Connect with us

Novel Candu Asmara

Tangisan Pertama Rayhan | Candu Asmara Remaja Part – 7

Cecep Sumarna

Published

on

Tangisan Pertama Rayhan | Novel Candu Asmara Part 7

Di pulau seberanglah, Kayla melahirkan. Ia dilahirkan di salah seorang bidan senior yang mengerti persoalan kehamilan dan memiliki keterampilan yang cukup baik. Kayla didampingi Rayhan dan beberapa suster bidan yang tampaknya cukup terlatih juga ketika Kayla melahirkan.

Kurang lebih enam jam setelah bukaan ketiga, Kayla melahirkan. Kayla yang terus mengerang saat melahirkan, dipegang erat oleh Rayhan. Kayla sendiri memegang tangan Rayhan dengan cara yang sangat erat. Kayla meraung-raung dan meronta-ronta berontak. Ia tidak membayangkan bagaimana rasa sakit yang didera saat anak pertamanya itu akan lahir.

Ketubah Pecah

Ketubanpun pecah. Tidak lama kemudian, anak itu ke luar. Anak itu langsung menangis dengan keras. Sang bidan meminta para suster untuk segera membersihkan anak itu dan memotong tali arinya. Semua orang yang ada di sekitar Kayla bersyukur atas kelahiran anak Kayla. Namun tanpa diduga, Bidan itu tiba-tiba berkata: “Selamat neng … ini anak kedua kamu akhirnya, ke luar juga”. Kayla pucat seperti malu. Rayhan melihatnya dengan jelas.

Namun tidak dengan muka Rayhan. Ia kaget mengapa bidan itu berkata kalau itu anak yang kedua. Rayhan mengatakan: “Ini anak pertama kami bu, bukan anak ke dua”. O .. ya kata bidan itu heran. Lalu ia segera berpaling dan segera mengubah raut wajahnya agar tidak kelihatan menyimpan suatu pengetahuannya tentang reproduksi manusia.

Setelah jeritan itu reda dan sudah dibungkus dengan kain,ia diletakkan di samping Kayla. Rayhan memegang erat tangan Kayla yang sedang dibersihkan dan mendekap anaknya dengan baik. Kayla berkata: “terima kasih, ya Rayhan. Kamu telah menemaniku dengan baik”. Rayhan lalu mengambil nasi dengan bakar ikan yang sangat segar. Kayla-pun makan dengan lahap.

Dalam proses penyuapan nasi dan bakar ikan kepada Kayla itu, ia sadar kalau Rayhan seperti menyembulkan rasa ketidakpercayaan dirinya kepada Kayla. Ia tampak ragu mengapa Bidan itu, mengatakan kalau anak dimaksud adalah anak yang ke dua mereka. Tapi, bukan Kayla namanya kalau tidak pandai menyembunyikan suatu rahasia yang pernah dialaminya. Ia menatap Rayhan dengan tajam dan berkata: Ray .. mengapa! Ko kelihatannya kamu menyimpan beban tertentu?

Rayhan berkata: “tidak Kayla”. Mungkin aku terlalu lelah. Di bathin terdalam, Kayla sesungguhnya bertaruh apakah ia harus jujur atau tetap bohong menyembunyikan rahasia hidupnya. Tetapi, ia tetap memilih untuk berbohong. By. Charly Siera –bersambung

Continue Reading
31 Comments

31 Comments

  1. Avatar

    muhamad hananda

    13-12-2017 at 11:55

    Kejujuran merupakan perilaku yg terpuji walaupun seseorang itu sangat sulit untuk mengungkapkan suatu kejujuran tsb ,karena dalam membangun keharmonisan keluarga kejujuran itu sangat penting dan sangat berdampak bagi kelangsungan hidup keluarga tsb …

  2. Avatar

    Merlindia Widia Ningsih

    08-12-2017 at 15:13

    Sebenarnya kayla Jujur dengan rayhan apa yang telah terjadi dimasa lalu yang telah ia perbuatnya. Karena kejujuran Itu penting apa lagi dalam sebuah keluarga. Berani berbuat berani bertanggung jawab.

  3. Avatar

    Anton Mulyono

    08-12-2017 at 15:04

    Seharus nya kayla tidak boleh berbohong karen akan mempengaruhi banyak hal sepeti sensus data dan anak tersebut akan memiliki permasalahan yang rumit di masa depan kelak. Akan lebih baik apabila kayla berterus terang kepada dokter tersebut.

  4. Avatar

    Wahyuni Wati Nengsi MPI A smt 3

    07-12-2017 at 21:57

    Dengan kesalahan kayla kemarin membuat rayhan bertanya-tanya dengan omongan dokter “selamat atas anak keduanya” padahal itu anak pertama rayhan dengan kayla. Rayhan yang terus bertanya-tanya dan kayla terus menutupi kesalahannya yang kemarin. Seharusnya dalam sebuah rumah tangga itu sangat penting dan diutamakan kejujuran.

  5. Avatar

    FATLIKHA WATI

    07-12-2017 at 12:47

    Assalamualikum wr wb
    Pada dasarnya berbohong termasuk perbuatan yang di larang, berbohong juga salah satu dari tiga ciri orang munafik.jadi yang harus di tanamkan pada diri kayla adalah kejujuran, dimana kejujuran adalah kebaikan yang begitu besar faedahnya dan sifat jujur inilah yang menjadi identitas kaum muslimin.

  6. Avatar

    Rismawati

    07-12-2017 at 06:11

    Nilai kejujuran sangatlah penting dalam membangun keluarga yang harmonis, mengapa? Karena dari kejujuran itulah kita mengetahui arti kehidupan yang sesungguhnya. Kebohongan bisa mengakibatkan kehancuran bagi dirinya. Maka dari itu bangunlah kejujuran di dalam keluarga.

  7. Avatar

    Musfiq Hadining Amrullah

    07-12-2017 at 05:27

    Assalamualaikum Wr.wb
    Dari part 7 ini saya dapat mengambil hikmah menyimpan suatu kebohongan adalah beban tersendiri dan kekujuran memang sangat di butuhkan apa lagi ketika inggin memulai bahtera rumah tangga .karena inti dari suami istri adanya keterbukaan dalam segalah tapi yang paling penting adalah kejujuran.

  8. Avatar

    Nur Iqrima

    06-12-2017 at 23:17

    Suatu kebohongan yang di sembunyikan se rapat apapun, pasti nanti akan terbongkar juga. Entah itu terbongkar dari mulutnya sendiri ataupun dari mulut orang lain. Dan kebohongan yang memondasikan benteng rumah tangga, tidak akan mungkin kokoh berdiri dengan sangat kuat.

  9. Avatar

    Nisa

    06-12-2017 at 21:57

    Assalamu’alaikum.
    Ada suatu pepatah mengatakan قُلِ الْحَق ولو كان مُرا ” katakanlah suatu kebenaran itu walaupun menyakitkan”. artinya dalam keadaan apapun kejujuran harus selalu diprioritaskan kecuali pada masa masa tertentu. melihat pada bagian 7 ini, kebohongan yang dilakukan Kayla memang benar, kandungan pertama Kayla merupakan suatu aib yang pernah ia lakukan bersama kekasihnya Fredy dulu.
    Dalam hal ini, untuk menutup suatu aib, ajaran Islam memerintahkan agar kita bisa menutup aib. Aib diri sendiri maupun aib orang lain.

  10. Avatar

    Danty Adi Sudarno Jafar

    06-12-2017 at 05:09

    Berbohong atau menutupi aib diri kita sendiri sama suami kita itu tidak diperbolehkan. Karena bagi seorang perempuan yang sudah menikah itu, surga nya ada di telapak kaki seorang suami.

  11. Avatar

    Nurul Faridah

    05-12-2017 at 20:08

    Seharusnya kayla berkata jujur kepada suaminya rayhan sepahit apapun kejujuran itu, karena jauh lebih baik jujur yang menyakitkan daripada berlarut-larut dalam kesenangan tetapi dari hasil kebohongan

  12. Avatar

    ikbal pauji

    05-12-2017 at 11:31

    Pentingnya Suatu Kejujuran dan saling Keterbukaan serta diskusi dalam keluarga. Ketika kita berbohong satu kali, maka secara refleks kebohongan kebohongan lain akan mengikuti demi menutupi satu kebohongan diawal. Maka dari itu pentingnya komunikasi terbuka dan kejujuran dalam suatu hubungan keluarga.

  13. Avatar

    Afni Nursofiya

    03-12-2017 at 20:20

    Assalam’ualaikum wr.wb
    Pelajaran yang dapat saya ambil yaitu pentingnya sebuah kejujuran dalam sebuah keluarga, Pada dasarnya Kejujuran tak akan mengurangi hartamu, tak akan mengurangi popularitasmu. kejujuran akan menambah kedamaian hidupmu. Berhentilah berdusta.

  14. Avatar

    Irfan Sahroni

    03-12-2017 at 14:51

    Berbohong adalah sebuah perbuatan yang tidak baik karena akan merugikan orang lain, walaupun hanya untuk membela dirinya sendiri akan tetapi dalam sebuah rumah tangga menyembunyikan sebuah rahasia pasti lama kelamaanya akan terbongkar sehingga akan menyebabkan hal yang patal dan tidak akan membangun rumah tangga yang harmonis

  15. Avatar

    Robi'atul Adawiyah

    03-12-2017 at 07:40

    Tidak ada kebohongan yang tidak mungkin terungkap. Sepintar-pintarnya bangkai ditutupi, baunya tetap tercium juga, artinya kebohongan akan dapat tercungkap meskipun kita menyembunyikannya secara rapat-rapat.

  16. Avatar

    Muhammad Ghowtsul Alam

    02-12-2017 at 08:07

    kejujuran itu penting. apalagi dalam suatu hubungan keluarga. karena hal inilah yang akan mampu dan bisa menjadikan hubungan suatu keluarga harmonis dan serasi. khususnya bagi para istri, dia harus menghormati dan mentaati suami. selalu jujur dan terbuka dalam setiap ada permasalahan ada salah satu baktinya kepada suami sebagai seorang istri. jika sekali berbohong, pasti akan selalu dikuti dengan kebohongan lainnya. hal inilah yang akan menyebabkan ketidakharmonisan dalam suatu hungan keluarga.

  17. Avatar

    Siti maryatul qibthiyah

    01-12-2017 at 23:29

    dalam menjalankan suatu hubungan atau jalinan rumah tangga (keluarga) janganlah kita berbohong dalam hal apapun walaupun hal yg paling terkecil dan di anggap tidak penting karna itu akan menimbulkan ketidak harmonisan dan kecanggungan dalam menjalankan hubungan rumah tangga,lebih baik kita jujur dalam hal apapun mau yg kecil ataupun yg besar,walaupun kejujuran kita itu bisa bikin sakit hati ataupun ketidakpercayaan tapi setidaknya kita bisa belajar menerima dan ngasih kesempatan buat memaafkannya dan menghargai atas kejujuran itu

  18. Avatar

    Aji santoso T.IPS A/1

    01-12-2017 at 13:34

    Assalamualaikum, menurut saya di part 7 ini, sangat penting nilai-nilai kejujuran di dalam suatu keluaraga itu harus di landasai dengan pondasi kejujuran sehingga adanya kepercayaan satu sama yang lain dalam membangun keluaraga sesungguhnya keluarga itu akan terbentuk harmonis jika dalam hubungan keluarga itu saling memiliki kejujuran satu sama yang lain, jadi di dalam keluarga jangan ada saling menyembunyikan sesuatu semuanya itu harus terbuka.terimakasih,wassalamualaikum

  19. Avatar

    suyana

    30-11-2017 at 13:27

    part 7 ini adanya kebohongan yang di lakukan kayla dalam hubungan rumah tangga seharusnya senantiasa menanamkan kejujuran bukan kebohongan karena berbohong menutupi kelakuan buruk suatu saat akan terkuak juga dan dasar dari sebuah hubungan untuk tetap terjaga adalah sebuah kejujuran , dan meskipun jujur terkadang menyakitkan bahkan memalukan tapi setidaknya belajar menyampaikan sesuai faktanya daripada memendam kebohongan yang suatu saat akan menghancurkan

  20. Avatar

    Vina Rosseliana

    30-11-2017 at 11:39

    Seharusnya kayla jujur kepada suaminya tersebut karena apa ? Kejujuran adah nilai yang tidak ada harganya dan paling penting dalam hal apapun karena sepandai-pandai nya manusia menutupi kebohongan maka pasti akan terbongkar juga jadi lebih baik jujur dalam hal apapun meskipun itu pahit.

  21. Avatar

    Cahya Hadi Kusuma ( T.IPS A/1 )

    30-11-2017 at 07:11

    Bahwasanya pondasi suatu hubungan atau sesuatu perbuatan yang didasari kebohongan akan menjadi kebohongan pula kedepannya, kebohongan termasuk penyakit hati yang jika terus dilakukan akan menyiksa diri sendiri dan penuh was-was, kejujuran itu penting seburuk apapun perbuatan buruk kita kita tetap harus mengakuinya dalam kata lain kita harus jujur. Mung kejujuran itu menyakitkan tetapi akan menjadi suatu pondasi dimana kita menjadi orang yang tak terbebani atau was-was.

  22. Avatar

    Milha Nurseha

    29-11-2017 at 19:41

    part 7 keterbukaan saat sebelum menikah adalah hal yang sangat penting karena jika seseorang membangun sebuah keluarga dengan ada kebohongan di dalamnya, maka sebuah keluarga yang dibangun itu akan ada kalanya merasa rasa kecewa dan rasa penyesalan pada saat semua kebohongan itu terlihat ataupun terbuka entah itu dengan diberi tahu ataupun tau dengan sendirinya. rasa kecewa akan timbul bagi yang telah terbohongi dan rasa penyesalan akan tumbuh di dalam diri seseorang yang telah membohongi pasangannya.

