Take a fresh look at your lifestyle.

Perwujudan dan Tantangan Smart City di Indonesia

0 57

Peradaban sebuah kota, seiring sejalan dengan pertumbuhan penduduk. Sedikit saja terlambat melakukan pengelolaan kota, maka akan berimbas pada terhambatnya solusi bagi permasalahan kota.

Kebedaraan sebuah kota, telah menjadi pusat kehidupan dan aktivitas penduduknya. Apalagi, di sebuah kota yang menjadi ibu kota provinsi. Kota dan kabupaten, sudah tentu selain menjadi pusat pemerintahan, juga menjadi pusat niaga, pusat pendidikan, dan pusat industri. Dengan demikian, kota-kota tersebut tentunya memiliki permasalahan yang identik dengan kota metropolitan, seperti tingginya populasi penduduk ditambah tingginya jumlah pendatang, kemacetan yang tak terurai, padatnya pemukiman, bahkan dapat menimbulkan kriminalitas.

Permasalahan di atas, tentu menjadi tantangan yang kompleks bagi Pemerintah Kota dan Kabupaten. Berbagai solusi terus dicari oleh setiap Pemerintah Kota bekerja sama dengan unsur lainnya, seperti akademisi, praktisi, dan industri.

Salah satu solusi bagi Pemerintah Kota, adalah menghadirkan sebuah konsep bernama Smart City atau Kota Pintar. Konsep Smart City yang berbasis pada penerapan teknologi dalam pengelolaan kota tersebut, terbukti telah berhasil diwujudkan di banyak negara. Sebut saja, Barcelona, Tokyo, Wina, Songdo dan tetangga kita Singapura. Kota-kota tersebut telah sukses mewujudkan sebagian besar konsep Smart City dalam tata kelola kota dan layak dijadikan sebuah benchmark oleh Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia.

Smart City dapat didefinisikan menjadi 6 dimensi, yakni smart economy, smart mobility, smart environment, smart people, smart living dan smart governance. Keenam dimensi tersebut saling terkoneksi satu sama lainnya melalui perangkat teknologi. Namun, perlu dicatat, bahwa tak hanya tenologi yang akan membuat konsep tersebut dapat terwujud, tapi mindset cerdas yang harus dimiliki setiap penduduk kota dan Pemerintah Kota.

Perbedaan Karakter Kota

Menurut data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini jumlah penduduk di Indonesia mencapai 254,9 juta jiwa. Indonesia adalah negara berpenduduk terpadat nomor empat di dunia. Indonesia terbentuk dari keragaman etnis dan budaya yang hidup di 514 Kota dan Kabupaten di 34 provinsi.

Banyaknya populasi penduduk Indonesia yang tersebar di Kota dan Kabupaten di pulau yang berbeda tersebut, memunculkan tantangan bagi masing-masing Pemerintah Kota dan Kabupaten dalam mewujudkan Smart City yang sesuai dengan karakter kota masing-masing, dan disesuaikan dengan kebutuhannya. (dhirga)

(pertumbuhan penduduk)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar