranya terlebih dahulu:

Dana sendiri

Anda dapat memperoleh modal usaha dengan menggunakan dana Anda sendiri. Misalnya dengan menggunakan dana simpanan yang telah Anda tabung selama ini. Jika belum cukup juga, maka Anda juga dapat menutupi kekurangan dana tersebut dengan menjual sebagian aset berharga yang Anda miliki saat ini misalnya Logam Mulia atau perhiasan.

Tak ada salahnya sedikit berkorban demi kesuksesan bisnis, anggap saja Anda sedang berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar setelah usaha Anda berhasil berjalan nanti. Ingat, berusaha masuk kategori berinvestasi, yaitu Anda menginvestasikan dana Anda pada usaha Anda sendiri.

Mencari Dana Hibah Perusahaan

Modal juga dapat diperoleh dari dana hibah suatu perusahaan, baik perusahaan pemerintah maupun juga swasta. Saat ini berbagai perusahaan besar biasanya memiliki budget atau anggaran tersendiri untuk membantu membangun perekonomian masyarakat sekitar perusahaan maupun masyarakat umum dengan menyalurkan dana modal usaha melalui Divisi CSR (Corporate Social Responsibility).

Untuk teknis penyaluran dana biasanya dalam bentuk event competition. Oleh karenanya, event tersebut merupakan peluang bagi para calon pengusaha untuk mendapatkan tambahan dana untuk kelangsungan usaha Anda.

Menjalin kerjasama

Jika Anda memiliki teman atau saudara yang memiliki minat yang sama dan berkeinginan menjadikan hal tersebut sebagai bisnis, cara ini bisa dijadikan pilihan. Rekan bisnis tersebut bisa jadi hanya memberikan bantuan berupa modal, atau bisa membantu juga dapat operasional bisnis sehari-hari.

Anda juga harus menyepakati berbagai macam hal seperti pembagian hasil agar kedua belah pihak tidak akan ada yang merasa dirugikan. Kesepakatan itu perlu dibuat perjanjian tertulis untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu pada kemudian hari.

  1. Nyonya Jessica Rojas berkata

    kontak nomor whatsapp kami jika Anda memerlukan pinjaman: +2349079785567

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.