Inspirasi Tanpa Batas

Ketika Ada Tawaran Kerja Di Luar Kota, Ambil Atau Lepas?

0 285

Persoalan kelasik yang perlu dihadapi setiap pekerjaan adalah masa penyesuaian. Dimana pun anda bekerja, ada proses yang mesti dilewatkan agar kita bisa bekerja dengan senang sehingga hasilnya pun menggembirakan factor penyesuaian ini menjadi kompleks bila anda harus pindah kota. Nah sebelum memutuskan mengambil atau tidak ketika ada tawaran kerja di luar kota, beberapa hal ini perlu anda pertimbangkan dan persiapkan dengan matang.

Jauh Dari Kerabat

Bisa saja anda berpergian jauh dari orang tua atau kerabat anda. Tapi perlu diingat kali ini anda pergi bukan hanya sebentar untuk belibur, tapi untuk waktu yang cukup lama dan menetap. Bagi mereka yang lajang mungkin persoalanya tidak terlalu rumit, namun bukan berarti terbebas dari masalah. Sebelum menerima tawaran tersebut pertimbangkan dan tanyakan pada diri anda hal-hal berikut ini, bisakah anda tinggal berjauhan dengan keluarga?,  Teman-teman anda?, atau kekasih anda? Pertimbangkan kemungkinan anda LDR (Long Distance Relationship), Karena efek dari LDR begitu rumit, dan tidak sedikit yang hubungannya berakhir dengan putus.

Bagi yang sudah berkeluarga masalahnya jauh lebih kompleks, Karena menyangkut pasangan hidup dan anak-anak. Bisakah anda hidup terpisah dari keluarga?, apakah pasangan bisa atau maumelepaskan pekerjaan yang sekarang? Bagaimana dengan sekolah anak-anak?. Hal ini harus jadi pertimbangan matang, komunikasi dari hati kehati untuk jalan keluar terbaik, setiap keputusan ada resiko yang harus ditanggung dan dengan komunikasilah pertimbangan keputusan akan didapatkan.

Biaya Hidup Sehari-hari

Jangan lekas tergoda dengan tawaran yang menggiurkan dan nominal angka yang perusahaan akan berikan. Sebaliknya juga jangan terlalu gampang menolak, jika tawaran yang diberikan tidak terlalu besar dari kenaikan yang akan diberikan. Pertimbangkan berapa biaya hidup tinggal di daerah yang perusahaan tawarkan, misalnya: biaya untuk tempat tinggal, transportasi, biaya untuk sekolah anak dan biaya lainya. Karena biaya hidup (living Cost) tiap daerh itu berbeda. Itu sebabnya besaran upah untuk pekerjaan yang serupa bisa berbeda-beda.

Mobilitas

Ini bukan hal sepele. Banyak banyak orang yang gagal beadaptasi di satu ini. Apalagi jika pindah kota dengan tipikal yang jauh berbeda, misalnya dari kota kecil ke kota besar atau sebaliknya. Banyak yang mengalami kejenuhan ketika hidup di kota besar, Karena mobilitas dianggap ruwet.

Tempat Tinggal

Dimanakah anda akan tinggal kelak? Jika perusahaan memberikan fasilitas tempat tinggal buat anda, tak jadi masalah. Namun jika sebaliknya, dan anda harus mencari sendiri hal itu pastinya butuh waktu. Idealnya, harus mencari tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja apalagi anda sebagai pendatang, yang notabenya belum memahami tempat baru tersebut, dan hal ini memudahkah mobilitas di luar kerja.

Lingkungan Sosial

Pernah mengalami gegar budaya? Yah.. gegar budaya tidak hanya terjadi ketika anda pindah negara, pindah kota pun ternyata bisa mnimbulkan persoalan tersendiri. Banyak orang yang terasing Karena gagal paham Bahasa, ritme hidup dan gaya pergaulan. Dan ini tentu membuat merasa sulit menyesuaikan dengan ritme hidup anda. Sebaikya pahami dan cari tau budaya sosial di tempat yang akan dituju, kebiasaan dan ritme hidup masyarakat di darerah tersebut.***aL


Sumber Bacaan :

Tabloid Nova Edisi 1462

Wikipedia Indonesia

Komentar
Memuat...