  23. Avatar

    Safa amaliatus saadah

    28-11-2017 at 22:08

    Part 7,kejujuran kunci kesetiaan setiap hubungan Dalam rumah tangga suami + istri harus saling terbuka seberat apapun masalah itu, karna suami sebagai pemimpin+ imam bahkan mengarahkan yang lebih baik, seburuk apapun masalalu nya jika ia suka atau cinta akan tetap bertahan,

  24. Avatar

    Nina Nur'aeni

    28-11-2017 at 21:41

    assalamualaikum wr.wb
    tidak akan pernah baik jika kita membangun sebuah keluarga dengan pondasi kebohongan. karena satu kali orang berbohong maka sulit untuk mendapatkan kepercayaan yang kedua kalinya. bangun suatu keluarga dengan kejujuran, sepahit apapun itu jika pasangan kita memang dengan tulus menyanyangi kita maka seperti apapun kita dimasa lalu dia akan tetap menerima karena yang ia lihat kita yang sekarang bukan yang dulu.

  25. Avatar

    Fitria dewi

    28-11-2017 at 14:58

    Dalam keadaan apapun berbohong itu tidak boleh. Sekalinya kita berbohong pasti kesananya akan berbohong terus. Dan ada pepatah mengataian “sepandai-pandainya orang menyembunyikan bangkai pasti suatu saat akan tercium”. Begitupun dengan berbohong sehebat-hebat nya orang menyimpan rahasia(berbohong) pasti suatu saat akan ketahuan.

  26. Avatar

    Intan Tresna Dwi

    27-11-2017 at 21:23

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Kejujuran adalah harta yang paling berharga dari apapun, pondasi dalam sebuah rumah tangga adalah kejujuran karena segala sesuatu yang berawal dengan kebohongan akan berakhir dengan kebohongan pula. Kepercayaan yang sudah runtuh tidak dapat dibangun kembali seutuhnya meskipun hanya oleh 1 kebohongan. Sebagai remaja seharusnya kita tidak boleh terjebak oleh arus derasnya pergaulan bebas yang akhirnya membuat penyesalan yang tiada henti, seharusnya kita memikirkan akan nasib kedepannya bukan untuk memenuhi hawa nafsu sesaat.
    sekian
    wassalamu’alaikum wr.wb

  27. Avatar

    Miftahul Janah

    27-11-2017 at 17:26

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Dalam suatu keluarga kejujuran adalah salah satu bertahannya suatu rumah tangga,maka seharusnya Kayla berterus terang mengenai masa lalunya.Lebih baik mengatakan yang sebenarnya di awal dari pada menjelaskan di akhir.Karena sepandai-pandainya orang menyembunyikan rahasia pasti akan terbongkar juga.

  28. Avatar

    Miftahul Janah

    27-11-2017 at 17:22

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Dalam rumah tngga seharusnya Kayla berterus terang mengenai masa lalunya,lebih baik berterus terang di awal daripada di akhir,karena sepandai-pandainya rang menyembunyikan rahasia pasti akan terbongkar juga.

  29. Avatar

    Dede hidayatulloh

    27-11-2017 at 15:11

    Padahal sebenarnya uang kita sudah habis.

  30. Avatar

    Dede hidayatulloh

    27-11-2017 at 15:10

    Ya d novel patr 7 ini .telah kita ambil pendidikan yaitu. Berbohong itu tidak dibolehlan dan itu akan membuatkeprcayaan seseorang tidak di akui lagi. Dan berbohong pun akan terasa tidak nyaman pada diri kita karena halitu akan senantiasa di pikirkan.
    Boleh kita berbohong asalkan hal itu baik. contoh pada saat ditanya orang tua “nak uang jajan nya masih ada engga”. Nah kita sebagai anak nya boleh berbohong dengan jawaban “masih ada ibu / bapak”. Justru itu akan membuat bahagia orang tua.

  31. Avatar

    Maulidiya

    27-11-2017 at 13:56

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Kita sebagai remaja tidak boleh terlalu larut dalam pergaulan yang seiring menuju dalam hal yang negatif.sama hal ya kita tidak mempunyai moral yang telah di didik orang tua kita,sama persis apa yang telah dilakukan oleh kayla kita sebagai remaja seharusnya memikirkan akan masa depan kita bukan menjerumuskan kedalam hal tersebut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.