Teknik Analisa Data dalam penelitian Kualitatif

0 13.920

Teknik Analisa Data dalam penelitian Kualitatif – Setelah berbagai data terkumpul berdasarkan teknik pengumpulan data sebelumnya, peneliti kualitatif, akhirnya harus mampu melakukan analisis data. Analisis data dalam penelitian kualitatif, harus bersipat deskriptif namun penuh analitis. Baik buruknya sebuah penelitian kualitatif, akan sangat tergantung pada bagaimana data tersajikan dengan benar. Bagaimana pula kesan seorang peneliti menangkap sebuah data.

Data itu barang mati. Ia akan menjadi hidup bergantung pada bagaimana kita memberi warna atas data yang kita peroleh. Karena itu, analisis atas data menjadi bagian penting untuk mengukur seberapa hebat penelitian yang kita lakukan mampu diurai. Bagaimana cara menganalisis data. Ini bagian penting dari penjelasan akan jenis penelitian ini.

Cara Menganalisis Data

Secara umum, peneliti menganalisis data dengan dua cara. Kedua cara dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Data dianalisa pada saat pengumpulan data berlangsung. Data ini biasanya masih berupa data kasar dan mentah dan peneliti terus berupaya memperoleh tambahan data yang sangat sempurna;
  • Data dianalisis setelah semua data dikumpulkan. Data ini biasanya sudah berbentuk data final dan layak diujicobakan dalam sebuah penelitian.

Analisa dalam cara pertama dilakukan dengan teknik:

  1. Melakukan penegasan terhadap tujuan penelitian;
  2. Berupaya melakukan pengembangan pernyataan yang bersumber pada pedoman wawancara;
  3. Memasukan data baru ke dalam bagian-bagian tertentu sesuai dengan sub-masalah atau masalah penelitian lain yang muncul saat penelitian dilangsungkan;
  4. Mengomentari secara umum;
  5. Mendalami literatur yang berhubungan dengan data selama peneliti berada di lapangan.

Cara kedua dianalisis setelah semua data dikumpulkan. Setelah semua data dari wawancara, pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen resmi/pribadi, foto/gambar hasil dikumpulkan kemudian dibaca, dipelajari dan ditelaah, kemudian dituangkan ke dalam bentuk deskripsi awal disertasi.

Cara Menyimpulkan Hasil Penelitian

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, maka, langkah selanjutnya, adalah melakukan reduksi data. Caranya adalah dengan membuat abstrak/ Abstraksi adalah rangkuman mulai dari inti, proses dan pernyataan-pernyataan yang akan selalu dijaga kerahasiaannya.

Setelah itu, peneliti baru menyusun semua skenario analisa dalam bentuk satuan-satuan yang kemudian dikategorisasi dan memberikan kesimpulan sebagai hasil analisis hasil penelitian.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.